Perawatan Harian Burung Murai Batu

0
50673

Perawatan harian murai batu – Ada teman yang sangat suka burung kicau, tetapi dia takut untuk memelihara burung murai batu. Katanya takut pola perawatan harianyanya salah yang bikin burung murai batu jadi gagal dan rusak, kan sayang sudah mahal malah rusak. Nah saya pikir mungkin selain teman saya ini ada beberapa orang yang memiliki pemikiran yang sama. Nah untuk itu saya posting artikel ini sebagai bahan referensi untuk perawatan harian murai batu.

Untuk merawat murai batu memang harus disiplin dan sabar, jika sudah dilakukan biasanya akan terbiasa dan tidak ada beban lagi. Apalagi jika murai kita mulai gacor dan siap melakukan kicauan-kicauan yang merdu setiap harinya. Perawatan harian murai batu tergantung juga pada kebiasaan pemilik, jadi harus disesuaikan pada karakter burung masing-masing. Berikut Pola rawatan harian murai batu secara umum.

perawatan-harian-murai-batu

Foto : www.bursaburung.web.id

Perawatan harian murai batu

1. Pagi hari sekitar jam 07.00 burung murai batu diangin-anginkan di teras selama 30 menit sebelum dimandikan. Ini bertujuan agar burung tidak kaget dan bisa beradapatasi dengan lingkungan terlebih dahulu.

2. Setelah dianginkan burung bisa dimandikan pada pukul 07.30. Mandi bisa dikeramba atau bisa di semprot tergantung kebiasaan masing-masing burung. Baca : murai batu mau mandi keramba. Jika anda sibuk, anda bisa memandikan murai batu bisa dilakukan beberapa hari sekali, atau seminggu sekali sesuaikan dengan waktu anda.

3. Jangan lupa bersihkan kandang dan ganti pakan, minum murai batu.

4. Berikan EF berupa jangkrik kedalam cepuk EF, jangn memberikan jangkrik langsung dengan tangan. Kenapa tidak boleh memberikan jangkring langsung dengan tangan pada murai batu? Karena bisa membuat burung murai batu kita manja dan kurang ganas dalam bertarung. Pemberian jangkrik bisa disesuaikan dengan setelan anda tapi normalnya setiap pagi berikan 3-5 ekor jangkrik.

5. Jemur murai batu selama 1 atau 2 jam pada pukul 8-11 pagi, karena pada jam tersebut panasnya pas dan bisa menyehatkan. Saat dijemur jangan sampai burung murai batu tidak boleh melihat burung sejenis.

6. Setelah dijemur burung murai batu diangin-anginkan ditempat teduh terlebih dahulu, selama 10-20 menit. Lalu murai bisa disimpan di tempat teduh atau bisa juga di kerondong.

7. Jika akan dilakukan pemasteran maka pengerondongan wajib dilakukan. Pemasteran bisa dilakukan pada pukul 10-15. Lakukan pemasteran dengan kicau yang setipe dengan burung murai batu anda.

8. Pada sore hari sekitar jam 15:30 burung diangin-anginkan kembali diteras, jika ingin dimandikan boleh saja. Beri jangkrik pada murai batu sebanyak 2-3 ekor saja (sesuaikan dengan setingan anda).

9. Pada jam 18.00 burung kembali dikerodong dan bisa diberikan masteran jika perlu. Sampai esok pagi.

Catatan :

  • Pemberian kroto bisa diberikan sebanyak 1 sendok makan setiap dua kali dalam seminggu.
  • Berikan cacing sekali seminggu sebanyak 1 ekor saja.
  • Berikan multivitamin pada murai batu anda bisa 2-3 kali dalam seminggu yang dicampur kedalam air minum.
  • Umbar MB anda sesekali selama 3-4 jam selama umbaran.

Saya rasa cara diatas sudah sangat bisa dimengerti. Jika ingin lebih jelasnya cara termudahnya adalah dengan bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman dengan murai batu lalu menyesuaikannya dengan kebiasaan kita dan kerakter dari burung murai batu masing-masing. Lakukan perawatan harian murai batu dengan konsisten agar hasil yang didapat menjadi maksimal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.