Cara Memandikan Merpati Agar Bebas Kutu

6
81103

Kutu pada merpati sangat mengganggu, terutama bagi kesehatan dan kenyamanannya. Kutu banyak muncul di musim panas setelah hujan, karena pada cuaca yang seperti itu kutu mudah sekali berkembang biak. Ada dua kutu merpati yang saya ketahui, yaitu yang berukuran besar sebesar lalat dan yang berukuran sangat kecil, hitam yang terselip didalam bulu merpati. Saya menggunakan istilah ‘kutu’ sebagai bahasa awam untuk menjelaskan parasit kecil yang terdapat pada merpati, walau sebenarnya itu bukan jenis kutu. Mari simak cara membasmi kutu merpati.

Daftar Isi

Kutu Pada Merpati

Kutu pada merpati mempunyai nama ilmiah Argas reflexus 

  • Tubuh lunak berbentuk pipih, panjang kurang-lebih 4mm sebesar lalat.
  • Lokasi mulut mengenai sirip perut dan tertutupi bagian depan marjin tubuh, sehingga tidak terlihat dari atas.
  • Terbang dan lari sangat cepat.

Daur Hidup kutu merpati

  • Kutu betina makan menyedot darah dari merpati, menambah bobot tubuh mereka hingga tiga kali lipat, kemudian menyimpan telurnya yang globular dan coklat hitam berkilauan per 20-50 kelompok.
  • Larva memperoleh makanan pada inangnya selama 6 – 7 hari, meskipun anakan dan dewasa hanya makan hingga 12 jam.
  • Merpati merupakan inang utama, tapi spesies burung lain juga dapat menjadi sumber makanan. Manusia juga dapat digigit.

Kebiasaan

  • Kutu ini makan pada malam hari dan bersembunyi di siang hari.
  • Mereka umumnya ditemukan di loteng kecil pada atap dan ruangan yang berdekatan dengan area, tempat merpati bersarang.
  • Kerumunan kutu ini dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan kematian pada merpati.

Setelah mengetahui kebiasaan merpati sekarang kita dapat melakukan tindakan agar merpati bebas kutu.

Membasmi Kutu Merpati

Untuk membasmi kutu merpati kita dapat menggunakan beberapa cara, saya akan menggunakan cara termudah dan tersedia disekitar kita.

Memandikan Merpati

merpati-mandi

Secara alami merpati akan mandi jika dia memerlukannya, jadi tinggal disediakan air dalam kolam mereka akan mandi sesuai kebutuhannya, tetapi itu tidaklah cukup untuk mengusir kutu.

Mandikan merpati yang terkena kutu.

  • Siapkan cairan pembersih, cairan pembersih bisa berupa shampo manusia, bisa berupa racikan rempah atau produk tertentu yang dijual bebas dipasaran, *shampo bisa menggunakan shampo manusia *racikan pembersih saya tulis dibawah.
  • Siapkan 2 ember air. 1 ember berisi cairan pembersih, 1 ember berisi air untuk bilas.
  • Pertama basahi terlebih dahulu bulu merpati dengan merendam merpati dan membuka sayap didalam air beserta ekornya.
  • Basuh dengan cairan pembersih baik shampo atau yang lainnya ke bulu merpati sampai merata, usap dengan perlahan dengan mengikuti alur bulu agar bulu tidak kusut.
  • Jika memakai shampo maka bilas dengan air bersih.
  • Jemur hingga kering, maka akan terlihat perbedaan pada bulu merpati dengan seketika.

* Racukan shampo alami

Cara membuat shampo alami agar burung bebas kutu dan bulunya halus. rebus 20 lembar daun sirih dengan air 1 liter selama 15 menit lalu diamkan selama 1 jam dan tambahkan 1 tutup botol dettol cair. Mandikan dan tidak usah dibilas kembali, diusahakan rutin 1 minggu sekali agar burung sehat. Cara memandikan cukup celupkan saja burung ke dalam air, buka sayap dan ekor lalu cukup dielus elus saja

sumber : grup fb dokter merpati.

Pemberian insektisida

Untuk pembasmian kutu secara lebih lanjut maka kita perlu melakukan pembasmian dengan insektisida, atau dengan menggunakan produk sejenis yang menghilangkan serangga. Taburi atau semprotkan di area kandang (merpati terlebih dahulu dikeluarkan) agar kutu-kutu tidak dapat berkembang biak lagi.

Perawatan dan kebersihan kandang

Setelah pembasmian secara langsung pencegahan selanjutnya perlu dilakukan untuk memutus rantai perkembangbiakan kutu. Usahakan kandang selalu bersih dan nyaman untuk merpati.

Nah cara diatas saya rasa sangat cukup untuk membasmi kutu merpati.

6 COMMENTS

  1. Maaf gan tadi di jelas’in di atas ada kutu kecil yg nyelip di bulu… apa cara pembersihany sama kaya yg kutu besar gan??? Tolong infoy

  2. aduuh aq baru tau nih… Pantesan dulu ketika saya bersihkan kandang setelah merpati bertelur dan menetas. rencananya saya mau ganti alas (dedaunan yang merpati ambil) diganti dengan tapas / sabut kelapa. ternyata didalamnya ada kayak belatung yang bentuknya mirip lintah. apakah itu adalah kutu merpati kawan?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.