Kapan Kelinci Bisa Dikawinkan Setelah Melahirkan

0
46769
Foto dari https://www.facebook.com/maz.kun.37

Kelinci dikawinkan Setelah Melahirkan – Kapan kelinci bisa dikawinkan lagi setelah melahirkan? Atau berapa lama kelinci bisa dikawinkan setelah melahirkan? Banyak sekali yang bertanya ke saya tentang pertanyaan diatas, baik secara langsung atau melalui postingan cara mengawinkan kelinci. Oleh karenanya saya akan coba buat postingan mengenai hal ini secara khusus agar teman-teman semua tidak kebingungan mengenai kapan kelinci dikawinkan setelah melahirkan.

Sebelum membahas pada intinya kita coba bahas terlebih dahulu tentang sistem reproduksi dan masalah kawin si kelinci ini. Kelinci seperti halnya hewan pengerat mempunyai sistem reproduksi yang sangat cepat. Kelinci mempunyai masa kawin yang cukup lama yaitu 9 bulan, biasanya masa kawin ini berlangsung sekitar bulan Februari sampai Oktober. Ini yang alaminya tapi jika dipelihara di kandang masa kawin kelinci bisa kapan saja tanpa mengenal musim kawin.

kapan-kelinci-dikawinkan-lagi
Foto dari https://www.facebook.com/jawa.towak

Kelinci akan hamil jika sudah beberapa kali kawin biasanya ritual kawin kelinci berlangsung beberapa hari, setelah itu kelinci akan hamil dan melahirkan setelah sekitar 30 hari. Dalam sekali masa kehamilan kelinci bisa melahirkan 4-12 anakan. Anakan kelinci akan menyusui pada induk kelinci, dan akan berhenti sekitar 4-5 minggu. Nah kita sudah mengetahui dasar-dasar tentang reproduksi kelinci ini. Lalu kapan kelinci boleh dikawinkan setelah melahirkan? Kita bahas dibawah yah.

Kelinci Dikawinkan Setelah Melahirkan

Kapan kelinci dikawinkan setelah melahirkan? Sistem reproduksi kelinci sangat cepat, sebenarnya kelinci sudah bisa dikawinkan sekitar 15 hari bisa setelah melahirkan. Tetapi walaupun 15 hari bisa dikawinkan kembali saya sarankan jangan dulu dikawinkan, karena bisa mempengaruhi kesehatan kelinci. Kawinkan kembali kelinci minimal sebulan setelah melahirkan, atau patokannya anak-anaknya sudah tidak menyusui dan indukan sehat.

Saat kelinci sudah dikawinkan pisahkan dengan jantannya, begitupun jika kelinci melahirkan, pisahkan dengan kelinci jantannya. Satukan kembali jika sudah selesai menyusui (sebulan atau sebulan setengah setelah melahirkan).

Nah jadi sudah jelas kan?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.