Perawatan Burung Kacer Bahan Pemula Agar Cepat Bunyi

0
3114
perawatan kacer bahan
Foto : pixabay.com

Perawatan Burung Kacer – Burung kacer gacor tentu saja sangat disukai para kicau mania semua. Siapa yang tidak suka jika burung kacernya gacor sampai buka ekor dan ngobra. Tentunya semua para kicau mania menyukainya.

Untuk bisa mempunyai burung kacer gacor tentu saja bisa langsung membelinya. Tetapi rata-rata para kicau mania menyikai merawat burung kacer dari bakalan.

Merawat kacer bakalan dinilai lebih ekonomis karena harga kacer bahan yang murah. Juga dinilai lebih mudah, karena kita mengetahui perawatan kacer dari bahan sehingga lebih hafal karakternya.

Sebelum burung kacer menjadi burung yang gacor tentu saja dimulai dari burung kacer bahan atau bakalan. Perawatan kacer bahan harus diperhatikan, karena perawatan ini yang menjadi dasar burung kacer nantinya.

Burung kacer bahan bermacam-macam karakternya. Ada yang sudah jinak (loloh tangan), ada yang giras, belum makan voer, tidak mau makan voer, ada yang gerabagan dan lainnya.

Oleh karena itu perawatan kacer bahan harus dilakukan dengan hati-hati agar mental kacer tidak drop dan kacer bisa cepat bunyi baik ngeriwik atau ngeplong.

perawatan-kacer-bahan-cepat-bunyi
foto : wikipedia.org

Berbeda dengan kacer yang sudah setengah jalan atau sudah jinak, tinggal meneruskan saja perawatan kacer agar ngobra.

Perawatan Burung Kacer Bahan Agar Cepat Bunyi

1. Kandang

Pertama siapkan kandang kacer dengan luas minimal 30×35 cm, lebih luas lebih bagus. Siapkan juga tangkringan agar kacer bisa nyaman.

Tempatkan kandang ditempat yang sepi dan tenang terlebih dahulu jika kacer masih giras, tujuannya agar kacer tidak kaget dan stres. Jika sudah jinak maka bisa langsung digantang ditempat biasa.

2. Pakan

Makanan kacer bahan yang belum bisa ngevoer bisa diberikan makanan alami seperti EF misalnya kroto, jangkrik, atau ulat hongkong.

Agar kacer bahan bisa ngevoer harus diajarkan terlebih dahulu, pertama-tama berikan full kroto dalam cepuk agar kacer makan.

Selanjutnya campurkan voer pada kroto sebanyak 10-20%, perhatikan sampai kacer memakan voernya. Jika kacer belum memakan voernya jangan ditambah lagi.

Jika kacer sudah terpantau makan voer maka bisa ditambahkan 30-50% dan seterusnya sampai kacer bisa full makan voer.

Merk voer untuk kacer yang bagus itu macam-macam dan cocok-cocokan setiap burung, silahkan dicoba saja masing-masing.

Tetapi jika burung kacer sudah bisa ngevoer maka tentu tidak usah ribet lagi yah, tinggal berikan saja. Baca makanan kacer bahan

3. Adaptasi lingkungan

Setelah sangkar dan pakannya lancar dan aman selanjutnya kita adaptasikan dengan lingkungan sekitar. Awal-awal gantang diteras rumah, bisa sambil dijemur atau dimandikan.

Selanjutnya burung bisa dikrodong pada siang hari. Burung bakalan biasanya akan grabagan saat mau dikrodong atau saat lepas krodong, itu wajar, maka lakukan dengan perlahan.

4. Menjinakan burung

Proses menjinakkan burung kacer adalah agar burung kacer bahan tidak giras atau grabakan. Sehingga tidak malu atau takut dengan kehadiran manusia dan bisa mulai bunyi.

Menjinakan kacer bahan bisa dengan cara dimandikan, terutama mandi malam hari, bisa juga ditaruh ditempat yang banyak orang lewat (gantangnya masih diposisi tinggi), diberikan makanan kesukaan kacer, EF misalnya.

5. Mandi

Setelah burung jinak atau tidak grabakan saat kita dekati bisa diajarkan mandi keramba. Kacer suka sekali dengan mandi jadi dengan begitu burung akan merasa nyaman.

perawatan-kacer-bahan-agar-cepat-bunyi
Foto : https://www.facebook.com/andie.xabi

6. Pemasteran

Pemasteran burung kacer bisa dengan menggunakan kacer asli yang sudah gacor, bisa juga menggunakan MP3 burung, misal suara kenari, suara murai batu, suara kacer dll.

Pemasteran dilakukan pada pagi, siang, sore, atau malam. Nah cari waktu yang tepat untuk kacer anda, lakukan percobaan-percobaan dan lihat mana hasilnya yang lebih maksimal.

7. Setingan harian

Setelah burung tidak grabagan jika didekati, makan sudah lancar, mandi sudah nyaman, dikrodong sudah tenang, sudah terpantau ngeriwik selanjutnya adalah menentukan setingan harian kacer.

Setingan harian ini adalah pola perawatan harian kacer agar kacer semakin gacor. Setingan harian kacer kita tentukan sesuai dengan karakter burung kacer tersebut.

Karena kita merawat dari bakalan tentunya kita akan tahu karakter burung, apa yang disukai, apa yang perlu dihindari dan sebagainya.

Setingan harian kacer meliputi pemberian makan, pemberian EF, perlakuan burung, perawatan burung, pemberian vitamin, pemasteran burung (download : suara kacer gacor).

Nah itulah tadi tahap perawatan kacer bahan lengkap dari saya. Perawatan kacer bahan ini hanya kulitnya saja. Silahkan dijelajahi dan dicoba-coba sendiri mana hasil yang lebih maksimal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.