9 Ciri Kucing Anggora Asli yang Lucu

0
15796
kucing angora
Image : cattime.com

Kucing Anggora – Kucing Anggora adalah salah satu kucing ras yang berasal dari Turki dari daerah anggora daerah ankara atau ibu kota Turki sekarang. Kucing ini tidak hanya lucu dan menggemaskan tetapi tingkah lakunya yang lincah membuat beberapa cat loverz jatuh cinta pada jenis ras kucing anggora. Selain itu kucing anggora lebih tahan terhadap serangan penyakit atau imunnya lebih kuat dibanding beberapa kucing ras lainnya. Baca : jenis kucing ras

Kucing Anggora adalah salah satu kucing yang sangat terkenal dikalangan cat lovers ataupun orang awam. Bahkan istilah kucing anggora bagi orang awan terkadang menimbulkan kesalahan, karena orang awam rata-rata menyebut kucing yang berbulu panjang (longhair) itu dengan sebutan kucing anggora. Walaupun ada kucing persia longhair terlihat mereka akan menyebutnya kucing anggora. Bukan hanya orang awam beberapa cat lovers yang belum mengerti juga banyak salah paham mengenai kucing anggora.

Dalam rangka meluruskan istilah kucing anggora dan sebagai pemahaman bagi beberapa cat lovers yang belum paham bagaimana ciri-ciri kucing anggora ataupun jika anda ingin memelihara kucing anggora tetapi tidak tahu mana yang kucing anggora asli atau kucing anggora campuran (ras tidak murni). Berikut ini beberapa ciri-ciri pada kucing anggora

Ciri Kucing Anggora Asli

1. Kepala Kucing Anggora

Bentuk kepala kucing anggora tidak bulat gemuk melainkan tirus, berbentuk segitiga seperti kucing kampung pada umumnya, tetapi lebih lancip di bagian dagu bulu pada bagian kepala juga tidak panjang

ciri-kucing-anggora-1
Image: wikipedia.org

2. Telinga Kucing Anggora

Bentuk telinga dan bentuk kepala kucing anggora menyerupai kucing kampung atau Dome pada umumnya. Telinganya berbentuk segitiga melebar ke bawah dan tidak terlalu banyak bulu yang menyelimuti bagian telinganya.

3. Mata Kucing Anggora

Mata kucing anggora rata-rata memiliki warna yang unik seperti warna kuning, warna odd eye (kanan kiri berbeda warnanya), atau  berwarna biru. Selain itu bentuknya agak miring ke atas.

4. Hidung Kucing Anggora

Hidung pada kucing anggora tidak pesek seperti pada kucing Persia atau kucing ras lainnya hidungnya mancung seperti kucing kampung pada umumnya.

5. Tubuh Kucing Anggora

Tubuh kucing anggora juga ramping tidak bulat menggembung seperti kucing Persia atau kucing ras lainnya. Selain itu terlihat beberapa tonjolan tulang atau otot di sekitar tubuhnya.

jenis-kucing-anggora-asli
Image : golfian.com

6. Kaki Kucing Anggora

Kucing anggora mempunyai kaki yang panjang sehingga terlihat lebih tinggi. Jika diperhatikan memang cocok dengan bentuk badannya yang ramping.

7. Ekor Kucing Anggora

Kucing anggora mempunyai ekor yang panjang dan ditumbuhi bulu yang lumayan lebat.

8. Bulu Kucing Anggora

Bulu kucing anggora lebih lebat di bagian leher dan ekor saja sekilas terlihat seperti singa. Keunikan pada kucing anggora juga terlihat pada pertumbuhan bulunya. Bulu kucing anggora bisa menyesuaikan cuaca.

ciri-ciri-kucing-angora
Image: wikipedia.org

Jika cuaca panas maka pertumbuhan bulu pada kucing anggora lebih sedikit atau terlihat lebih pendek. Jika cuaca sedang dingin bulu pada kucing anggora terlihat lebih lebat. Ini memungkinkan kucing anggora tetap menjaga suhu tubuhnya di segala musim.

9. Karakter Kucing Anggora

Karakter kucing anggora lebih lincah, aktif, dan senang sekali bermain. Selain itu dia cerdas, rasa penasarannya tinggi, dan mudah beradaptasi. Kucing ini kurang suka dikurung dalam kandang lebih suka berkeliaran bebas. Selain itu kucing anggora lebih tahan terhadap penyakit dibandingkan ras kucing lainnya.

Di Indonesia sangat jarang sekali cat lovers yang mempunyai kucing ras anggora asli, disamping harganya yang sangat mahal untuk mendapatkannya juga susah. Kucing anggora yang asli biasanya dilengkapi dengan sertifikat resmi dan dijaga ketat perkawinannya. Biasanya kucing anggora yang tersebar di Indonesia tidak asli atau merupakan hasil campuran dengan jenis kucing ras lain.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.