Cara Ternak Poligami Lovebird 1 Jantan 3 Betina

0
10556
cara ternak lovebird poligami
Foto : https://www.facebook.com/andi.zinopzis

Ternak Poligami Lovebird – Saat beternak lovebird tentunya hal yang paling lumrah adalah dengan memasangkan satu ekor jantan dengan satu ekor betina. Hal ini juga sesuai dengan nama burung tersebut “Love Bird” yang artinya burung cinta yang mungkin kebanyakan orang berpikir burung ini hanya akan setia pada satu pasangan.

Hal ini memang terjadi pada umumnya lovebird terlebih di alam liar. Tetapi bukan berarti lovebird adalah burung yang tidak bisa berpasangan secara poligami. Beberapa lovebird memang bisa dipoligami yang artinya satu jantan bisa mengawini lebih dari satu betina.

Tujuan dari lovebird kawin poligami ini adalah dengan menghemat waktu dan materi. Pertama kita menghemat waktu, karena sistem poligami ini bisa memproduksi anakan lebih cepat dari pasangan terpisah, karena pasangan terpisah ada bermacam-macam faktornya.

Kedua kita juga bisa menghemat materi dengan hanya menggunakan satu ekor jantan kita bisa memasangkan setidaknya dengan 1-3 ekor betina. Jadi tidak usah beli burung jantan lagi yah, apalagi kalo sudah main burung lovebird warna yang mahal tentunya sangat menghemat banget.

Kekurangan dari poligami lovebird yaitu tingkat keberhasilannya tergantung dari karakteristik lovebird itu sendiri (kalo faktor Allah sih sudah pasti ya ga usah dibahas), ada lovebird yang mau dipoligami ada juga yang ngambekan jika dipoligami, kadang-kadang telurnya dibuang, kadang-kadang telur tidak mau dierami macem-macem masalahnya.

cara-kawinkan-lovebird-poligami
Foto : https://www.facebook.com/imranss10

Tapi jangan khawatir jika anda ingin mencoba ternak lovebird poligami, mungkin saja bisa berhasil saat mencobanya. Berikut ini langkah-langkah ternak lovebird poligami agar berhasil.

Cara Ternak Lovebird Sistem Poligami

Pemilihan indukan

  1. Pilih indukan jantan yang sudah mapan, kisaran 8 bulan. Tetapi jika dirasa jantannya mudah kawin usia muda pun tak masalah, hanya saja jika jantan muda biasanya kurang berani.
  2. Pilih indukan betina yang sudah mapan, usia kisaran 1 tahun keatas. Lebih bagus lagi jika betina sudah pernah punya anak dan sudah pernah meloloh, betina janda.
  3. Pilih indukan yang sudah birahi dan rajin mencari sarang terutama betinanya.

Persiapan kandang

  1. Siapkan kandang kotak sesuai dengan jumlah lovebird yang ada, misal 3 kandang kotak untuk 1 jantan 2 betina. Kandang ternak lovebird poligami ini menggunakan kandang lovebird soliter terpisah.
  2. Lengkapi aksesoris kandang seperti air minum, wadah pakan, tangkringan, dan glodog hanya untuk kandang betina saja.
  3. Siapkan juga bahan untuk sarang serutan kayu, tepes kelapa, dll

Pola makanan

  1. Berikan pakan berupa biji-bijian campuran. Tidak usah takut OB karena tujuannya agar lovebird birahi.
  2. Berikan EF kangkung atau jagung setiap hari secukupnya, rekomendasi kangkung.
  3. Berikan vitamin breeding jika perlu.
  4. Berikan pakan lovebird breeding jika perlu.

Ternak poligami lovebird

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, berikut ini beberapa diantaranya. Kasus ini misal saja kita menggunakan 2 betina, betina 1 dan betina 2.

Cara 1

  1. Setelah lovebird sudah saling mengenal (kurang lebih 1-2 minggu posisi kandang berdekatan)
  2. Setiap pagi lovebird jantan dimasukkan ke betina 1 selama 1-2 jam. Untuk pengenalan saja dulu. Syukur-syukur bisa langsung kawin jika sudah sama-sama birahi.
  3. Lalu ambil dan masukkan lagi ke kandang lovebird jantan.
  4. Besoknya masukkan lagi jantan ke kandang betina 1 selama 1-2 jam sampai 4 hari. Untuk pengenalan lanjutan, syukur-syukur bisa langsung kawin jika sudah sama-sama birahi.
  5. Hari ke 5 baru si jantan dimasukkan ke kandang betina 2 selama 1-2 jam untuk pengenalan sampai 4 hari berturut-turut.
  6. Lakukan sampai lovebird kawin dan bertelur.
  7. Jika sudah bertelur biarkan lovebird betina yang mengerami telurnya dan jika sudah menetas bisa kita rawat anaknya.
  8. Masukkan ke kandang betina mulai jam 6 pagi sampai jam 8 pagi karena waktu-waktu ini biasanya lovebird akan kawin.

Cara ini cocok dilakukan pada lovebird yang sudah mapan dan birahi, karena prosesnya bisa cepat kawin dan cepat jodoh.

Cara 2

Cara ini sudah saya praktekkan sendiri dan lovebird mau kawin

  1. Pada lovebird yang sudah berjodoh atau bertelur dekatkan kandang betina ke 2 agar jantan melihatnya. Jika sedang bertelur maka lebih baik, karena jantan biasanya birahi lagi dan sang betina sedang sibuk mengeram.
  2. Biarkan selama beberapa hari sampai beberapa minggu agar saling mengenal.
  3. Betina ke 2 yang dipilih harus sudah mapan dan birahi agar cepat proesenya.
  4. Berikan jerami atau bahan sarang pada betina 2, biarkan dia menata sarang terlebih dahulu yang tandanya siap untuk bertelur.
  5. Jika sarang dirasa sudah penuh dan bagus maka setiap pagi jam 6-7 masukkan lovebird jantan ke kandang lovebird betina.
  6. Lakukan setiap hari sampai jantan dan betina 2 mau kawin dan bertelur
  7. Pantau setiap perkembangan saat sedang menyatukan jantan dan betinanya.

Cara 3

Cara ini lebih baik dipakai di kandang lovebird koloni untuk meminimalisir perkelahian fatal

ternak-lovebird-poligami
Foto : https://www.facebook.com/boycat.semarang
  1. Siapkan 2 betina dan 1 jantan yang sudah birahi dan saling mengenal. (sebelumnya sudah didekatkan kandangnya).
  2. Siapkan 2 glodog terpisah
  3. masukkan ke 3 lovebird kedalam kandang
  4. Biarkan mereka berjodoh sendiri, setelah salah satu betina bertelur biasanya si jantan akan selingkuh dengan betina lainnya

Diatas adalah beberapa cara ternak lovebird sistem poligami, masih ada beberapa cara lainnya yang mungkin nanti akan disampaikan. Sistem ternak lovebird poligami ini bisa dilakukan oleh 1 jantan dan maksimal 3 betina tinggal disesuaikan saja, selamat mencoba.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.