Kucing Terkena Kutu – Kutu adalah sesuatu yang normal terdapat pada binatang, termasuk salah satunya pada kucing. Walaupun kutu sangat kecil hewan ini bisa mengakibatkan kerusakan yang cukup parah pada kucing. Kucing yang terkena kutu akan terlihat kurang menarik karena sibuk menggaruk bagian yang gatal.

Kutu yang terdapat pada kucing bisa sangat merugikan baik itu untuk anda sebagai pemelihara maupun untuk kucing anda kutu yang menyerang kucing akan mengakibatkan beberapa kerugian diantaranya yaitu terjadi iritasi pada kulit kucing tas ini seperti pengerasan kulit dan kulit terasa kasar Selain itu selain itu bulu kucing akan rontok dan mengakibatkan sedikit kebotakan di sekitar daerah yang terkena infeksi.

Untuk beberapa kondisi yang parah kucing bisa mengalami anemia. Kucing yang mengalami anemia dikarenakan kutu kucing yang terlalu banyak menghisap darah kucing, akibatnya kucing kekurangan darah dan menjadi lemah dan lesu. Selain itu penampilan kucing juga menjadi terganggu karena kucing sering terlihat menggaruk karena gatal.

mengobati-kucing-terkena-kutu

Selain dapat menyerang kucing, kutu kucing atau nama latinnya Ctenocephalides juga dapat menyerang manusia. Kutu ini biasanya akan menggigit bagian kulit kita. Biasanya karena kita melakukan kontak dengan kucing yang terkena kutu. Gigitan ini bisa mengakibatkan gatal dan kulit menjadi merah jika anda mengalami hal tersebut maka segera bersihkan bagian yang terkena gigitan kutu kucing dengan sabun dan air dingin.

Mengobati Kucing yang Terkena Kutu

Ada beberapa metode yang bisa dipakai untuk mengobati kucing yang terkena kutu, di antaranya yaitu dengan memandikan kucing, memakai obat-obatan, atau aksesoris kucing.

Mandikan Kucing

Mandi merupakan salah satu cara yang efektif untuk membasmi infeksi kutu pada kucing, dengan mandi maka segala kotoran yang menempel pada bulu kucing dapat dibersihkan. Tetapi untuk hasil yang lebih maksimal kita perlu tahu bagaimana cara memandikan kucing yang benar, untuk itu anda bisa membaca panduan memandikan kucing yang benar.

Jika kucing kita memang terkena infeksi kutu maka shampo dan alat mandi yang digunakan merupakan alat mandi yang anti kutu. Gunakan shampo anti kutu dan jamur, anda bisa membelinya di petshop terdekat gunakan secara rutin sekitar dua minggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Obat Anti Kutu Kucing

Selain memandikan kucing cara yang biasa digunakan untuk mengobati kucing yang terkena kutu adalah dengan obat-obatan anti kutu untuk kucing. Obat-obatan ini banyak sekali macamnya ada yang berupa seprai, obat tetes, ada yang berupa bedak, ada juga yang berupa injeksi atau suntikan.

Anda bisa mencari produk-produk yang cocok untuk kucing anda Pet Shop terdekat. Untuk pengobatan berupa injeksi atau suntikan anda bisa menghubungi dokter hewan untuk melakukan tindakan tersebut. Injeksi ini tidak hanya berguna untuk membasmi kutu, tetapi juga membasmi jamur pada kucing.

obat-kucing-terkena-kutu
Foto dari petswelcome.com

Aksesoris Kucing Anti Kutu

Ada beberapa aksesoris yang bisa digunakan untuk mengusir kutu pada kucing. Salah satunya yaitu kalung anti kutu. Kalung anti kutu ini mempunyai aroma yang sangat dibenci oleh kutu. Pemakaiannya cukup dipakaikan pada kucing dalam beberapa waktu tertentu.

Beberapa cara mengobati kucing yang terkena kutu di atas menurut saya sudah cukup lengkap tinggal dipraktikkan salah satunya tetapi untuk rekomendasi Saya memilih untuk memandikan kucing dan memelihara lingkungan kucing agar tetap bersih dan sehat karena kucing yang sehat dan bersih kutukan tidak mau hinggap.

Join the Conversation

2 Comments

  1. Halooooo saya mau tanya
    Kucing saya kok sering banget garuk-garuk yaaa dan garuknya itu sampe keras banget tapi pas saya cek dia gak ada kutu tapi udah 2 hari ini sering garuk-garuk gitu. Kira kira kenapa ya kucing saya:(

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.