Mengenal Kucing Maine Coon Lebih Dekat

0
5044
ucing maine coon
Foto dari https://web.facebook.com/andri.sunyoto.31

Kucing Maine Coon – Kucing maine coon adalah salah satu ras kucing terbesar yang biasa dipelihara. Ras kucing maine coon ini terbentuk secara alamiah (bukan rekayasa genetika) sehingga secara alami kucing maine coon memiliki daya tahan tubuh yang kuat. (baca : jenis ras kucing)

Kucing maine coon berasal dari kota Maine, Amerika Serikat sehingga ras kucing besar ini dinamakan maine dan coon berasal dari racoon (rakun) karena berdasarkan mitos kucing maine coon adalah hasil dari persilangan kucing dan racoon (ini hanya mitos disana yah hehehe karena secara ilmiah tidak bisa terjadi).

ras-kucing-maine-coon
Foto dari https://web.facebook.com/profile.php?id=100010582631823

Asal mula ras kucing maine coon ini belum diketahui dengan pasti tetapi kebanyakan peternak kucing berpendapat ras maine coon ini dihasilkan dari persilangan kucing domestik dengan kucing dari negara lain.

Ras kucing yang diduga menjadi nenek moyang maine coon adalah kucing Angora yang kemungkinan dibawa oleh para pedagang Inggris dan Norwegian Forest Cat yang dibawa oleh bangsa viking, karena bentuk fisiknya memang mirip.

Meine coon mempunyai pertumbuhan yang lambat, kucing ini memerlukan waktu yang cukup panjang untuk mencapai kedewasaan, sekitar 3-5 tahun. Walaupun lama ukuran tubuhnya akan lebih besar dari kucing normal lainnya.

Ciri fisik kucing maine coon yaitu mempunyai badan yang besar, leher sedikit panjang, dan mempunyai bulu seperti surai singa.

Kucing maine coon generasi awal atau bisa dikatakan “asli” mempunyai jari kaki lebih banyak dari kucing biasa atau biasa disebut dengan polidactyl. Maine coon polidactyl ini sekarang sudah jarang dikembangkan lagi oleh para peternak, karena kucing polidactyl tidak diperbolehkan mengikuti kontes sehingga kucing meine coon modern sudah jarang yang mempunyai jari kaki lebih (polidactyl).

ciri-kucing-maine-coon
Foto dari https://web.facebook.com/profile.php?id=100010582631823

Walaupun kucing maine coon ini terbilang kucing besar tetapi karakternya baik, dan dekat dengan manusia, tetapi tidak semanja kucing persia yang suka bersandar dan duduk dipangkuan, kucing maine coon lebih senang berada disekitar pemilik saja.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai ras kucing maine coon, semoga bisa bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.