Cara Mengobati Kucing Terkena Flu atau Pilek

7
165641

Kucing Terkena Flu – Salah satu penyakit yang sering menyerang kucing yaitu adalah penyakit flu kucing yang terkena flu memang wajar apalagi kucing kucing ras seperti kucing anggora persia himalaya dan variannya. Saya lebih sering menemukan kucing terkena flu pada jenis kucing peaknose. Penyakit flu pada kucing biasanya sering dialami saat musim hujan atau pancaroba, karena virus penyebab flu pada kucing ini banyak berkembang di musim tersebut.

Jangan menyepelekan penyakit flu pada kucing karena Penyakit ini bisa membahayakan khususnya bagi kucing di bawah 1 bulan atau kitten. Tetapi bagi kucing dewasa memang tidak begitu mematikan, tetapi tetap saja mengurangi daya tarik si kucing tersebut. Kucing menjadi berlendir, kurang bersih, kurang aktif, apalagi dengan sering bersin-bersin.

Daya tahan tubuh kucing mengambil peranan penting dalam penyakit ini, karena jika daya tahan tubuh menurun maka penyebaran flu pada kucing ini akan semakin mudah. Apalagi jika kucing belum divaksin, karena vaksin sendiri berfungsi untuk mengenalkan suatu penyakit pada tubuh kucing dan mencegah suatu penyakit untuk menjangkiti khususnya untuk virus.

Kucing yang terkena flu menunjukkan beberapa gejala. Gejala flu pada kucing ini akan terjadi sekitar 1 mingguan. Gejala yang biasa dialami oleh kucing yang sedang flu adalah kucing bersin-bersin, terdapat lendir di hidungnya, mata merah atau berair, dan kucing seperti malas. Jika gejala ini dibiarkan makan dalam waktu sekitar tiga mingguan biasanya kucing akan membaik dengan sendirinya, tetapi kita tetap perlu membantu kucing kita agar proses penyembuhan lebih cepat.

mengobati-kucing-flu
Foto from warrenphotographic.co.uk

Mengobati Flu pada Kucing

Flu atau pilek pada kucing disebabkan oleh virus, yaitu virus herpes, cacili ciri, dan lainnya. Karena penyebab utamanya adalah virus sebenarnya pengobatan yang tepat adalah dengan memberi antivirus atau vaksin, dan secara alami juga kucing dapat menyembuhkan dirinya sendiri dengan bantuan antibodi yang dimilikinya.

Tetapi untuk membantu kucing mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi dampak dari iritasi atau kerusakan yang disebabkan virus maka pengobatan di sini diperlukan. Berikut ini beberapa tips dan pengobatan pada kucing yang terkena flu.

1. Terlebih dahulu biarkan kucing dari cuaca dingin atau air maka jangan dimandikan dulu ya untuk sementara.

2. Jamur kucing pada pagi hari. Penjemuran ini bermanfaat untuk kucing, karena terik matahari bisa membunuh kuman kuman penyebab penyakit. Penjemuran yang baik dilakukan pada pukul 08.00 sampai 10.00 pagi.

3. Berikan suplemen berupa vitamin agar daya tahan tubuh kucing menjadi optimal. Seperti yang sudah kita bahas di atas belum ada obat yang bisa digunakan untuk mengobati kucing yang terkena flu, jadi kita memaksimalkan daya tahan tubuh kucing untuk melawan penyakit flu pada kucing dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral pada kucing. Jangan lupa masukkan prebiotik pada list asupan vitaminnya.

4. Istirahatkan kucing. Kucing perlu istirahat untuk mempercepat proses penyembuhan dan bersihkan lendir yang keluar dari hidungnya, agar kucing bisa bernafas lega dan tidak mengganggu, kasian kan kalo meler terus hehehe.

5. Vaksin kucing. Vaksin ini silahkan konsultasikan pada dokter yang anda percaya.

kucing-terkena-flu

Cara diatas Saya rasa sudah cukup untuk menyembuhkan flu pada kucing tetapi jika masih mengalami maka saya sarankan untuk membawanya ke dokter hewan.

7 COMMENTS

  1. 1.Jemur Kucing
    2.Berikan kitty bloom super lysin
    3.Berikan kuning telur 2 butir sehari
    4.Berikan minyak kayu putih di leher untuk membantu pernapasan kucing
    5.Beri perhatian dan sayangi kucing

    • suntikan apa mba? Coba tanyakan saja ke dokternya mba, mungkin bisa dijelaskan, barang kali efek sampingnya

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.