6 Manfaat Umbaran Bagi Burung Kicau dan Caranya

0
9902
cara dan manfaat umbar burung kicau
Foto : https://web.facebook.com/tre.cikrandji.7

Manfaat Umbaran Bagi Burung Kicau – Mengumbar burung dikandang umbaran atau kandang yang luas (ukurannya bisa lebih dari 2 meter) sudah lumrah dikalangan pecinta burung kicau.

Mengumbar burung ini berlaku untuk hampir seluruh burung kicau. Seperti murai batu, cucak ijo, cucak rowo, pleci, kacer, lovebird, kenari, anis dan lain sebagainya. Karena sejatinya burung membutuhkan tempat yang luas untuk bergerak sehingga dengan mengumbar burung bisa membuat burung sedikit rileks dan bebas.

Nah apa saja manfaat umbaran bagi burung? Mari kita simak

Manfaat Umbaran Bagi Burung Kicau

manfaat-umbar-burung-kicau
Foto : https://web.facebook.com/safinatunnajah.gea

1. Burung tidak stress

Bayangkan setiap hari anda dikurung dikamar yang terbatas, sedangkan jiwa anda ingin bebas. Nah jika burung diumbar tentu saja akan membuat burung tidak stress dan bisa membuat burung rileks.

2. Nafas lebih panjang

Selain mengurangi stress mengumbar burung kicau juga bisa meningkatkan nafas burung. Karena saat diumbar secara langsung burung melatih pernafasannya sehingga bisa semakin panjang (harus rutin).

3. Burung lebih gacor

Karena burung tidak stress dan kondisi fisik bagus menjadikan burung juga bisa semakin gacor dengan sendirinya.

4. Fisik lebih kuat

Selain nafas, mengumbar burung juga bisa menambah stamina dan fisik. Sehingga di arena lomba, burung akan semakin bertahan lama bertahan.

5. Birahi stabil

Kelebihan hormon dan protein dalam burung bisa membuat burung over birahi dengan mengumbar burung bisa menekan birahi burung karena hormon dan energi berlebih bisa tersalurkan.

6. Menghindari burung ngelemak, gemuk, obesitas

Kurang gerak dan pakan dengan kalori yang besar membuat burung bisa mengalami obesitas atau ngelemak. Ini biasanya terjadi pada burung lovebird. Dengan mengumbar burung secara rutin atau sehabis cabut anakan (untuk indukan) bisa mencegah burung menjadi ngelemak.

7. Burung lebih sehat

Dengan rajinnya olah raga, fisik yang kuat, dan tidak stress tentu ini bisa membuat burung lebih sehat dan umur juga bisa bertahan lebih lama.

Ukuran Kandang Umbaran

Ukuran kandang umbaran yang ideal untuk burung kicau biasanya tergantung jenis burung apa yang akan diumbar. Jenis burung kecil atau burung besar.

Jika ukuran burung kecil maka luas kandang dengan panjang 2 meter sudah cukup, jika burung besar maka minimal 3 meter atau lebih. Ukuran kandang umbaran lebih luas lebih baik.

Cara Mengumbar Burung

Cara umbar burung bisa berbeda-beda setiap burung tapi pada dasarnya sih sama. Waktu pengumbaran bisa dilakukan kapan saja tetapi menurut saya yang baik biasanya saat pagi hari sambil dijemur dan dimandikan.

Cara umbar burung kacer, murai batu, anis, cucak ijo, kenari bisa dengan membuka kandang umbaran lalu membuka sangkar burung dan biarkan burung keluar dengan sendirinya masuk ke kandang umbaran. Sediakan bak mandi di wadah yang cukup besar agar burung mandi dengan sendirinya.

Jika sudah selesai bisa dengan menempelkan kandang umbaran dan sangkar burung lalu membuka pintunya nanti dengan sendirinya biasanya burung masuk ke sangkar.

Untuk lovebird biasanya tidak bisa dengan cara diatas, cara umbar lovebird bisa dengan menangkapnya lalu masukkan ke kandang umbaran. Jika sudah selesai juga ditangkap terlebih dahulu. Jika sulit menangkapnya bisa dengan disemprot terlebih dahulu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.