Manfaat Bawang Putih untuk Burung Kicau dan Cara Pemberiannya

0
9108
Bawang putih untuk burung kicau
Foto : pixabay.com

Bawang Putih untuk Burung Kicau – Pernah melihat beberapa hobi kicau dan pemain kicau memberikan burungnya bawang putih? Pemberian bawang putih untuk burung kicau berlaku untuk perawatan burung maupun burung lomba.

Bahkan racikan pakan lovebird, pakan kenari, atau racikan air minum burung menggunakan bawang putih sebagai bahan utamanya.

Lalu apa manfaat bawang putih untuk burung kicau? Apakah pemberian bawang putih ini memang ilmiah atau hanya mitos kepercayaan saja? Berikut ini beberapa bahasan mengenai manfaat bawang putih untuk burung kicau.

Bawang-putih-untuk-burung-kicau
Foto : publicdomainpictures.net

Manfaat Bawang Putih untuk Burung

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan zat dan senyawa pada bawang putih bisa meningkatkan daya tahan tubuh pada burung kicau bahkan pada manusia. Peningkatan daya tahan tubuh tentunya sangat penting guna menunjang kesehatan burung, jika burung sehat tentunya burung akan aktif dan rajin berkicau

2. Membantu menyembuhkan sakit

Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh virus bisa disembuhkan dengan pemberian bawang putih. Seperti kutil, flu, dan lainnya. Tentu saja ini menjadi solusi yang mudah dan murah.

3. Anti jamur dan parasit

Selain meningkatkan daya tahan tubuh bawang putih juga bisa sebagai anti jamur dan anti virus alami. Untuk pemakaian luar bawang putih bisa dioleskan langsung pada bagian yang terkena luka. Untuk bagian dalam bisa dicampur dengan minum atau pakannya.

4. Penghangat tubuh

Bawang putih juga mempunyai sifat menghangatkan tubuh. Cocok digunakan saat musim hujan atau pada daerah yang bercuaca dingin.

5. Membuat lebih gacor

Saya kurang tahu apa penyebab pastinya bawang putih bisa membuat burung menjadi gacor. Terbukti beberapa pakan racikan burung menggunakan bawang putih yang terbukti ampuh.

6. Membantu menumbuhkan bulu

Selain itu bawang putih juga bisa membantu menumbuhkan bulu pada burung. Biasanya pada ekor dan sayap burung yang kurang rapi. Bawang putih bisa membantu menumbuhkan bulu burung, caranya dicampurkan pada air minum atau pada air mandi burung.

Pemberian Bawang Putih untuk Burung

Ada beberapa cara pemberian bawang putih untuk burung kicau, diantaranya :

1. Di cincang campur dengan makanan

2. Diiris tipis campurkan dengan air minum

3. Direndam semalaman dengan makanan burung

4. Dicampur pada air mandi burung

Cara pemberian bawang putih untuk burung diatas bisa diaplikasikan sesuai dengan kasusnya.

Nah diatas adalah beberapa manfaat bawang putih untuk burung kicau, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.