Merawat Kelinci Anggora dengan Baik

10
49960
Kelinci anggora

Ada beberapa trik untuk memelihara kelinci anggora dengan baik agar kelinci tetap dalam kondisi yang sehat dan segar sehingga dapat kita nikmati setiap saat keindahannya. Kelinci termasuk kedalam binatang yang dipelihara keindahan bulu dan bentuknya. Tentunya kita tidak mau bukan kelinci kita menjadi sakit? nah sobat binatang kali ini saya akan membagikan beberapa tips untuk memelihara kelinci anggora, disimak yah :D.

kelinci-anggora-jenis-satin

Merawat Kelinci Anggora

kelinci-anggora-inggris

Disini akan dibahas beberapa hal yang dibutuhkan kelinci anggora, diantaranya :

Kandang

Yang perlu diperhatikan dari kandang adalah :

– Ukuran

Kandang sebaiknya disekat untuk memisahkan kelinci satu dan lainnya terutama bagi jantan, karena jantan biasanya suka berkelahi dan itu bisa mengakibatkan luka ukuran yang direkomendasikan 50×50, tetapi jika anda mempunyai halaman yang lebih kelinci lebih baik di umbar agar bisa berlarian bebas secara alami dan diberi rumah-rumahan, terlebih lagi jika alasnya berupa rerumputan seperti rumput gajah atau rumput jepang. Beri ruang gerak lebih agar tidak stres. Jauhkan dari tanah yang basah dan becek.

– Kesehatan

Kandang tidak boleh lembab, bersihkan dan jemur kandang sesering mungkin agar terhindar dari berbagai macam penyakit, kandang yang kering lebih baik. Berikan alas pada kandang sehingga kotoran tidak terinjak-injak dan kandang akan terlihat lebih bersih nantinya.

kelinci-anggora-lucu-

Makanan

Menjaga pola makan kelinci anggora adalah salah satu hal yang paling penting untuk menjaga kesehatannya. Beri makanan dengan pola yang teratur. Makanan yang baik bagi kelinci ras adalah makanan yang tidak mengandung banyak air, karena jika mengandung banyak air urin akan menjadi bau dan tibul berbagai acam penyakit. Atur pola makannya, bisa dengan memberikan pada pagi dan sore atau sore dan malam. Sediakan tempat makan dan minum yang baik, agar makanan tidak tercampur dengan urin atau kotoran. Baca : Makanan untuk kelinci.

Kebersihan

Memandikan kelinci sesekali itu perlu untuk membersihkan kotoran yang tersembunyi di didalam rambut kelinci. Untu memandikan tidaklah sulit cukup memakai air hangat dan shampo. Sediakan air hangat kira-kira untuk mandi bayi agar tidak terlalu panas. Masukkan kelinci kedalam ember yang berisi air hangat basahi lalu bersihkan dengan shampo, setelah itu bilas sampai bersih karena shampo merupakan racun bagi kelinci dikhawatirkan akan tertelan nantinya. Keringkan dengan handuk, lalu beri bedak, berikan jenis bedak gatal atau bedak bayi, berikan setelah bulu kering yah.

Penyakit

Perhatikan tingkah laku kelinci anda, jika terjadi perubahan pada fisik atau prilaku segera cari tahu apakah ada yang salah. Beri obat dan perawatan sesuai dengan penyakit yang diderita. Penanganan secara dini pada penyakit dapat menyelamatkan kelinci dari bahaya. Jika penanganan terlambat penyakit yang diderita akan semakin parah dan dapat mengakibatkan kematian.

Sebenarnya banyak sekali yang perlu diperhatikan dalam memelihara kelinci anggora, cara yang termudah adalah dengan mencegah segala kemungkinan yang tidak diinginkan dan memperhatikan tingkah lakunya. Kita sebagai majikan harus mengetahui kondisi peliharaan kita dengan baik.

10 COMMENTS

  1. Terimakasih atas informasi tentang memelihara kelinci anggora dengan baik saya jadi tau cara mengurus kelinci saya dengan baik.

    • sebulan sekali boleh, seminggu sekali bisa, sekotornya okeh. Tapi jgn sering2 ya dan pastiin kering saat sesudah memandikannya

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.