Jenis kucing peliharaan apakah yang bagus untuk dipelihara? salah satu tujuan memelihara hewan adalah untuk membuat kita tenang dan melupakan beban fikiran. Setiap orang tntu memiliki hewan kesukaan masing-masing dan kali ini binatang peliharaan akan mebahas tentang jenis-jenis kucing peliharaan.

Kucing seperti yang kita tahu ada banyak jenisnya, dari kucing rumahan, kucing ras, kucing hutan sampai kucingta kau, halah :D. Kucing yang akan saya bahas kali ini adalah kucing yang biasa di pelihara manusia. Ada beberapa kucing yang sering dipelihara di indonesia diantaranya :

Kucing Ras

Ada berbagai macam kucing ras yang ada di indonesia, Berikut adalah kucing ras yang sering dipelihara :

1. Kucing Anggora

Kucing anggora adalah kucing yang mempunyai bulu panjang, berbadan ramping, dan lincah. Kata Anggora berasal dari daerah bernama Angora di turki. karena pada saat itu banyak kucing-kucing berbulu panjang banyak terdapat di sekitar kota Anggora (sejak tahun 1930 disebut Ankara, Turki) dan Persia (Daerah timur perbatasan turki, sejak 1935 disebut Iran). Kucing anggora dipelihara karena keindahan bulun dan kelincahannya, kucing anggora senang bermain dengan majikannya sehingga banyak orang yang menyukai kucing ini termasuk saya :D.

Berikut foto-foto kucing anggora yang lucu, baca : kucing anggora

kucing-anggora-lucu


kucing-angora-turkish

 

2. Kucing Persia

jenis-warna-kucing-persia-himalayan

Kucing persia adalah kucing yang banyak digemari di indonesia. Kucing persia dibagi menjadi dua berdasarkan panjang bulunya yaitu : berbulu panjang (long haired persian) dan yang berbulu pendek (exotic short hair). Berdasarkan variasi warna, persia terbagi menjadi tujuh kelompok, yaitu Baca selengkapnya : Kucing Persia.

kucing-persia

 

3. Kucing Maine Coon

kucing-maine-coon

Kucing Maine Coon adalah kucing yang mempunyai ukuran dan bobot lebih besar dari kucing lainnya. Kucing Maine Coon adalah Salah satu kucing peiharaan ‘raksasa’ karena ukuran tubuhnya yang sangat besar. Dalam memelihara kucing maine coon kira harus memperhatikan jumlah asupan makanannya karena kucing ini bisa menghabiskan makanan berkali kali lebih banyak dari kucing biasa.

Selain kucing yang disebutkan diatas masih ada banyak jenis kucing yang sering dipelihara di indonesia. Tetapi menurut surey saya kucing ras diatas adalah kucing dengan popularitas tertinggi.

 kucing-maine-coon-4

Kucing Kampung

jenis-kucing-peliharaan kucing-kampung

Kucing kampung adalah kucing yang sering berkeliaran diantara kita. Biasanya kucing ini tinggal disekitar masyarakat dan biasanya menjadi ‘peminta-minta’ ketika kita sedang makan hehehe :D. Kucing kampung juga jika dipelihara tidak kalah asyiknya sob, bahkan menurut saya kucing kampung memiliki beberapa keuntungan untuk dipelihara, diantaranya : Murah, kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan kucing ini, karena kucing kampung akan mencari makanannya sendiri hehehe dan lagi kucing ini kuat, lebih tahan serangan penyakit jadi tidak usah di faksin faksin seperti kucing ras. Pengusir hama, saya memelihara kucing kampung di rumah dan hasilnya tidak ada tikus lagi yang suka mencuri makanan, dll

Join the Conversation

2 Comments

  1. Dalam memelihara kucing, pemilik harus bertanggung jawab atas kesehatan kucingnya. Meski punya kucing kampung yg cenderung kuat, tp tetap harus rutin vaksin dan minum obat cacing agar menjaga kesehatan kucing dan pemilik terjaga.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.