Makanan Burung Kenari Agar Gacor Ngerol Panjang

0
4479
makanan burung kenari agar gacor
Foto : maxpixel.net

Makanan Burung Kenari – Burung kenari adalah burung yang termasuk kedalam jajaran burung kicau populer di Indonesia. Burung ini boleh dibilang pernah dimiliki semua kicau mania saking populer dan lumrah dipelihara.

Burung kenari umumnya berasal dari luar Indonesia dan sudah banyak dikembangbiakan di Indonesia sehingga sekarang ini kita bisa dengan mudah menjumpai burung kenari dimana saja.

Burung kenari ini banyak disukai karena suara kicuanya yang merdu dengan tembakan-tembakan dan suara ngerolnya yang panjang.

Suara burung kenari juga bisa dijadikan sebagai suara masteran dasar untuk burung kicau lainnya misal murai batu, kacer, cucak ijo, lovebird, ciblek, dan burung lainnya.

Suara kenari dinilai bisa memberikan isian dan menambah tembakan-tembakan pada burung yang dimaster dengan suara kenari.

Suara kenari juga ada banyak macamnya, karena jenis burung kenari ada banyak mulai dari suara kenari lokal, kenari yorkshire, suara kenari loper, suara kenari AF, suara kenari american singer, dan lainnya.

Selain karena suara kicaunya burung kenari dipilih juga karena mudah dalam proses perawatannya. Perawatan burung kenari tergolong mudah sehingga cocok untuk pemula dan burung kenari tidak mudah stres seperti burung lainnya.

Sekarang ini burung kenari sudah banyak dijadikan sebagai burung lomba, para kicau mania juga berlomba-lomba untuk membuat burung kenari semakin gacor.

Berbagai perawatan kenari, setingan kenari, dan selektif dalam memilih burung kenari yang bagus semua dilakukan agar menghasilkan burung kenari juara.

Tapi kali ini saya tidak akan membahas setingan kenari karena yang akan saya bahas adalah pakan harian kenari. Karena pakan harian kenari ini sangat penting tentunya untuk bisa membuat kenari jadi sehat dan gacor.

Pembahasan tentang makanan burung kenari ini juga mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pemula yang baru memelihara burung kenari.

Untuk setingan burung kenari nanti kita bahas terpisah yah. Berikut ini beberapa makanan kenari untuk harian yang bagus.

Makanan Burung Kenari

1. Biji milet

Biji milet sudah lumrah digunakan untuk makanan burung kenari atau makanan burung lovebird. Biji milet ini ada yang berwarna putih ada yang berwarna merah.

Biasanya untuk milet putih pemberiannya bebas bisa diberikan setiap hari dan harus selalu tersedia di kandang. Untuk milet merah pemberiannya sedikit saja sebagai campuran.

2. Biji niger / niger seed

Biji niger atau niger seed juga biasa digunakan sebagai makanan kenari. Biji niger ini biji yang berwarna hitam dan berbentuk kecil.

Niger seed sifatnya bisa menghangatkan tubuh burung kenari sehingga cocok diberikan saat musim hujan, pemberiannya pun cukup sedikit saja.

3. Biji canary / canary seed

Sesuai dengan namanya canary seed ini adalah biji yang sering digunakan untuk pakan kanari. Selama saya memelihara kenari biji ini paling disukai oleh kenari.

canary-seed-untuk-kenari
Foto : https://www.facebook.com/goruagra

Canary seed ini bisa diberikan setiap hari dan boleh selalu tersedia di kandang.

4. Telur puyuh

telur-burung-puyuh-makanan-kenari
Foto : pixabay.com

Walaupun burung kenari termasuk kedalam burung yang memakan biji-bijian tetapi telur burung puyuh juga bisa diberikan pada burung kenari.

Telur puyuh ini adalah sebagai sumber protein tinggi bagi kenari, karena selain biji-bijian kenari juga membutuhkan protein untuk kebutuhan nutrisinya.

Pemberian telur puyuh ini dilakukan seminggu sekali cukup, pemberiannya telur puyuh matang dikupas dan cukup digantung saja di kandang kenari.

Jangan terlalu banyak memberikan telur burung puyuh karena bisa membuat kenari over birahi. Telur puyuh ini adalah EF atau extra fooding untuk burung kenari.

5. Sayuran

Selain biji-bijian burung kenari juga biasa memakan dedaunan di alam liar. Oleh karenanya kita bisa juga memberikan sayuran pada burung kenari.

Sayuran yang sering diberikan adalah sawi putih, timun, oyong dan lainnya. Selain sebagai submer vitamin sayuran juga bagus untuk pencernaan burung.

6. Buah-buahan

Buah-buahan juga bisa diberikan sebagai makanan kenari. Banyak buah-buahan yang bisa digunakan, misalnya buah apel, pir, dan lainnya baca : buah dan sayur untuk burung

7. Biji campuran / mix seed

biji-campuran-kenari-mixed-seed
Foto :wikipedia.org

Jika tidak ingin repot mencampur makanan kenari secara manual kita juga bisa membeli makanan kenari pabrikan.

Biasanya berupa campuran dari berbagai macam biji-bijian. Selain tidak repot makanan kenari jadi ini variasi bijinya lebih banyak.

8. Tulang sotong

tulang-sotong-burung-kicau
Foto : https://www.facebook.com/caesarpoker

Selain makanan untuk vitamin, protein, dan serat kenari juga membutuhkan sumber mineral dan kalsium. Sumber kalsium dan mineral untuk burung kenari bisa berasal dari tulang sotong.

Oleh karenanya kenari bisa diberikan tulang sotong yang bisa tersedia selalu di kandang.

9. Kroto

kroto-makanan-kenari
Foto : https://www.facebook.com/kicaw.kicaw.5

Kroto atau telur semut rang-rang adalah makanan kenari yang mengandung vitamin dan protein tinggi. Pemberiannya cukup 1-2 kali saja dalam seminggu, karena kalo berlebihan akan membuat kenari over birahi.

Kroto ini dari pengalaman saya bisa membuat kenari lebih gacor secara singkat, terutama bagi burung kenari yang sudah cukup umur.

Nah itulah tadi beberapa makanan burung kenari yang bagus dan bisa diberikan pada burung kenari agar burung bisa menjadi sehat dan gacor dengan sendirinya.

Jangan lupa untuk merawat dan menjaga kebersihan kandang burung kenari agar burung tidak stres dan terjaga kesehatannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.