Kandang Kelinci Rumahan dan Ternak yang Baik

1
62217

Kandang kelinciKandang kelinci bagi peternak dan mepelihara kelinci hukumnya wajib fardu ain. Artinya tidak bisa di tolelir lagi jika memelihara kelinci maka kita membutuhkan yang namanya kandang kelinci. Jika tidak berupa kandang bisa juga di sediakan tempat berteduh, kelinci pun biasanya mau untuk tinggal disitu.

Sebelu membahas kriteria kandang yang baik sebelumnya kita harus membahas dulu tujuan dan fungsi dari kandang, karena jika tujuannya berbeda maka kriteria pembuatan kandang pun berbeda. Oke ini adalah beberapa fungsi kandang.

Kandang Kelinci Rumahan

Kandang kelinci rumahan yaitu kandang kelinci yang hanya dipakai untuk memelihara sehari-hari. Kandang kelinci rumahan bisa indor atau outdor. Ukuran dan fasilitas dibahas di bawah. Kandang kelinci rumahan biasanya terbuat dari kayu dengan jeruji. nah berikut contoh kandang kelinci rumahan

kandang-kelinci-kayu

kandang-kelinci

Kandang Kelinci Ternak

Kandang kelnci ternak umumnya terbuat dari kayu. Ukuran bervariasi tergantung peternak masing-masing, tetapi rata-rata memanjang, dan 3 kali ukuran kelincinya, terdapat tempat makan dan minum bagi kelinci. Kandang dibuat perkamar seperti ‘kos-kosan’ bagi kelinci, dalam menjaga kebersihan kandang perlu diperhatikan dengan serius karena kandang ternak umumnya cepat kotor disamping terdapat banyak kotoran kelinci juga terkadang sisa makanan yang banyak berserakan yang ikut membuat kandang menjadi kotor. Pemeliharaan juga harus ditingkatkan karena jika tidak di perhatkan bisa membuat kelnci sakit. Semprot dengan desinfektan secara rutin pada kandang untuk mengurangi bakteri pembawa penyakit. Berikut contohnya

kandang-kelinci-ternak-kecil

kandang-kelinci-ternak

Kriteria Kandang Kelinci yang Baik

Nah setelah berbicara tentang fungsi kandang sekarang kita bahas bagaimana kriteria kandang kelinci yang baik. Kandang kita analogikan sebagai rumah kita, bagaimana kriteria rumah yang nyaman bagi kita agar si kelinci bisa tinggal dan nyaman di kandangnya. Saya membagi kedalam beberapa faktor.

Faktor Kesehatan

Kandang yang baik tentu mempunyai ‘kesehatan’ yang baik juga. Perhatikan sanitasi atau tempat kotoran kelinci terbuang, jangan sampai terinjak2 atau membasahi bulu kelinci. Buatlah sela-sela atau alas agar kotoran jatuh kebawah. Bagi kandang ternak buatlah saluran seperti talang yang mengarah kebawah agar kotoran kelinci di kandang atas tidak jatuh ke kandang dibawahnya. Perhatikan juga kebersihan kandang dari sisa makanan, segera buang sisa makanan yang tersisa karena akan menjadi sumber penyakit dan menimbullkan bau yang tidak sedap jika membusuk. Dikhawatirkan juga kelinci memakan makanan yang telah busuk dan bisa keracunan.

Faktor Ukuran

Untuk ukuran bersifat optional, ukuran yang wajar saya rasa 3 kali dari ukuran kelinci, tetapi lebih luas lebih baik. Jika memelihara banyak kelinci maka berikan tempat yang agak luas agar kelinci bisa sedikit berlarian. Jika ukuran sempit dan banyak kelinci dikhawatirkan kelinci akan berkelahi satu sama lain atau jantan penguasa yang terlalu galak.

Faktor Fasilitas

Pada dasarnya kelinci tidak menuntut fasilitas yang mewah dikandangnya tetapi sebagai pemelihara wajib memberikan beberapa tempat untuk kelincinya. Beri tempat makan dan minum agar kelinci hafal dan terbiasa dengan tempatnya itu. Beri juga tempat bermain bagi kelinci, bisa berupa putaran roda atau tangga dikandang, karena kelinci suka mengeksplore kandangnya dan agar kelinci tidak stres dan bosan di kandangnya.

Nah diatas adalah beberapa kandang kelinci dan kriterianya. Mudah-mudahan bisa membantu sobat semua dalam membuat kandang kelinci yang baik.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.