Perbedaan Lovebird Tipe Kering atau Basah + Setingan

0
19911
perbedaan lovebird tipe kering atau basah
Foto : https://web.facebook.com/ruddietheeaa.gheunniinkk

Perbedaan Lovebird Tipe Kering dan Basah – Pernah lihat lovebird basah kuyub atau semi basah ketika di gantang? Nah lovebird yang basah atau yang semi basah tersebut sedang menggunakan setingan lovebird tipe basah.

Sedangkan secara umum kita menggunakan setingan tipe kering (normal). Hal tersebut sah-sah saja karena menemukan setingan setiap lovebird bisa diperlakukan secara berbeda-beda.

Lovebird tipe basah yaitu lovebird yang dimandikan terlebih dahulu atau disemprot bagian tenggerannya atau hanya disemprot embun sebelum lomba. Sedangkan lovebird tipe kering adalah lovebird yang tidak dimandikan atau disemprot air sebelum lomba.

Ada yang cocok tipe kering, ada yang cocok tipe basah. Nah untuk mengetahui lovebird tipe kering atau basah kita perlu melihat karakternya masing-masing lovebird. Karena jika tidak cocok dengan setingan basah bukannya ngekek malah diam saja hahaha.

Berikut ini ciri-ciri lovebird tipe kering atau basah

Perbedaan Lovebird Tipe Kering dan Basah

Ciri-ciri lovebird tipe kering

  • Kuat saat dijemur lama
  • Tidak sering mandi dicepuk
  • Terlihat kurang nyaman kalau mandi, bisa di semprot sedikit jika tidak betah rata-rata tipe kering
  • Biasanya paruh merah baca : setingan paruh merah

lovebird-tipe-kering

Untuk harian lovebird tipe kering ini bisa langsung dimandikan lalu dijemur. Sebelum berangkat lomba tipe kering ini bisa dimandikan dulu untuk menstabilkan birahi.

Ciri-ciri lovebird tipe basah

  • Tidak kuat saat dijemur lama
  • Lebih sering mandi dicepuk
  • Diam dan nyaman ketika di semprot air
  • Biasanya paruh putih, karena paruh putih rata-rata kurang kuat panas baca : setingan paruh putih
lovebird-tipe-basah
Foto : https://web.facebook.com/jomponk.doank

Untuk harian lovebird tipe basah ini bisa sebelum dimandikan dijemur terlebih dahulu selama 10 menitan baru dimandikan. Sebelum berangkat lomba tipe basah ini bisa dijemur dulu untuk menaikan birahi, karena tipe basah biasanya kurang birahi. Baru jika sampai tempat lomba burung bisa dimandikan dan diangin-anginkan.

Jika ingin menggunakan setingan tipe basah bisa dengan coba-coba kira-kira sebasah apa burung bisa tampil maksimal. Apa harus basah kuyub, atau basah lembab dan sebagainya. Nah lovebird tipe kering atau basah? Silahkan diamati sendiri.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.