Mengobati Burung Kicau yang Lumpuh Tiba-tiba dan Penyebabnya

0
35211
burung lumpuh tiba-tiba
Foto https://www.facebook.com/wahyudi.putraa

Burung Kicau Lumpuh Tiba-tiba – Burung kicau teman-teman semua mengalami lumpuh tiba-tiba? Padahal terlihat baik-baik saja awalnya. Burung lumpuh secara tiba-tiba bisa menyerang burung mana saja, seperti burung kenari, burung pleci, burung murai, burung kacer, burung cendet, burung lovebird dan burung lainnya, semuanya bisa berpotensi terkena lumpuh tiba-tiba. Baca juga penyakit burung kicau

Burung lumpuh tiba-tiba ini banyak penyebabnya, mulai dari faktor usia, karena sudah tua jadi mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Bisa juga burung lumpuh karena kekurangan vitamin D, kurangnya vitamin D ini bisa jadi karena kurang dijemur, makanan kurang bergizi, dan kurang multivitamin. Burung lumpuh tiba-tiba juga bisa dikarenakan karena kukunya yang terlalu panjang jadi kesulitan untuk berdiri dan berjalan. Yang paling ditakutkan yaitu burung lumpuh karena serangan virus atau jamur, biasanya efeknya tiba-tiba tidak ada gejala yang menonjol sebelumnya, tau-tau lumpuh saja.

Burung lumpuh secara tiba-tiba gejala awalnya yaitu tidak bisa mencengkeram tangkringan dengan baik dan sering terlihat di bawah sangkar. Ada juga gejala burung tiba-tiba lumpuh karena terdapat banyak sisik di kakinya. Burung yang seperti ini biasanya memang agak rawan mengalami kelumpuhan apalagi terjadi pada burung yang sudah tua.

Dari beberapa faktor penyebab burung lumpuh tiba-tiba ada beberapa cara untuk mengobati burung yang lumpuh secara tiba-tiba. Ada juga yang mudah diobati dan sangat sulit untuk diobati, setidaknya kita telah melakukan usaha sebisa kita untuk mengobati burung kesayangan yang kita miliki.

mengobati-burung-lumpuh-tiba-tiba
Foto dari https://www.facebook.com/luphez.ndha

Mengobati Burung Lumpuh Tiba-tiba

Pilih beberapa pengobatan dibawah ini sesuaikan dengan penyebabnya.

  1. Burung lumpuh tiba-tiba karena umur biasanya susah diobati dan kita rawat sebisanya saja, lumpuh seperti itu biasanya tinggal menunggu waktu saja. Tapi bagi kita tetap harus melakukan usaha seperti memberikan vitamin dan mineral merknya banyak, biasanya dijual di toko burung, berikan juga kalsium bisa lewat kalk (beli di apotik) atau susu tinggi kalsium seperti anline dan penjemuran pagi yang rutin.
  2. Burung yang lumpuh karena kukunya terlalu panjang tentu kita bisa memotong kuku burung kicau agar kuku yang tumbuh tidak mengganggu burung ketika berdiri dan berjalan.
  3. Burung LB tiba-tiba juga bisa diakibatkan karena serangan virus dan jamur serangan ini biasanya tidak terlihat gejala awalnya jadi tiba-tiba burung lumpuh saja untuk mengobatinya perlu kita melakukan perawatan ekstra karena virus proses penyembuhannya adalah dengan memperkuat imun pada burung tersebut berikan vitamin dan mineral pada burung lakukan penjemuran setiap pagi berikan larutan gula merah agar burung tetap fit yang bisa segera sembuh.
  4. Burung lumpuh tiba-tiba juga bisa diakibatkan karena serangan virus dan jamur. Serangan ini biasanya tidak terlihat gejala awalnya jadi tiba-tiba burung lumpuh saja. Untuk mengobatinya perlu kita melakukan perawatan ekstra karena virus proses penyembuhannya adalah dengan memperkuat imun pada burung tersebut. Berikan vitamin dan mineral pada burung, lakukan penjemuran setiap pagi, berikan makanan bergizi, berikan larutan gula merah agar burung tetap fit dan bisa segera sembuh.
  5. Bisa juga di spet probiotik (saya pakai merk EM4 peternakan). Untuk burung besar seperti kacer murai batu, cucak ijo berikan dosis 10-20 ml, untuk burung kecil berikan 5-10 ml.
  6. Bisa juga di berikan kalsium tambahan pada burung, info merk kalsium bisa di cari di toko-toko burung atau di grup burung kicau.

Burung lumpuh biasanya kesulitan makan, dan hanya berada di dasar kandang. Pemberian makan pada burung lumpuh bisa disuapin secara langsung dengan jangkrik, ulat, dll. Bisa juga di spet dengan suntikan menggunakan pur yang sudah dihaluskan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.