Cara Merawat Burung Kenari Agar Gacor Ngerol Panjang

0
3848
cara merawat burung kenari
Foto : https://www.facebook.com/misun.wibowo.9

Cara Merawat Burung – Burung kenari atau canary merupakan burung populer di Indonesia. Walaupun sekarang ini (2018) pamornya di arena lomba sedang turun jika dibandingkan burung laintetapi kenari masih banyak dipelihara kicau mania di Indonesia.

Hampir semua kicau mania mungkin pernah memilikinya. Bukan tanpa sebab karena burung kenari ini merupakan burung masteran yang handal. Banyak burung kicau yang cocok dengan masteran suara kenari ini.

Selain sebagai burung masteran handal kenari juga mempunyai warna yang indah dan kicau yang berdu yang bisa kita nikmati sambil ngopi di rumah.

Apalagi jika suara kenari gacor ngerol panjang tentu membuat para penghobi burung merasa kagum dan lebih menikmati suaranya.

Burung kenari juga cocok bagi penghobi pemula, karena burung ini mudah sekali dalam perawatannya dan tidak cepat stres. Sehingga memudahkan para pemula dalam merawatnya, tentunya sembari belajar merawat burung.

Bagi teman-teman yang berencana memelihara burung kenari sudah pasti harus mengetahui cara merawat burung kenari dengan benar, agar burung kenari tetap sehat dan bisa gacor tentunya.

Cara merawat kenari dengan benar juga perlu diketahui semua kicau mania, baik untuk pengetahuan atau untuk berbagi pengalaman.

Berikut ini cara memelihara burung kenari yang baik dan benar agar burung sehat, gacor, dan ngerol panjang.

Cara Merawat Burung Kenari

1. Kandang kenari

Sediakan kandang burung kenari yang standar, minimal seukuran kandang kapsul lovebird, lebih besar tentu lebih bagus.

Didalam kandang sediakan tangkringan, biasanya 2 tangkringan atas dan bawah. Jangan lupa juga aksesoris seperti wadah pakan, wadah minum, krodong, gantungan untuk EF, dan pengunci kandang.

Posisikan semuanya agar burung kenari merasa nyaman dan bersih. Kandang kenari bisa dibersihkan setiap hari atau sekiranya sudah kotor dengan begitu burung tidak stres dan tetap sehat.

2. Makanan kenari

Perhatikan juga makanan burung kenari, berikan makanan kenari yang baik. Makanan kenari biasanya berupa biji-bijian (milet, canary seed, niger seed, dll), berikan biji-bijian tersebut untuk makanan harian dan selalu tersedia dikandang.

Kenari juga membutuhkan protein. Makanan kenari yang berprotein tinggi bisa berasal dari kroto dan telur puyuh rebus. Berikan makanan tersebut 1-2 kali dalam seminggu (atau tergantung setingan dan kebiasaan).

cara-merawat-burung-kenari
Foto : https://www.facebook.com/misun.wibowo.9

Selain itu kenari membutuhkan nutrisi dari sayuran dan buah untuk vitamin dan serat. Bisa diberikan beberapa buah-buahan dan sayuran seperti apel, pir, sawi putih, timun, oyong, dll.

Juga berikan tulang sotong kecil dalam kandang, tulang sotong ini berguna untuk asupan kalsium dan mineral bagi burung kenari.

Jangan lupa mengganti air minum setiap hari. Makanan kenari secara detail sudah dibahas di halaman ini baca : Makanan Kenari

3. Hindari angin langsung

Dalam merawat burung kenari usahakan untuk menghindari hembusan angin kencang secara langsung. Burung kenari termasuk burung yang kurang kuat terhadap hembusan angin langsung.

Sehingga jika sering terkena angin langsung biasanya burung kenari akan lebih beresiko terkena penyakit.

4. Hindari matahari terik

Hindarkan burung dari matahari terik secara langsung. Karena matahari terik bisa berakibat fatal bagi kenari. Kenari bisa terkena serangan jantung dan mati mendadak jika dibiarkan berlama-lama berhadapan dengan matahari terik.

Jika ingin menjemur kenari jemurlah saat panas pagi atau panas yang tidak terlalu terik. Ini akan menyehatkan dan membersihkan burung.

5. Membersihkan kenari

Cara merawat burung kenari salah satunya yaitu membersihkan burung kenari. Mandikanlah burung saat pagi hari atau sore hari agar bulu burung bersih dari kotoran, mandi kenari bisa disemprot atau diberikan wadah agar kenari mandi sendiri.

Selain mandi juga kita perlu memotong kuku burung kenari yang sudah panjang sehingga burung kesulitan mencengkram tangkringan.

Dalam memotong kuku hati-hati jangan sampai memotong terlalu dalam, karena kuku kenari bisa berdarah nantinya.

6. Menjaga kesehatan

Jagalah kesehatan burung kenari dari penyakit. Selalu bersihkan kandang, jaga kualitas air minum, berikan vitamin dan suplemen, berikan makanan kenari berkualitas, dan rawat dengan baik.

Beberapa penyakit kenari yang sering menyerang adalah kutu, bubul atau jamur (mengobati kenari berjamur), kenari cacingan, kenari mencret/berak ijo/berak kapur (baca : mengobati kenari berak mencret), SNOT, dll.

7. Lakukan pemasteran

Agar burung kenari memiliki suara yang bervariasi atau suara isian dan semakin gacor sering-seringlah untuk dimaster. Memaster burung yaitu memperdengarkan suara burung lain baik burung kenari lain atau burung kicau jenis lainnya.

Pemasteran bisa dilakukan pada pagi, siang, sore, atau malam hari. Lakukan secara rutin dan disiplin, dan lakukan percobaan pada waktu yang optimal.

8. Umbar burung

Lakukan pengumbaran burung kenari di kandang umbaran. Mengumbar burung kenari dikandang umbaran bisa membuat nafas burung semakin panjang dan fisik yang menjadi kuat.

Sehingga bisa membuat burung kenari ngerol semakin panjang.

Nah itulah tadi gambaran kasar bagaimana cara merawat kenari untuk pemula agar sehat, gacor dan ngerol panjang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.