Cara Memilih Burung Kenari yang Bagus di Ombyokan

0
4668
cara memilih burung kenari ombyokan
Foto : https://www.facebook.com/endorse.kusumo

Memilih Burung Kenari Ombyokan – Hal pertama yang perlu kita lakukan ketika ingin memelihara burung kenari tentunya dimulai dari memilih burung kenari yang bagus.

Dengan memilih kenari bagus atau kenari prospek tentunya bisa dengan mudah untuk melatihnya. Apalagi jika anda menginginkan burung kenari yang bisa gacor dengan suara volume yang tinggi. Tentunya memilih kenari bakalan ini adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

Memilih kenari bakalan yang bagus biasanya dilakukan dengan mendatangi peternak-peternak kenari ternama atau para pemain yang sudah dikenal sering juara. Karena ditempat tersebut burung kenari sudah melalui tahap pensortiran.

Tapi tentunya harga kenari dari breeder atau pemain yang dikenal akan lebih tinggi dibanding membeli kenari ombyokan di pasar.

Tetapi tenang, bagi teman-teman yang suka membeli burung di ombyokan bukan berarti burungnya tidak bisa gacor atau juara, tentu sangat bisa. Bahkan tidak sedikit burung-burung juara yang bagus berasal dari burung ombyokan di pasar.

Tetapi tidak sembarang memberi burung ombyokan yah, kita harus memilih dengan jeli. Ada beberapa cara untuk memilih kenari ombyokan yang perlu diperhatikan. Berikut ini diantaranya.

cara-memilih-burung-kenari-ombyokan-yang-bagus
Foto : https://www.facebook.com/vebry.agistaryanto.7

Cara Memilih Kanari Ombyokan

1. Pilih kenari jantan

Pastikan memilih kenari jantan, karena kenari jantanlah yang bisa berkicau ngeplong merdu dan gacor. Kenari betinapun ada yang bisa tetapi tidak segacor kenari jantan.

Singkatnya memilih kenari jantan di ombyokan bisa dengan melihat garis paruh dan mata. Tarik garis dari paruh kenari sampai mata, jika garis paruh berada di tengah mata berarti kemungkinan jantan, jika mata berada diatas garis paruh kemungkinan betina.

Perbedaan kenari jantan dan betina bisa dibaca selengkapnya disini : perbedaan kenari jantan dan betina

2. Pilihan warna

Terdapat banyak warna burung kenari yang bisa kita temukan, tetapi sebagian besar yaitu warna solid/polos dan campuran.

Jika teman ingin memilih burung yang cepat berbunyi pilihlah warna campuran (bond), karena burung yang warnanya polos (putih, kuning, dll) lebih lama berbunyi dibanding kenari berwarna campuran.

Tetapi balik lagi ke selera yah, karena kenari warna polos pun bisa rajin bunyi dan gacor, lihat secara keseluruhan jgn hanya sebagian saja.

3. Paruh tebal

Burung kenari dengan paruh tebal dipercaya memiliki volume suara yang lebih keras dan bisa ngerol panjang.

4. Agresif

Kenari yang agresif dinilai mempunyai mental yang kuat. Tandanya jika kita dekati atau kita pegang maka kenari akan langsung mematuk atau berbunyi.

5. Leher besar

Kenari yang mempunyai leher besar atau menggembung biasanya memiliki durasi yang lebih panjang dan kuat nafasnya sehingga bisa bertahan lebih lama.

6. Tidak cacat

Dalam memilih kenari yang bagus di ombyokan pilihlah burung yang lengkap dan tidak cacat. Biasanya kita kurang teliti dan terlewat sewaktu memilih kenari ombyokan.

Perhatikan burung yang tidak mempunyai cacat fisik, baik di kaki, kuku jari, paruh, mata, sayap, mata, dan badannya.

Nah itulah tadi beberapa cara memilih burung kenari ombyokan yang bagus. Jangan lupa lakukan perawatan serta pemasteran kenari baca : cara memelihara kenari

Selain itu patokan diatas juga bisa digunakan sebagai ciri-ciri kenari yang bagus berpotensi gacor dan ngerol panjang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.