5 Makanan Lovebird Agar Cepat Gemuk Badan Besar

0
27158
makanan lovebird cepat gemuk

Makanan Lovebird Cepat Gemuk – Memiliki lovebird dengan badan yang besar (body big) gemuk dan sehat tentunya salah sat idaman para penghobi lovebird. Disamping memperindah burung juga bisa menambah nilai jual dari burung lovebird tersebut.

Lovebird berbadan besar bisa berasal dari indukan (gen) yang berbadan besar dan juga dari pemberian pakannya. Makanan lovebird agar cepat gemuk ini bisa mendukung dan mempercepat pertumbuhan lovebird apalagi jika lovebird tersebut juga dari keturunan indukan yang berbadan besar.

Tetapi walaupun berasal dari indukan yang berbadan besar jika tidak didukung makanan lovebird yang berkualitas tentu saja pertumbuhannya tidak akan maksimal. Juga jika diberikan makanan penggemuk lovebird jika tidak ada keturunan berbadan besar akan kurang maksimal juga.

Oleh karenanya perlu ada keseimbangan antara gen dan pemberian makanan lovebird cepat gemuk agar maksimal pertumbuhannya. Berikut ini beberapa makanan yang bisa diberikan pada lovebird agar cepat gemuk.

makanan-agar-lovebird-berbadan-besar

Makanan Lovebird Agar Cepat Gemuk

1. Harver

Harver atau biji oat kaya akan protein, karbohidrat, dan kalori sehingga harver ini bisa membantu asupan nutrisi dan membuat burung menjadi gemuk sehat. harver juga bagus digunakan untuk burung yang sedang meloloh anakannya.

Indukan lovebird yang diberi biji harver saat meloloh biasanya membuat anakan menjadi cepat tumbuh besar.

2. Canary Seed

Canary seed atau orang indonesia kadang menyebutnya kenari set hehehe. Canary seed atau biji kenari banyak mengandung karbohidrat. Sehingga bisa membuat burung lovebird menjadi gemuk.

3. Jagung

Jagung muda banyak mengandung karbohidrat, serat, dan air. Rata-rata burung lovebird dikandang saya yang menyukai jagung tubuhnya lebih besar. Selain itu kandungan seratnya bisa melancarkan pencernaan.

4. Kwaci

Ada yang mengatakan kandungan protein pada kwaci terlalu tinggi untuk ukuran burung lovebird. Tetapi jika lovebird anda mempunyai masalah misal nyilet atau kurus parah maka kwaci ini bisa digunakan untuk menambah asupan protein secara cepat. Sehingga bisa membuat pertumbuhan lovebird lebih cepat.

5. Vitamin, Mineral, & Suplemen

Tidak lengkap rasanya jika hanya mengandalkan dari sisi pakan saja. Kebutuhan vitamin, mineral, dan suplemen pun perlu dijaga agar burung tidak hanya gemuk saja melainkan juga burung sehat.

Vitamin, mineral, dan suplemen juga perlu diberikan pada burung untuk merk silahkan pilih yang ada dipasaran. Pilihlah multivitamin yang mengandung B kompleks dan vitamin E. Serta tidak lupa pemberian probiotik dan prebiotik agar terjaganya keseimbangan dalam tubuh burung sehingga burung tetap sehat.

Jika perlu berikan egg food sebagai makanan tambahan protein untuk lovebird. Egg food juga baik bagi lovebird siapan agar siap di ternak.

Selain untuk membuat lovebird cepat gemuk dan besar makanan diatas juga bisa digunakan sebagai terapi untuk lovebird yang nyilet baca : mengobati lovebird nyilet

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.