Cara Hilangkan Kutu Pada Burung Kicau

0
61917

Menghilangkan kutu pada burung – Bagi para pemelihara burung kicau tentu burung yang berkicau dengan gacor dan cerewet akan sangat disukainya, tetapi terkadang burung kicau kita malas untuk berbunyi dikarenakan kutu. Kutu pada burung memang menjadi salah satu penyebab dari burung malas berbunyi karena burung akan asyik menggaruk tubuhnya daripada berkicau.

Selain itu burung yang diserang kutu akan mempunyai bulu yang kusam, selain itu bisa mengakibatkan kerontokan bagi burung dengan serangan yang sudah parah. Selain itu infeksi lainnya bisa berupa luka dan borok pada burung kicau. Untuk itu perlunya menghilangkan kutu pada burung kicau agar burung kembali sehat dan semangat berkicau.

menghilangkan-kutu-burung

Foto : mediaronggolawe.com

Menghilangkan kutu pada burung

Ada beberapa alternatif untuk menghilangkan kutu pada burung kicau, pilihlah salah satu cara yang efektif dan mudah menurut anda masing-masing. Jika gagal menggunakan cara satu maka gunakan cara lainnya.

1.  Menggunakan obat kutu

Jika kutu pada burung kicau bandel bisa dengan memberikan obat kutu, kalo teman-teman saya menyarankan memakai merk rodalon (bukan promo) tetapi dari testimoni dan hasilnya banyak yang puas. Bulu semakin halus dan bebas kutu.

cara-menghilangkan-kutu-burung

Foto : warrenphotographic.co.uk

Pemakaiannya untuk burung campur 1 tutup botol Rodalon dengan 1 liter air kemudian semprotkan ( Halus ) ke burung jangan sampai kena mata, sampai basah kemudian jemur sampai kering, lakukanlah 1 minggu 2 kali. Ini juga biasa dipakai untuk menghilangkan kutu burung merpati.

2.  Menggunakan air bekas cucian beras
Jika anda takut dengan obat kimia maka untuk menghilangkan kutu burung bisa dilakukan dengan cara tradisional. yaitu dengan menggunakan air bekas cucian beras. Air bekas cucian beras dipakai untuk memandikan burung. Caranya dengan disemprotkan saja sebelum dijemur.
3.  Menggunakan air rebusan daun sirih
Cara alami lainnya yaitu dengan menggunakan rebusan daun sirih. Ambil daun sirih rebus dan biarkan sampai tinggal setengah. Lalu gunakan untuk menyemprot burung. Air daun sirih bisa dicampur dengan air cucian beras.
Nah diatas adalah beberapa cara mudah untuk menghilangkan kutu pada burung kicau. Penggunaan shampo juga bisa untuk memandikan burung, tapi gunakan shampoo bayi yah biar ga perih di mata hehehe.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.