Manfaat Timun untuk Burung Kacer dan Kandungannya

0
3327
manfaat mentimun untuk burung kacer
Foto : pixabay.com & wikipedia.org

Manfaat Timun untuk Kacer – Sering kali kita menjumpai para kicau mania khususnya yang mempunyai burung kacer memberikan timun atau mentimun pada burungnya.

Timun, mentimun, atau ketimun adalah salah satu sayuran untuk burung kicau yang banyak digunakan. Timun tidak hanya diberikan pada burung kacer saja, melainkan diberikan pada burung kicau lainnya. Seperti kenari, cucak ijo, blacktroat, pleci dan lainnya.

Timun juga lumrah dikonsumsi oleh orang Indonesia. Selain nikmat untuk dikonsumsi pada timun juga terdapat kandungan air, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Oleh karena itu timun juga baik jika diberikan pada burung kacer sebagai asupan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Berikut ini kandungan gizi lengkap pada mentimun Cucumis sativus L

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 15kcal
Karbohidrat 3,63g
Air 95,23g
Protein 0,65g
Gula 1,67g
Serat 0,5g
Lemak 0,11g
Vitamin C 2,8mg 3%
Vitamin K 16,4µg 16%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,027mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,033mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0,098mg 1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,259mg 5%
Vitamin B9 (Folat) 7µg 2%
Kalsium 16mg 2%
Zat Besi 0,28mg 2%
Magnesium 13mg 4%
Fosfor 24mg 3%
Potassium (Kalium) 147mg 3%
Sodium 2mg 0%
Seng (Zinc) 0,2mg 2%

Dari tabel kandungan mentimun diatas bisa kita lihat kandungan mentimun cukup banyak. Dari kandungan tersebut mentimun mempunyai beberapa manfaat untuk burung kacer, berikut manfaat timun untuk kacer.

manfaat-timun-untuk-burung-kacer
Foto : pixabay.com

Manfaat Timun untuk Burung Kacer

1. Sumber cairan

Timun salah satu sayur yang mengandung banyak cairan baik cairan elektrolit maupun air. Kandungan cairan yang banyak ini mencegah burung kacer dehidrasi, terutama saat musim kemarau ketika udara kering dan terasa panas.

2. Melancarkan pencernaan

Tidak aneh jika timun bermanfaat melancarkan pencernaan. Karena pada timun banyak mengandung vitamin (terutama vit B), mineral, juga serat yang cukup untuk membantu proses metabolisme kacer.

Selain kandungan vitamin dan serat timun juga mengandung enzim erepsin yang berguna untuk membantu pencernaan pada kacer.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Dengan rutin diberikan timun daya tahan tubuh burung kacer juga bisa terjaga. Pada timun mengandung Vit C yang berfungsi untuk menjaga ketahanan tubuh burung kacer dari penyakit.

4. Makanan penurun birahi

Kandungan cairan yang banyak dan bersifat dingin timun juga bermanfaat sebagai makanan untuk menurunkan birahi. Baca : mengatasi kacer over birahi

5. Menguatkan paruh & kesehatan bulu

Selain serat timun juga bagus untuk kesehatan bulu dan paruh. Untuk bulu bisa membantu menjadi semakin mengkilap dan sehat karena kandungan Vit E dan kalsium yang berfungsi sebagai nutrisi untuk bulu dan paruh.

makanan-kacer-bahan-agar-cepat-gacor
Foto : wikipedia.org

Nah itulah beberapa manfaat timun untuk kacer yang bisa saya sampaikan. Selain manfaat diatas banyak juga manfaat timun lainnya bagi burung kacer, selamat mencoba.

NO COMMENTS