setingan kecer juara

Setingan Harian Kacer Juara Agar Gacor dan Bongkar Isian

Setingan Kacer Juara – Kacer yang mbagong (kacer diam dan menggembung seperti bola) memang sangat wajar, karena kacer memang mempunyai kecenderungan mbagong walaupun di alam liar. Untuk kecer rumahan memang tidak masalah mau mbagong atau tidak yang penting masih gacor atau rajin bunyi. Tetapi untuk area kacer lomba tentu saja mbagong adalah mimpi buruk bagi pemain, karena kondisi yang mbagong ini bisa bernilai jelek di mata juri dan malu-maluin wkwkwk, tapi jgn malu yah kita bawa hepi-hepi aja okeh :D.

Ada banyak sekali macam setingan kacer, mulai dari setingan kacer harian, setingan kecer lomba, setingan kacer juara, setingan kacer agar tidak mbagong dan masih banyak lagi. Tetapi perlu kita fahami semua setingan diatas adalah cara agar kacer menjadi gacor, anti mbagong, dan bisa juara jika di lombakan. Lalu bagaimana caranya? Caranya tentu berbeda-beda setiap kacer, karena kacer mempunyai karakter masing-masing. Ada yang setingan sudah lengkap tapi tetap tidak juara, ada setingan yang asal-asalan tapi juara dan juga sebaliknya. Intinya setingan kacer adalah mencari cara yang tepat untuk mengoptimalkan ‘bakat’ yang dibawa kacer agar bisa tampil maksimal.

Dari semua setingan saya lebih suka memfokuskan pada setingan harian, karena setingan harian ini akan lebih memberi pengaruh terhadap karakter kacer sendiri. Untuk setingan lomba bisa khusus bisa juga disamakan dengan setingan harian. Gimana maksudnya? Jadi kalo dengan setingan harian saja kacer sudah bisa tampil baik dalam lomba maka jangan berikan setingan lomba (yang berbeda dengan setingan harian) pada kacer, takutnya malah penampilannya berubah. Tetapi jika dengan setingan harian kacer kurang menonjol saat lomba maka berikan setingan khusus untuk lomba, nanti kita bahas setingan kacer juara.

setingan-kacer-lomba
Foto dari https://www.facebook.com/andy.prastowo

Setingan Kacer Harian

Berikut ini beberapa setingan harian yang bisa diterapkan pada kacer.

Pengembunan

manfaat pengembunan bisa dibaca disini : manfaat pengembunan burung. Untuk mengembunkan kacer bisa dimulai pagi-pagi buta, sekitar jam 3, 4, atau 5 pagi. Pengembunan tentu dengan dibuka krodongnya, jangan langsung dibuka tapi biarkan dulu 5 menitan agar adaptasi barangkali kaget, setelah adaptasi baru dibuka.

Mandi

Mandi kacer bisa dengan spray atau mandi keramba, agar bisa mandi keramba harus dibiasakan baca : agar burung mandi keramba. Untuk mandi ada yang dilakukan setelah jemur, ada yang dilakukan sebelum jemur. Biasanya kalo kacer biasa mandi keramba mandikan setelah jemur saja biar seger jadi jemur dulu lalu masukkan keramba. Kalo dengan spray mandikan sebelum jemur, mandi spray lalu jemur. Tetapi kembali lagi kepemiliknya lebih cocok yang mana, karena yang bisa mantau kita sendiri yang punya.

Penjemuran

Jemur kacer biasanya dilakukan jam 8 sd 11 pagi, karena pada jam-jam tersebut merupakan jam-jam yang bagus untuk menjemur (tidak terlalu panas dan banyak membawa sinar yang menyehatkan). Saat menjemur ada yang digantang ada juga yang diletakkan dibawah dengan tujuan agar lebih jinak tidak gerabagan, tapi harus dipantau full, barang kali ada kucing menyerang nanti bikin trauma.

Pengumbaran

Pengumbaran perlu dilakukan untuk mensetabilkan birahi dan melatih stamina burung. Umbar selama +- 10 menit, takuti pelan-pelan agar kacer bolak balik dikandang umbaran. Bisa juga di umbar ketika hujan (hujan kecil).

Makanan dan EF

Makanan bisa dengan voer, untuk merk bebas sih bisa coba-coba juga kacernya suka yang mana. Untuk pemberian EF (jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, cacing, kroto dll) bisa dilakukan dengan uji coba, karena soal jumlah pemberian EF itu tidak sama setiap kacer. Pertama jangkrik, untuk mencari setingan awal biasanya kacer diberikan jangkrik full sekuat kacer tersebut (bom jangkrik), lihat kacer kuat berapa.

Misal kacer kuat 10, maka untuk pagi bisa diberi 3 jangkrik, sore juga 3 jangkrik, kalo kurang maka tambahkan sedikit-sedikit. Pemberian jangkrik bisa dilakukan saat penjemuran. Tapi jika setingan sudah ada tidak usah di bom jangkrik, lanjutkan saja. Mulai Senin sampai Jumat EF berupa jangkrik, 3 ekor pagi dan 3 ekor pada sore hari, Sabtu Minggu berikan 3 sendok teh kroto bersih (tanpa semut), berikan setiap selesai mandi.

UH dan yang lainnya bersifat pilihan, boleh diberikan atau tidak. nanti lain kesempatan saya tulis manfaat makanan dan EF pada burung kicau.

Krodong

Untuk perkrodongan kacer bisa di krodong atau tidak. Ada yang disimpan dengan krodong ada yang tidak. Jika disimpan tanpa krodong maka siapkan satu ruangan khusus untuk kacer tersebut (jangan dicampur dengan burung lainnya) dan kacer di krodong saat akan lomba saja. Cocok-cocokan bebas pilih yang mana.

Setingan Kacer Lomba

Saya ulangi jika dengan setingan harian sudah moncer di lomba maka perawatan lomba tidak usah diberikan, cukup perawatan harian saja, takutnya kacer malah berubah.

Perawatan untuk kacer lomba bisa dimulai sejak hari Sabtu, atau H-1 sebelum lomba. EF tingkatkan menjadi 5 pagi. Porsi kroto tidak berubah tetap sama seperti di atas. Kroto yang digunakan harus kroto bersih tanpa semut. Sedangkan untuk sore hari porsi ditingkatkan menjadi 15 ekor, tujuannya untuk mendongkrak birahi agar besok (saat lobma) burung bisa moncer.

Pada saat akan berangkat lomba kacer wajib dimandikan, tujuannya menyetabilkan beirahi lalu diberikan 3 ekor jangkrik sebelum berangkat. Setiap akan turun lomba (sebelum di gantang) berikan 3-5 ekor jangkrik.

12 thoughts on “Setingan Harian Kacer Juara Agar Gacor dan Bongkar Isian”

  1. Om..kacer saya untuk suara sudah bisa di bilang cukup, gaya main cukup tp ngak tau kenapa kok tiba2 beberapa kali digantangkok mbagong… Ada solusi kira2 om.. Makasi

    Reply
    • mbagong sebenarnya karakter om, lumrah karena pada dasarnya semua kacer punya sifat mbagong. Tapi yang perlu kita perhatikan adalah agar kacer mbagongnya tidak sering keluar yaitu dengan latih mental om. Biasanya mental masih kurang, coba sering digantung dekat orang lewat atau di keramaian agar mentalnya terasah sedikit demi sedikit. Baca : mengatasi kacer mbagong

      Reply
  2. Om saya punya kacer 3/4 larasa main enak volum bedas tapi 1 kurang nya om kok ga mau bongkar isian ya lagunya bulak balik setiap di gantang jadi engga pernah kebagian om . Set harian nya p/5 s/5 mandi 1 minggu sekali tanpa kasih kroto (karna suka membagong kalo di kasih kroto) set lapang H-1 p/15 s/10 hari H paginya 5 di lapang UH 17 jk 6
    Tolong kasih solusi om biar kc saya bisa bongkar isian . Trimakasih

    Reply
  3. om , saya baru beli kacer ,setingan buat rumahan gimna ya biar kacer nya rajin bunyi, terus kalo saya puterin masteran gak mau nyaut om, , apah kurang jemur atau giman om, minta saran nya om, intinya biar rajin bunyi aja om, buat nemenin ngopi, makasih,

    Reply
  4. Om mau tanya kacer sayakan ekor nya saya cabut karena rusak ini kok sdh ber bulan2 gak tumbuh2 minta solusi nya om. Terimakasih

    Reply
  5. Hu,,,, kacer saya klau mo digantang pas dibawah ngepyor ma isian kluar,,, tpi klau di gantang sama sekali gk ngepyor……. Gimana solusinya hu,,, trimakaih

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.