Ciri Ciri Kelinci Hamil dan Akan Melahirkan

Kelinci Hamil dan Melahirkan – Kelinci adalah salah satu binatang peliharaan yang mempunyai tingkat reproduksi yang tinggi. Memang rata-rata hewan pengerat seperti kelinci, tikus dan lainnya mempunyai tingkar reproduksi yang tinggi.

Kelinci mampu melahirkan 5 kali dalam dalam 1 tahun. Dalam satu kali masa mengandung kelinci mampu melahirkan 3-15 anak sekali lahir.

anak-kelinci-lahir

Kelinci mempunyai rahim ganda dan memungkinkan terjadinya kehamilan ganda dan terjadinya multiple impregnations. Kelinci yang sedang hamil perli dijaga makanannya agar anakan dalam kandungan kelinci bisa tumbuh sehat dan kuat.

Berikan makanan yang berasal dari rumput atau hijau-hijauan. Tapi banyak orang tidak mengenali ciri ciri kelinci hamil, jadi terkadang kelinci yang hamil terabaikan dan kurang di perhatikan.

Ciri Ciri Kelinci Hamil

Kelinci akan hamil biasanya pada hari ke 7 setelah kelinci kawin. Setalah Anda mengawinkan kelinci jantan dan betina selama 7 hari, biasanya janin di dalam rahim sang betina mulai tumbuh.

Namun masa kehamilan dalam hitungan 7 hari belum bisa dideteksi sebab ciri-cirinya belum jelas dan belum terlihat. Baru pada usia hari ke-14, ciri-ciri kelinci hamil bisa dideteksi. Adapun ciri kelinci hamil yang dimaksudkan adalah sebagai berikut :

mengawinkan-kelinci

1. Kelinci yang sedang hamil tidak akan mau lagi dikawinkan dengan kelinci pejantan bahkan beberapa betina cenderung galak pada kelinci jantan, sebaiknya pisahkan kelinci betina dan jantan barang kali terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Jika betina hamil terlihat pada bagian mulut sedikit agak kemerah-merahan.

3. Sang betina terkadang bersifat agresif dan bahkan sampai merusak kandangnya sendiri. Biasanya jika dilepas di alam liar, ia akan menggali-gali tanah untuk persiapan melahirkan anak-anaknya.

Terkadang sebagian peternak sudah memberi kadang khusus pada kelinci yang menginjak usia kehamilan 17 hari tapi sebenarnya hal tersebut tak perlu dilakukan karna usia kehamilan kelinci berkisar 30-34 hari. Anda bisa menyediakan kandang khusus di usia kehamilan di atas hari ke-25.

5. Kelinci terliat lapar. Berikan makanan yang lebih banyak pada kelinci karena kelinci yang sedang hamil akan selalu merasa lapar sehingga tampak pola konsumsinya yang meningkat.

Pastikan kelinci tidak kelaparan dan tidak kekurangan makan, ini juga demi nutrisi kandungan kelinci dan kesehatan anak-anak kelinci. Anda harus waspada dan pastikan ia tak kekurangan makanan.

Jika kekurangan makanan kelinci bisa stres dan bisa juga menjadi kanibal, dan terkadang melukai dirinya sendiri atau membunuh anaknya. Jika kelinci Kekurangan pakan dan minum dapat juga mengakibatkan kualitas susunya tidak maksimal nanti.

6. Saat usia kehamilan menginjak hari ke 17 kita bisa meraba perut kelinci dan akan terlihat perutnya yang agak sedikit buncit yang menandakan adanya bayi kelinci. 

Saat ia berusia 23 hari sampai 29 hari, sang induk mulai tampak sering gusar dan hidungnya tampak semakin merah. Sementara itu perutnya tanpa diraba pun akan terlihat buncit.

Ciri Kelinci akan Melahirkan

Ciri ciri kelinci akan melahirkan – Kelinci melahirkan biasanya di usia 28 sampai 34 hari setelah perkawinan. Di masa ini ia akan terlihat sangat gelisah.

Tugas Anda adalah memastikan kandangnya nyaman untuk ia tempati melahirkan anak-anaknya. Nah ada beberapa ciri kelinci akan melahirkan diantaranya adalah :

1. Kelinci yang hendak melahirkan biasanya bulunya akan mengalami kerontokan.

2. Kelinci menggali-gali kandang dan tidak tenang, sifat alami kelinci adalah mencari tempat yang tnang untuk anak-anaknya melahirkan, dan jika di alam kelinci akan membuat lubang untuk tempat melahirkan anak-anaknya.

3. Kelinci agresif. Cenderung galak terhadap kelinci lainnya dan menjaga daerah yang telah dia tandai, ini karena kelinci takut kalau anaknya akan terganggu kelak.

Nah dari ciri-ciri kelinci hamil dan akan melahirkan diatas mudah mudahan menambah pengetahuan bagi sobat yang memelihara kelinci yah.

Related Posts
Kapan Kelinci Bisa Dikawinkan Setelah Melahirkan
kelinci-dikawinkan-setelah-melahirkan

Kelinci dikawinkan Setelah Melahirkan - Kapan kelinci bisa dikawinkan lagi setelah melahirkan? Atau berapa lama kelinci bisa dikawinkan setelah melahirkan? Read more

Cara Mengawinkan Kelinci Jantan dan Betina
kelinci-kawin

Postingan sebelumnya yaitu mengenai kelinci berkembang biak. Nah sekarang akan dibahas secara khusus bagaimana cara mengawinkan kelinci jantan dan betina Read more

Siklus Berkembang Biak Kelinci Secara Alami
anak-kelinci

Pernahkan sobat tau bagaimana kelinci beranak? atau bagaimana siklus secara alaminya kelinci berkembang biak di alam? Bagaimana kelinci mengurus anaknya? Katanya Read more

Merawat Kelinci Anggora dengan Baik
jenis-kelinci-anggora

Ada beberapa trik untuk memelihara kelinci anggora dengan baik agar kelinci tetap dalam kondisi yang sehat dan segar sehingga dapat kita Read more

Makanan untuk Kelinci
Kelinci-anggora-jerman

Kelinci secara alami memakan reruputan, tetapi untuk kelinci peliharaan ada beberapa makanan yang baik bagi kelinci diantaranya makanan untuk kelinci Read more

Makanan yang tidak Baik untuk Kelinci
wortel-kelinci

Rerumputan dan sayuran merupakan makanan alami untuk kelinci, makanan ini dengan sangat mudah didapat tetapi ada beberapa jenis rumput dan Read more

Jenis Jenis Kelinci Anggora
Bayu-photos5300

Binatang yang satu ini adalah binatang favorit anak anak, ada beberapa jenis dari kelinci anggora ada yang berbulu pendek dan ada Read more

5 Penyakit Kelinci yang Sering Menyerang & Obatnya
kelinci-lionhead1

Kelinci adalah binatang yang unik dan mempunyai bentuk yang lucu. Berbagai jenis kelinci dan bermacam warnanya menjadikan binatang ini sebagai salah satu Read more

Cara Memegang atau Mengangkat Kelinci
mengangkat-kelinci-yang-benar

Banyak diantara pemelihara kelinci yang belum tau atau asal-asalan dalam mengangkat kelinci. Apakah karena tidak mau repot ataukah karena tidak Read more

Jenis dan Harga Kelinci Hias
kelinci-lop2

HARGA JENIS-JENIS KELINCI 1. Angora. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 250.000 – Rp 3.000.000. Angora termasuk jenis kelinci hias Read more

131 thoughts on “Ciri Ciri Kelinci Hamil dan Akan Melahirkan”

  1. Mohon info, saya punya sepasang kelinci dalam 1 kandang dari semenjak umur 3 bulan. Sekarang kurang lebih sudah berumur 6-7 bln. Kalo saya perhatikan sebelumnya tingkah lakunya biasa2 saja, tapi sekarang seperti gelisah, sering garuk2 tangan depan ke alas kandang, sering membuat gerakan mendadak loncat ke pinggiran kandang cukup keras yg sebelumnya tidak pernah (terdengar suara seperti pukulan ke kayu). Dan bulu jantan sering digigit betina sampe kelihatan kulitnya. Apakah kelinci saya sedang hamil? Apakah sebaiknya di pisah antara jantan dan betina? Terimakasih.

    Reply
  2. Saya punya kelinci anggora. awalnya kelinci saya sudah bikin lubang, tapi lubang yg dibikin itu ambruk. Lalu bikin lubang yang baru. Tapi sampe skarang kelinci saya belum ada tanda2 melahirkan. Padahal semenjak bikin lubang yg awal sudah ngerontokin bulu. Usia kehamilan kurang lebih sudah 35 hari. Pertanyaanny apakah kelinci saya benar2 sedang hamil? Mohon pencerahannya. Trims..

    Reply
    • Biasanya jika merontokin bulu dan membuat lubang itu ciri-ciri sedang hamil. Tetapi jika tidak kunjung elahirkan bisa saja itu sedang membangun rumah. Atau bisa di cek di runtuhan lubang yang pertama, jangan-jangan sudah melahirkan dan anak2nya terkubur di reruntuhan.

      Reply
  3. selamat siang saya ingin bertanya ni
    1. kan saya mempunyai 2 ekor kelinci 1 jantan 1 betina, terus kan tadi malam saya mengkawinkan kelinci saya terus misalnya tadi malam udah dikawinin terus kalau besok dan hari ke tiga dan ke empat dikawinin lagi boleh atau gak? ?
    2. emangnya kelinci kalau dikawinin si betina nya nungging nungging dan berbunyi dan si jantan jatuh ke samping
    3. kan tadi pas habis dikawinin saya mengambil betina dari kandang jantan terus saya meraba raba perut si betina terus pas di perut nya itu ada keras keras begitu, kira kira itu kenapa ya? ?
    4. kan waktu saya buka kandang si betina terus sibetina nya nyamperin saya kaya pengen makan begitu tapi kelinci betina nya baru beberapa menit dia udah saya kasih makan, kira kira si betina itu kenapa ya? ?

    tolong bantu dong

    Reply
    • 1. Boleh, kelinci saya juga beberapa hari kawin.
      2. Ya seperti itu lah modelannya 😀
      3. kehamilan akan muncul setelah beberapa minggu
      4. kelinci memang gitu mas, selalu laper

      Reply
  4. Sya punya kelinci5 ekor biasanya sya tggl dikandang dsblah warung sya
    pas pagi sya buka sudah ada ank kelinci 2 ekor..cm sya bingung yg mana indukannya
    Gmna caranya mengetahiu kelinci yg habis melahirkan sedangkan sya cek satu” tidak ada yg puting susunya menbesar
    sya satuin sma yg sya pikir itu indukannya tp malah ga mau netein atau nemenin anak kelinci itu

    Reply
  5. Mau tanya nih.. Kelinci saya td pagi ngelahirin 1ekor tp anaknya kecil bgt dan langsung mati… Tapi sampe sore koq ga ngelahirin lg ya.. Itu kenapa ya mas???

    Reply
  6. Min, saya punya kelinci betina umur 5 bulan. Kandangnya saya satuin sama kelinci jantan yg umurnya kurang lebih sudah 9 bulan-an. Pertanyaan saya adalah :
    1. Apakah kelinci umur 5 bulan sudah boleh kawin? Soalnya kelinci jantan saya udah ngebet banget nindih2in kelinci betina saya yg baru umur 5 bulan itu.
    2. Kenapa ya pas proses kawinnya itu kelinci saya yg jantan terlihat kayak ngegigit2 tubuh kelinci saya yg betina sblm kawin ya? Apa itu termasuk proses perkawinan alami?
    3. Terus kenapa juga kelinci saya yg betina kayak menghindar gitu setiap kelinci jantan saya mau ngawinin dia? Kelinci betina saya langsung lari2 muter2 kandang utk menghindari yg jantan. Apa itu artinya kelinci betina saya belum siap dikawin?
    Mohon dijawab ya. Terimakasih banyak sebelumnya 🙂

    Reply
    • 1. Tergantung jenis, kalo jenis kelinci biasa sudah bisa mas.
      2. Iya memang alami hehe, kaya kucing kawin bakal gigit betinanya
      3. Biasa om, betina malu-malu mau :v. mirip kaya kucinglah, betinanya sampe nyakar kalo mau kawin.

      Baca : umur kelinci kawin

      Reply
  7. Mau tanya dong kelinci saya kelinci kampung dia suka gigitin bulunya dan di simpan di pojokan terus dan belakangan ini suka malas” tidak seaktif dulu makanya lebih banyak seperti biasanya

    Reply
  8. Mas atau mbak numpang tanya ,kelinci saya melahirkan kok betinanya gak mau rontok kan bulunya? Apakah dikasih lampu dan handuk diperbolehkan untuk pengganti bulu?

    Reply
  9. Mau tanya knp ya kelinci saya berdarah..
    Dibawah kandang darah apa mau melahirkan?
    Brp lama pendarahan nya sampai melahirkan..
    Mohon info nya yaa soalnya msh baru pelihara kelinci..
    Saya panik melihat darah nya byk..
    Tetimakasih

    Reply
    • bisa dilihat sumber darahnya mas dari mana, kalo dari kemaluan mungkin memang melahirkan, biarkan saja secara alami :D, tetapi kalo tidak mungkin karena penyebab lain

      Reply
  10. Kelinci saya sdang hamil tp dia tidak menghindar dari pejantan apakah si betina sdang hamil.?
    Tolong minta info’a

    Reply
  11. Mas, saya punya kelinci yang sudah beranak sekitar 1-2 bulan, pertanyaannya
    – beberapa dari anak kelinci mati tiba-tiba setelah diberi makan rumput2an yang lain jenis dari rumput kacang2an yang sering saya kasih. Apakah penyebabnya dari itu? Bahkan dalam sehari bisa mati sampai 3 berturut-turut.
    – apakah setelah masa kelahiran tersebut, kelinci dapat kawin lagi? Atau masih segan? Soalnya beberapa hari ini juga betinannya lapar terus.
    Thx semoga dijawab ya mas

    Reply
    • kelinci yang baru lahir biasanya menyusui mas tidak langsung makan rumput, satuin saja dengan indukannya. biasanya kawin lagi sampai anak-anak agak besar. indukan nafsu makannya meningkat karena mau menyusui secara naluri harus makan banyak.

      Reply
  12. Mas/mbk klinci saya kan baru lahiran anakny uda umur 37 hari.. yg mau saya tanyain kpan waktu yg tepat mengawinkan induknya..? Lalu apa setelah di kawinkan anak2 harus di pisah .? Tapi kasihan masih nyusu 🙁

    Reply
  13. Mau tanya min
    Saya punya kelinci baru saja melahirkan dua hari lalu, baby nya ada dua.
    Saya kasih alas handuk di kandangnya. Tp induk kelinci saya perhatiin gak pernah deketin babynya. Saya takut nnti baby nya mati krn gak disusuin.
    Itu knpa ya???

    Reply
    • bayi yang baru lahir biasanya masih makan dari ari2nya. Kelinci menyusui hari ke 2 atau 3 dan menyusui hanya 2 kali sehari bisa juga malam hari. Perhatikan saja anaknya gendut atau tidak, kalo gemuk berarti menyusui walau kita ga liat

      Reply
  14. Mas/Mba aku mau tanya dong , ini pengalaman aku punya kelinci lahiran.
    1) masa kawin kelinci itu berapa lama ya ? dan apa setelah kawin harus dipisah? tapi kelinci saya setelah 1 minggu di kawinin trus dipisah si jantan keliatan setres gitu, baiknya di pisah atau engga?
    2) trus pas masa mau lahiran bagusnya di pisah ama kelinci jantan apa di satuin? karna ga tau gimna caranya udah kita pisah dari lama,tau” pas mau lahiran besok paginya si betina udah ada dikandang atas (kandang si jantan) dan anak” kelinci udah bercecer dimna” .
    3) dan apa ga papa kalo dalam satu minggu kelinci lahiran trus kandangnya di campurin sama kelinci jantan, soalnya anak” kelincinya mati semua TT gara” ibunya ga mau nyusuin TT. jadi kita mutusin untuk nyatuin kelincinya lagi .

    Reply
    • 1. Kelinci bunting 30 – 32 hari. mengasuh anak 8 minggu. Beranak sampai menyapih krang lebih 90 hari. Jadi sekitar 90 harian bisa beranaklagiatau 4 kali dalam setaun, ini yang amannya. tetapi biasanya kelinci akan kawin lagi walaupun anak-anaknya masih kecil makanya kita atur siklusnya. Kalo setres bisa di satuin lagi saja tapi 10 hari mau melahirkan pisahkan.

      2. Pisah saja, pake kandang yang tertutup saja biar ga kabur

      3. Kalo lahiran sebaiknya sendiri, karena kalo disatuin dengan jantan kadang suka keinjek2,pisahin 10 hari menjelang kelahiran kasih tempat yg nyaman

      NB : kalo mau coba satukan juga silahkan, kalo jantannya ga galak biasanya gaapa2.

      Reply
  15. Saya may Tanya saya punya dua kelinci yg satu jantan anggora satunya betina bulu biasa, nah yg betina ini perutnya makin hari makin besar trus di blkg rumah saya ada lubang yg ia buat tapi saya udah nyiapin kandang tapi tetap aja dy ngk mau di kandang dy maunya di lubang itu trus pas sy pulg sklh perutnya udah kecil dan bulunya juga ngk rontok banyak di tambah kelinci betina sy nambah birahi sama si jantan, pas sy cek itunya berdarah… pertanyaan saya itu kelinci udah melahirkan atau keguguran sih lubangnya juga dalam lagi ngk bisa di lihat gi mana dong ??

    Reply
  16. kelinci saya gelisah trus suka gali gali kawat kandangnya, kalo di kasih rumput, dia kumpulin trus dibawa bawa gitu, tapi mulutnya gk merah atau gk laper, itu kenapa yah?

    Reply
  17. Kelinci saya yang jantan sudah berumur 1tahun dan yang betina umurnya sudah 10 bulan, udah dikawinkan beberapa kali tapi kenapa kelinci betina nya gak hamil2 ya? Tips nya apa ya biar kelinci saya cepat hamil dan beranak?

    Reply
      • Udah 2bln lebih.. Udah saya kawin kan lg tetap aja gk hamil2.. Yg betina pernah ngerasa gelisah, bawa sobekan kertas ke kotak sarangnya, sudah kerontokan bulunya, saya kira malamnya mau melahirkan,tapi setelah seminggu tetap aja gk beranak.. Itu kenapa ya?

        Reply
  18. Min saya kan punya 2 kelinci (1jantan,1betina) pernah saya coba kawinkan mereka sekitar 3 hari (pernah satu hari saya tinggal lama,jadi otomatis mereka kawin nya lama) pertanyaan saya :
    1. Dampak nya kalau kawin lama itu gimana?
    2. Kelinci betina saya makannya tidak terlalu nafsu seperti biasanya. Itu kenapa? (Tapi pakannya selalu habis kok,cuman rada menurun aja nafsu nya) apa emang hamil? Karena kalo kelinci hamil kan biasanya nafsu makan meningkat ini rada menurun mas atau mungkin gara2 janinnya baru jadi apa gimana?
    3. Kalo mungkin hamil,kan kawin nya sekitar 7 hari baru janinnya jadi tapi kalo sekitar 3 hari mereka terus-terusan kawin. Janinnya bisa jadi tidak?

    Tolong dijawab mas.. Saya takut terjadi sesuatu..
    Terima kasih.

    Reply
  19. Mas/Mbak saya kan punya 2 kelinci(jantan&betina) saya pisahkan kandang mereka.. Mereka berbeda kandang.. Tetapi kandang nya rada sempit mas… Saya pindahkan yg betina ke kandang jantan lalu Mereka saling menaiki… Lalu si jantan menaiki si betina dengan agresif tetapi dia tidak sampai terjatuh (kata orang sih seperti penetrasi) pertanyaan saya :
    1. Jika seperti itu mereka sedang kawin atau main-main saja?
    2. Jika kawin,berhasil tidak? Karena si jantannya tidak sampai terjatuh ke samping si betina.
    3. Karena si jantannya tidak sampai jatuh apakah karena faktor kandang yg sempit(jadi si jantan tidak muat untuk jatuh ke samping si betina)? Atau karena hanya mereka saling main-main saja?

    Terimakasih. Tolong dijawab ya mas/mbak^^

    Reply
    • 1. Kawin.
      2. Tergantung, kelaminnya bisa saja sudah masuk tanpa terjatuh. Biasanya ada suara pekikan dari betina.
      3. Bisa jadi PDKT, bisa jadi kawin tergantung sudah penetrasi atau belum

      Reply
  20. saya mau tanya,apakah ampas klapa ga bikin kruminen(bhsa jwa), bgi kelinci itu sendri.
    trus kelinci saya kan kelinci lokal,tpi saya kawinkan dgn pejantan anggora,yg mau saya tayakan apabila beby2 kelinci itu lahir,dominan manakah apakah ikut anggora atau ikut lokal.
    tolong balas,mksh.

    Reply
  21. Kalo baru aja lahiran, bayi kelincinya dipisahin dulu sm induk nya atau satuin aja? Atau minta penjelasan lebih terkait prertolongan pertama kelinci melahirkan dong… Makasi

    Reply
      • Tp kmrn malem lahiran, lgsg saya pisahin… Trus pagi ini saya kasih ke induknya… Kira2 dia ngenalin anaknya ga ya? Trus induknya sy kasih makan, tp ga mau… Apa itu nunjukkin kl induknya stress krn g ktemu anknya?

        Reply
  22. Permisi mas/mba. Sy mw tnya, kelinci sy kawinkan pd tnggal 1 desember 2015. Skrg sdah mw melahirkan, di hari ke 28 si betina merontokan bulunya, makanya sy kasih nestbox dan sy kasih potongan kertas sma timoty anderson sbagai pengganti jerami.
    Pd hari ke 30 kelinci sy mengeluarkan darah, tp perutnya msih gede. Trus nafsu makannya pun menurun.
    Yg jd pertnyaan sy.
    1. Apakh boleh sy memakai timoty anderson sbgai pengganti jerami?
    2. Biasanya stwlah pendarahan brapa hari lg untuk melahirkan.
    3. Knp penyebab menurunnya nafsu makan, sdangkan yg sy tw kelinci yg lg hamil butuh mkanan yg extra.

    Reply
    • 1. timoty anderson? apa itu? maaf saya tidak tahu.
      2. bisa di cek itu pendarahan karena akan/sudah melahirkan atau pendarahan yang lainnya
      3. saat akan melahirkan kelinci mnurun nafsu makannya

      Reply
  23. Nih min saya kan punya kelinci 2ekor yang jantan anggora ,yang betina biasa. tapi baru beberapa hari sudah membuat lubang dan betina nya sering kali tiduran tidak seperti dulu ,walaupun didekati jantan tidak agresif . saya mau tanya apa ada masalah dengan kelinci betinanya

    Makasih ya min mohon dijawab

    Reply
  24. Min, saya punya kelinci waktu kecil dia tiba2 beranak 6.. yg saya kaget tuh waktu kecil saya suka banget ngelempar2 dia ke atas trs saya hempas ke tanah.. tapi dia kaga ke guguran? Ko bisa?

    Reply
  25. Gan mau tanya.. Hari ini saya baru kehilangan kelinci betina akibat pendarahan pada saat akan melahirkan itu desebkan karna apa ya ? Kenapa tidak bisa melahirkan secara normal, saya jadi merasa bersalah gan karna kelinci betina serta anak pada kandungannya gagal keluar..

    Mohon infonya, terimakasih

    Reply
    • kelincinya sudah beranak sebelumnya? atau baru kali ini? Bisa jadi kelinci mempunyai kelainan (saya tidak tau apa) yg mengakibatkan seperti itu. sabar mas 🙂

      Reply
  26. 1.mas kalau kelinci jantan mengawni betina selama 2 hari, jantan agresif banget dan udah kopulasi…cukupkah untuk betina hamil?

    2. betinanya galak banget, gak mau dikawinkan…betinanya emang lebih besar dari jantan..selama proses kawin jantannya digigit…sama manusia juga betina galak…apakah itu tanda jika betina sedang hamil? jika sudah hamil, gak masalah dikawinin lagi?

    Reply
    • 1. kurang tau mas, tergantung sudah penetrasi atau belum.
      2. biarin kawin aja mas,kalo saya seminggu satuin kok biar pasti soalnya jarang mantau

      Reply
  27. Saya mau tanya donk… Saya punya 3 kelinci, yg kelinci jantan jenis rex, kelinci betina 1 lokal dan betina 1 lg jenis dutch.. Nah saya rawat kelinci nya dr kecil sampai udh satu tahun. Udh sering dikawinkan tapi kok gak hamil2 dan melahirkan ya? Itu faktornya knp ya? untuk mengenali kelinci yg benar2 hamil seperti apa? Kelinci betina lokal kelinci nya pemalu sllu diam, jd saya bingung untuk membedakan kelinci hamil atau gk hamilnya.

    Reply
  28. Saya punya kelinci 3 cewe 2 cowo 1. Kemarin sempet ke dokter, karna kelinci betina(anggora) saya sakit fungi. Trus untuk nyegah saya bawa ke dokter tiga2nya. Pulang dari dokter betina(lokal) berbunyi “grrgrrrgrr”, saya kira ketakutan karna abis disuntik. Yg betina(lokal) hari2 ini emang keliatan gemuk, tapi saya kira emang napsu makannya nambah. Saya gatau kalo dia lagi hamil. Tadi pagi kira jam 6 brojol. Padahal subuh saya ngeliatasih biasa2 aja. Gak sempet di tolong anaknya,mati? yg jantan minta kawin lagi, gak sama yg (anggora) (lokal) juga di embat baru brojol:(

    Reply
  29. Halo mas/mbak. Kelinci betina saya hari ini berbunyi terus kalo dideketin sm yang jantan. Setelah baca2 kemungkinannya dia hamil ya?
    jadi sama say dipisah kandang sm yg jantan. Pertanyaan saya:
    1. Apa ga masalah kelinci melahirkan di kandang besi (kaya kandang kucing/anjing gtu), soalnya saya peliharanya di kandang seperti itu. Atau apa yang harus saya siapkan?
    2. Makanan sehat apa yang dianjurkan buat betina yg lagi hamil, biar bener2 sehat
    3. Kalo nanti melahirkan apa sebaiknya kandang ditutup kain supaya induk kelinci merasa aman?
    maklum lahiran pertama..
    Trims mas..

    Reply
    • 1. Anak yang lahir bisa jadi terjepit dan mati, kalo bisa kasih alas. dari kardus atau semacamnya
      2. makanan yang direkomendasikn buat kelinci yaitu hay (rumput kering) atau rumput yang layu. tapi kadang kelinci tidak mau maka kasih saja pelet tidak masalah
      3. boleh, tutupnya sebagian sisinya saja

      Reply
  30. Saya mau bertanya, pagi ini kelinci saya beranak, tapi saya tidak tau dari induk yg mana, karena saya punya betinanya dua, jadi gimana bedainnya ?

    Reply
  31. Ane punya kelinci tapi sudah -+ 3 minggu belum juga melahir kan padahal tanda2nya sudah kelihatan seperti merontokkan bulu nya..
    Pertayaan ane janin perut nya masih ada atau tidak??

    Reply
  32. Min …mau tnya kmrn kElinci q baru lahirin,,,dan trlihat lemas ,nafsu mkn y jua. Berkurang d tambah mata y sakit
    Tolong kasih solusi y min

    Reply
  33. Minta mau tanya,kelinci saya ada 2 yang jantan dan betina, saya selalu lepasin kelinci dihalaman dari pagi sampe sore nanti kalau magrib masuk sendiri ke kandang, tadi saya lihat yang jantan ngejar ngejar betina gak henti henti, itu tanda yang betina lagi hamil gak minta? Perut nya juga agak besar trus ada kek benjolan benjolan keluar gitu min

    Reply
  34. Saya mau tanya kelinci saya kan sedang hamil..kalau nanti sudah melahirkan gimana cara merawatnya dan di beri makanan apa supaya anaknya tidak mati..? Soalnya tetangga tetangga juga gitu tapi anknya mati terus..

    Reply
    • kasih induk makan lebih banyak, satukan ditempat yang nyaman. hindarkan dari predator sama cuaca dingin. mungkin nanti saya post yah cara memelihara anak kelinci thnks sis

      Reply
  35. Gan mau tanya nih, saya kan punya kelinci nih (pemeliharaan keduakalinya karna sblmnya mati). Kelinci saya 1 jantan fuzzylop 1 betina macem kelinci kampung(tp bulunya tebal). yg mau saya tanyain, kalo si jantan naik ke badan si betina macem kelinci lg kawin, apakah itu bisa dibilang sedang kawin? Kalo kawin, mngkn skrng sdng hamil karna sudah seminggu stlh kawin. Apakah jika kelinci sdng hamil, si kelinci jd waswas dan jd gamau dipegang sama majikan? Dan apakah hrs saya pisahkan si betina dngn si jantan? Tp kalo dipisahkan apakah ada kemungkinan salahsatunya bisa mati? Karna dulu saya jg prnh punya kelinci sdng hamil, saat si jantan dipisahkan, esoknya si jantan mati, dn si betina sebulan kemudian malah mati karn ajd ganafsu makan.

    Reply
  36. Mau tanya mas, sy punya kelinci kurang lebih umur nya udah 7 bulan. saya gak tau hamil atau gak. tp td gak sengaja ngeraba bagian bawah nya kaya ada puting susu banyak, trus baru hari ini merhatiin klo ternyata dia jd agresif banget. apa itu lg hamil atau sudah mau melahirkan ya?

    Reply
    • Saya ga bisa nyimpulin nih dari kriteria yg sedikit. Sudah ditunggu saja, kalo hamil insya allah melahirkan hehehe.

      Reply
  37. Min mau nanya kok kelinci saya sudah melahirkan 1 terus di perutnya / lobang buat melahirkan masih ada lagi itu gimana ya mohon di jawab

    Reply
  38. Mas mau tanya,siang ini saat saya akan memberi makan kelinci saya melihat ada darah dikaki kelinci,saya kira kakinya lecet ternyata pada kemaluannya keluar darah dan terlihat ada sesuatu yg akan keluar.apakah kelinci saya akan melahirkan mas atau itu pendarahan,soalnya kelinci saya sebelumnya tdk ada tanda” hamil dan kelinci jantannya sdh mati sekitar dua bulan.terimakasih mas 🙂

    Reply
  39. sy mau nanya sy beli kelinci yg udh pernah melahirkan, setelah sy satukan dgn kelinci jantan ternyata si betina tdk mau di kawini dan si betina selalu ber suara,dan dgn kelinci betina lainnya selalu bertengkar. mohon penjelasan nya ya

    Reply
  40. Boleh mnta emailnya gak mas/mbak. Soalnya saya mau kirim gambar.kelinci saya didekatkelaminnya ada 2 benjolan yg panjang. Itu kenapa ya

    Reply
  41. Hai,,, sy mau tny, sy pny kelinci sepasang dan sy g tau umur nya brp saat beli,,sy jdikan 1 kndang,,dan skrg yg jantan mulai trlihat mau kawin dgn yg betina nya,sy g tau apa sudh brhsil/blm mrk kawin,, nah,, prtnyaan sy,, gmn cranya sy tau umur mrk udh siap/blm u kwin,,?? Lntas apa hrus sy pisahkan dlu/ttap dlm 1 kndang sj spt biasanya y,,?? Mksh sblmnya ats jwbnya,,

    Reply
    • untuk mengetahui umurnya tidak ada metodenya sis/gan jadi susah. Silahkan dipisah saat kelinci terlihat akan melahirkan

      Reply
  42. Au tanya. Kelinciku kandangnya di tanah. Ngelahirin anak dalam lubang. Tiap lahirin anaknya ditimbung. Tapi kadang walaupun ditimbung tetap ada yg jadi nantinya. Apa itu memng seperti itu kalau ngelahirin

    Reply
    • mungkin secara alami memang seperti itu sis. kalo saya ga sampe di timbun sih paling ditutup sama jerami atau alas yang disediakan

      Reply
  43. Saya punya klinci btina ama jntan.. pada saat sya liat di kandang kdua ekor klinci saya bertemu lebah galak. klincinya di gigit..trus brubah jadi besar tapi banyak bulunya.. yg z tanyakan apa klicinya tda berevolusi menjadi kelinci super?

    Reply
  44. Gan, saya punya kelinci habis melahirkan tp semuanya mati … sepertinya habis diserang induknya, yang mau tanyakan : 1. Kenapa induknya menyerang anaknya jelang 1 hari pasca melahirkan. 2. Kapan kelinci betinanya dapat dikawinkan lg pasca melahirkan ….

    Reply
  45. Saya punya 5 ekor kelinci dri kecil di satuin, ada sepasang yg udh kawin di luar kandang tspi kok pas aku satuin di kandang ke esokan harinya bulu di kepala jantan botak. Apakah jantan dan brtinanya tdk cocok? Atau krn udah slesai kawinnya yah?

    Reply
    • kalo botak mungkin berantem ketika mau kawin (ini biasa ko ga usah khawatir, emang gitu ritualnya). Tapi saran deh jangan mengawinkan yang sedarah (adik kakak, ibu anak dll) karena anakannya kurang bagus nantinya

      Reply
  46. asslkm …sy mau tanya sy punya kelinci tgl 02-11-16 kmren melahirkan….td sy baru lihat lagi induknya itu mncabuti bulunya dan buat tempat kyk u melahirkan spt itu..apa kh itu induknya mau melahirkan lagi kah..mohon penjelasannya ya mas/mbk…mksh sblmnya wsl

    Reply
  47. gan mau nanyak….
    kelinci gua bulunya kok di rontokkan sendiri nya ya, itu kenapa ya gan…?

    kalau emang hamil kok gak kunjung melahirkan..?? udah 2 minggu dia rontokan blunya. minta info gan

    Reply
  48. Nanya gan… Kelinci sy mulutnya memerah dan nafsu makan/minum nya meningkat… Namun sy coba raba perutnya sesuai instruksi yg di blog tetangga tidak merasakan ada benjolan diperutnya. Seharusnya sih sudah ada kalau memang positif hamil sesuai info yg sy baca… Padahal ini sudah hari ke 19 dari tanggal kawinnya… Mohon analisanya gan… Trims

    Reply
  49. Ada ya kelinci hamil sampai lebih dari 35 hari? Saya kawinkan kelinci saya tgl 14&15 november, ini udh tgl 30 desember blum melahirkan.. tanda” hamil ada semua yg disampaikan di blog.. tanda” melahirkan aj ini yg blum kunjubg kelihatan.. ;(

    Reply
  50. Selamat malam om mau tanya nih…kalo 1 jantan di kawinkan dengan 2 indukan apakah nanti anak” dari 2 indukan yang berbeda itu boleh dikawinkan?
    Yang boleh dikawinkan 1 bapak beda ibu atau 1 ibu beda bapak ( induk dikawinkan dngan jantan lain setelah siklus lahir selesai)
    Mohon penjelasannya …terima kasih

    Reply
    • Masih boleh, 1 bapak beda ibu kalo secara genetik masuknya linebreed, masih kuat stamina dan daya tahan tubuhnya. tapi mungkin ada beberapa yang ‘lemah’

      Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.