Cara Mengatasi Kebiasaan Kacer Mbagong Ngunci Saat Lomba

0
43840
gambar kacer mbagong
Foto dari https://www.facebook.com/robi.rahmana.9

Mengatasi Kacer Mbagong – Kebiasaan kacer mbagong mungkin bagi para pecinta kacer adalah salah satu hal yang menjengkelkan, apalagi kacer mbagong saat lomba padahal di rumah berkicau sangat gacor dan tidak ada masalah, tetapi saat mau gantang malah menunjukkan reaksi mbagong. Selain mbagong kondisi ini juga disebut mbola, mbundar, mbalon, ini karena kacer yang mbagong bentuknya membulat seperti bola.

Bagi yang belum tahu mbagong pada kacer adalah kondisi dimana burung kacer tidak mau berkicau dengan posisi menekuk kepalanya dan menggembungkan bulu dadanya. Ada juga istilah mbagong jalan dan ngunci. Mbagong jalan yaitu kacer mbagong tetapi berkicau lagi mbagong lagi berkicau lagi dan seterusnya, jika mbagong ngunci yaitu kondisi mbagong dari awal sampai akhir gantang.

Kondisi kacer mbagong adalah salah satu kondisi atau prilaku yang normal yang sudah ada dari sananya, ibarat manusia, semua manusia punya rasa takut dan semua kacer mempunyai karakter mbagong. Tetapi yang jadi permasalahan yaitu jika kondisi kacer mbagong ini menjadi kebiasaan dan terlalu berlebihan, maka kita harus segera mengatasinya, karena jika dibiarkan terus maka akan menjadi kebiasaan. Kita tidak bisa menghilangkan prilaku kacer mbagong, tetapi kita bisa meminimalisir agar kacer tidak sering mbagong.

Sebelum mengatasi kacer mbagong tentu kita harus mengetahui akar permasalahannya terlebih dahulu kenapa kacer kita mbagong. Karena banyak sekali faktor yang menyebabkan kacer mbagong saat lomba.

mengatasi-kacer-mbagong
Foto dari https://www.facebook.com/cannary.seed

Berikut ini beberapa faktor yang mengakibatkan kacer mbagong : bisa karena over birahi, usia muda, mental kurang (belum siap), mau mabung, pernah stress/trauma, fisik cape, over extra fooding, birahi dan mental fight ada tetapi tenaga kosong dan lain sebagainya. Informasi ini didapat dari para penghobi kacer dan komunitas kacer Indonesia. Dari faktor diatas intinya adalah faktor perawatan dan kondisi kacer itu sendiri.

Cara mengatasi kacer mbagong pun ada banyak macamnya, karena sekali lagi ini bergantung penyebab kacer kita mbagong, silahkan dicoba mana yang lebih efektif. Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi kacer mbagong.

Cara Mengatasi Kacer Mbagong

Sebelumnya baca : perawatan harian kacer

  1. Taruh kacer ditempat yang ramai (banyak orang lewat) agar tidak kaget dengan keramaian dan sedikit-demi sedikit mentalnya terasah dan tidak kaget saat digantang.
  2. Sering-sering di umbar di kandang umbaran agar kondisi fisik pada kacer kuat (olahraga secara rutin). Jadi stamina tidak mudah loyo karena kondisi fisik adalah salah satu faktor yang cukup dominan.
  3. Coba rendengkan kacer dengan burung lain secara bedekatan agar berani.
  4. Ubah posisi aksesoris pada kandang kacer. Entah posisi tangkringan, pakan, dan lainnya. Cari posisi agar kacer merasa nyaman, silahkan bereksperimen masing-masing.
  5. Mandikan kacer pada malam hari untuk menjaga kondisi dan suhu tubuh. Waktunya silahkan dicoba-coba ada yang jam 9 malam, bahkan 12 malam.
  6. Berikan EF sewajarnya jangan kebanyakan, coba berikan 5 ekor sehari. Polanya terserah bisa pagi 3 sore 2 atau bagaimana kebiasaannya.
  7. Lakukan terapi ini jika perlu, pertama kacer diisolasi dalam kamar agar tidak melihat atau mendengar burung lain lamanya tergantung burung tersebut bisa 3 hari, 7 hari dll, lalu coba di trek. Jika mbagong ngunci bisa dimasukkan burung kecil kedalam sangkar kacer, jika kelabakan berarti mental masih takut, jika santai berarti sudah mulai berani. Lakukan ini jika hanya diperlukan saja.

Sering-seringlah melatih fisik dan melatih mental kacer kita, dan jangan dulu gantang sebelum mental dan fisik sudah matang karena kondisi ini akan memicu kacer untuk mbagong. Jangan lupa perawatan kacer dan penuhi semua kebutuhannya agar suara kacer semakin gacor.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.