Perawatan Agar Kacer Cepat Ngobra Nagen dan Buka Ekor

0
76004
perawatan agar kacer cepat ngobra

Perawatan Kacer Ngobra – Dalam dunia kicau khususnya burung kacer memiliki burung kacer yang gacor sepanjang hari dengan gaya berkicau ngobra dan buka ekor adalah salah satu impian setiap kacer mania. Tetapi untuk mendapatkan burung tersebut kacer ngobra buka ekor tidaklah mudah butuh proses yang panjang dalam melakukan perawatan.

Kacer ngobra adalah salah satu gaya berkicau burung kacer yang mana posisi badannya tegap meliuk-liuk ke atas ke bawah dengan sayap sedikit dibuka mirip dengan ular kobra ketika membuka tudungnya (posisi terancam). Kacer ngobra ada yang nagen ada yang bergerak, nagen itu posisi diam di tempat. Gaya berkicau kacer ngobra nagen adalah salah satu gaya posisi yang banyak disukai.

Ditambah lagi jika sambil membuka ekor, jadi kacer berkicau dengan gaya ngobra nagen dan buka ekor, wah istimewa sekali. Tapi bagaimana caranya membuat kacer ngobra nagen dan buka ekor? Jika kita melihat di berbagai forum, web, atau tips dari para penghobi agar kacer ngobra maka ada banyak sekali tips dan caranya. Kita tidak tahu mana yang cocok untuk kacer kita karena setiap kacer memiliki karakteristik masing-masing yang tidak bisa disamakan dengan kacer yang lainnya.

kacer-ngobra-dan-buka-ekor

Kita harus mencari tahu sendiri pola perawatan yang cocok agar kacer kita cepat ngobra dan buka ekor (baca : setingan harian kacer). Tentunya kita bisa mencoba beberapa perawatan yang diberikan oleh beberapa kicau mania. Berikut salah satu tips dari saya dan kacer mania lainnya yang sudah saya kombinasikan agar kacer teman-teman bisa cepat ngobra.

Agar Kacer Cepat Ngobra dan Buka Ekor

Dari semua perawatan agar kacer buka ekor rata-rata para penghobi mengatur beberapa hal dibawah ini

  1. Menaikkan stelan EF nya. Bisa dikurangi bisa ditambah, jika kurang birahi tambah, jika over kurangi.
  2. Menambah durasi jemur. Durasi jemur bisa ditingkatkan dari biasanya tingkatkan sedikit demi sedikit, waktu penjemuran yang baik adalah sekitar jam 7-10 pagi.
  3. Kurangi intensitas mandi, misal setiap hari mandi maka kurangi durasinya bisa 2 hari sekali bisa 3 hari sekali.
  4. Memberikan EF tambahan yg bersifat panas bagi kacer seperti kroto, klabang, ulat hongkong dll. Pemberian EF saat di anginkan setelah jemur dan sore hari.
  5. Menambah durasi pengrodongan. Krodong setelah jemur pagi sampai sore, angin-anginkan dan krodong lagi malam hari.
  6. Umbar dikandang umbaran. Bisa 2-3 kali dalam seminggu.
  7. Rajin diembunkan kalo pagi (baca manfaat mengembunkan burung)

Perlu kesabaran dan ketelatenan yang hebat dalam melakukan perawatan tersebut agar kecer ngobra dan buka ekor.

Selain itu ada juga cara lainnya yaitu dengan jemur pagi terus mandikan, masukin kandang lagi lalu dikasih jangkrik atau kroto, abis itu jemur lagi. Kacer bisa di gusah atau diganggu ditunggu reaksinya jika kacer tidak ada reaksi pancing dengan suara kacer lain. Suara kacer bisa didownload (baca : suara kacer gacor) atau dengan suara pancingan kacer betina (baca : suara kacer betina).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.