Jenis Kucing Persia yang Paling Lucu untuk Dipelihara

0
41011
kucing persia
Foto dari https://web.facebook.com/senuoere

Kucing Persia – Kucing persia adalah salah satu Ras kucing yang banyak sekali dipelihara di kalangan setelah cat lovers. Kucing ini dikenal memiliki penampilan yang lucu, imut, dan tingkah lakunya yang menggemaskan sehingga tidak heran banyak sekali para cat lovers yang memeliharanya.

Harga kucing Persia juga terbilang masih terjangkau karena banyak di antara kalangan cat lovers yang mengembangbiakannya sehingga harga di pasaran tidaklah terlalu tinggi seperti kucing ras jenis lain.

Kucing persia perawatannya tidak terlalu rumit, maksudnya tidak ada pemeriharaan khusus yang diberikan. Walaupun begitu bukan berarti kita menyepelekannya, kita tetap harus memeliharanya dengan baik dengan menjaga makanannya, menjaga kesehatannya, dan teratur mengecek kondisi kucing kita.

Jenis kucing Persia juga beragam, bagi teman-teman yang ingin memelihara kucing persia ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis kucing persia yang akan dipelihara. Setiap kucing mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga dengan mengetahui berbagai jenis kucing persia kita bisa memutuskan untuk memelihara kucing jenis apa persia jenis yang mana.

Berikut ini beberapa jenis kucing persia yang lucu untuk dipelihara.

Jenis Kucing Persia

Kucing persia medium

Jenis persia medium ini adalah jenis yang paling umum kita temui dan banyak dipelihara, disamping harganya yang lebih rendah dari persia lainnya, perawatannya juga tidak seribet persia jenis lainnya.

Jenis kucing persia medium atau biasa dipanggil permed (Traditional Persia, Doll-Faced) adalah jenis kucing persia yang mudah dikenali dari bentuk hidungnya. Kebanyakan kucing persia itu memiliki hidung yang pesek maka lain dengan jenis persia medium, jenis persia medium mempunyai hidung yang mancung. Persia medium juga dibagi lagi ada yang sort hair (bulu pendek) dan long hair (bulu panjang).

jenis-persia-medium
Foto dari https://web.facebook.com/rizal.rivaldo.140

Kucing persia medium sorthair tidak harus di grooming sesering permed longhair karena mempunyai bulu yang pendek sehingga kebersihannya lebih terjaga. Ditambah lagi bentuik hidungnya yang mancung biasanya lebih tahan terhadap penyakit infeksi pernafasan. Bagi teman-teman yang mempunyai waktu luang yang sedikit mungkin cocok untuk memelihara kucing persia medium sorthair ini.

Kucing persia flatnose

Persia Flatnose, kucing persia flatnose yaitu kucing persia yang mempunyai hidung pesek sedang, tidak terlalu mancung juga tidak terlalu pesek. Untuk postur, kucing persia flatnose memiliki postur yang bulat, kepala bulat, mata bulat, dan kaki yang panjang.

jenis-persia-flatnose
Foto dari https://web.facebook.com/azhar.ariq

Juga terdapat versi sorthair dan longhair (rambut pendek dan rambut panjang). Persia jenis ini terkadang sensitif terhadap penyakit saluran pernafasan seperti flu atau pilek (baca : mengobati kucing flu).

Kucing persia peaknose

Persia peaknose, persia ini juga mempunyai bentuk hidung yang paling pesek dari jenis persia lainnya (tidak ada moncong rata dengan muka). Bedanya dengan flatnose peaknose hidungnya rata dengan muka. Jenis persia peaknose memiliki kaki yang pendek dengan telinga yang kecil dan sedikit berjauhan. Kucing ini kebanyakan dijadikan primadona untuk ajang perlombaan kucing atau Cat Show, semakin pesek semakin bagus.

jenis-persia-peaknose
Foto dari https://web.facebook.com/azalea.khaira

Tetapi dibalik popularitasnya kucing persia jenis ini sangat rentan terhadap penyakit saluran pernafasan, debu dan kotoran bisa dengan mudah menyerang. Sehingga perlu dilakukan perawatan yang lebih rutin lagi.

Persia Peaknose ini mirip dengan peaknose, oleh karena itu bagi pemula biasanya sulit untuk membedakannya, untuk membedakannya bisa membaca perbedaan persia peaknose dan flatnose

Kucing persia himalaya

jenis-persia-himalaya
Foto dari https://web.facebook.com/dharma.barata

Persia himalaya, persia jenis ini merupakan kucing hasil persilangan dari kucing persia dan kucing siam. Persia jenis ini mudah dikenali dari corak warna pada bulunya yang memang mirip kucing siam. Corak hiram di muka dan ekornya sisanya berwarna putih dengan badan gemuk dan bulu yang tebal panjang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.