Manfaat Pisang Kepok untuk Burung Kacer Gacor

0
8966
pisang kepok untuk kacer
Foto : https://www.facebook.com/kristiono.masyon

Pisang Kepok untuk Kacer – Jenis makanan kacer memang beragam, baik makanan kacer di alam atau makanan buatan (makanan racikan). Ada banyak jenis makanan yang bisa diberikan pada burung kacer yaitu mulai dari voer, serangga, binatnag kecil, buah-buahan, dan sayur.

Makanan kacer diatas sangat banyak sekali manfaatnya untuk membuat burung kacer sehat dan tambah gacor.

Secara umum burung kacer memang lebih menyukai pakan alami yang berupa serangga atau hewan kecil, seperti jangkrik, ulat, atau cacing. Tetapi pemberian buah-buahan juga perlu diberikan untuk mencukupi kebutuhan hariannya.

Salah satu buah yang sering diberikan pada burung kacer adalah buah pisang kepok. Pisang kepok untuk kacer memang sudah lumrah diberikan oleh para kicau mania, mungkin sudah jadi makanan buah wajib kali yah.

pisang-kepok-untuk-burung-kacer
Foto : wikipedia.org

Tapi apa sudah tahu manfaat pisang kepok untuk kacer? Atau selama ini hanya ikut-ikutan saja? Berikut ini beberapa manfaat pisang kepok untuk kacer.

Manfaat Pisang Kepok untuk Burung Kacer

  1. Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral
  2. Manjaga stamina burung, karena dalam pisang terdapat potasium yang tinggi yang bisa mengoptimalkan karbohidrat dalam tubuh
  3. Memperkuat daya tahan tubuh
  4. Mencukupi serat harian agar pencernaan burung lancar
  5. Meningkatkan kualitas suara agar lebih gacor karena burung sehat
  6. dan banyak lagi

Walaupun banyak sekali manfaatnya bagi burung terkadang kendala yang dihadapi yaitu beberapa burung kacer tidak mau langsung memakan buah pisang kepok.

Bisa karena kebiasaan atau memang kurang suka dengan pisang kepok. Tetapi tidak usah khawatir ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar burung kacer kita mau untuk memakan buah pisang kepok.

Pertama bisa dicampur dengan EF (jangkrik atau ulat hongkong), nanti burung akan sedikit mematuk buah, jika suka biasanya akan terus memakan buahnya.

Kedua bisa dibuatkan pakan racikan dengan campuran buah, atau beli buah kering kalengan yang sudah ada dipasaran yang bisa dicampur dengan voer.

Ketiga bisa dengan memberikan buah pada EF yang hidup, misal berikan pisang kepok pada ulat hongkong atau jangkrik, lalu berikan EF tersebut pada kacer.

Nah itulah beberapa manfaat pisang kepok untuk kacer dan cara pemberiannya. Selain itu anda perlu menyeimbangkan pemberian antara EF, buah-buahan, dan sayuran agar kecukupan gizinya tetap terjaga. Untuk perawatan kacer harian bisa baca : perawatan kacer harian

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.