Kucing Persia, Makanan Jenis dan Cara Perawatannya

8
93230

Kucing persia – Siapa yang tak mengenal kucing persia? cat lovers pasti tau jenis kucing peliharaan yang satu ini. Yup kucing persia adalah salah satu kucing peliharaan terpopuler di indonesia. Bentuknya yang unik, gembil, lucu, dan imut itu membuat kesan tersendiri bagi pemelihara kucing persia. Nah cat lovers kali ini saya akan memaparkan tentang hal-hal yang menyangkut mengenai kucing persia. Disimak ya.

Daftar Isi

Kucing Persia

Kucing persia adalah jenis kucing berambut panjang dengan karakter pipi tembem, wajah bulat dan moncong pendek. Namanya mengacu pada daerah Persia, atau nama lain dari negara Iran dahulu kala, di mana kucing itu ditemukan. Pada akhir abad ke 19 kucing persia ini dikembangkan di Inggris dan Amerika usai Perang Dunia II. Nah untuk jenis kucing persia dibedakan berdasarkan bulu dan warnanya nanti dibahas di bawah.

Pembiakan secara selektif banyak dilakukan oleh peternak dan dapat menghasilkan banyak warna berbeda, tetapi juga menyebabkan kucing mempunyai muka yang bertambah datar, yang mungkin akan membawa sejumlah masalah pada kesehatan kucing. Penyakit yang dibawa semisal penyakit ginjal dan turunannya lazim dialami oleh garis kturunan ini, yang mempengaruhi hampir separuh populasinya di beberapa negara.

Kucing persia merupakan salah satu kucing yang menjadi idaman dan impian bagi para pecinta kucing terutama di indonesia kucing ini seolah mempunyai tempat tersendiri bagi para penghobi. Banyak pecinta kucing yang memelihara kucing persia, walaupun biaya pemeliharaannya agak mahal.

Jenis kucing persia

Kucing persia adalah salah satu ras kucing yang paling tua yang pernah di ketahui oleh manusia. Kucing Persia sangat populer di indonesia karena kucing ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta hewan terutama pecinta kucing.

Berikut beberapa jenis kucing persia yang populer dan biasa di pelihara di kalangan masyarakat indonesia :

Kucing Persia Medium

gambar-kucing-persia-medium

Sesuai namanya “medium” kucing persia medium, memiliki bentuk tubuh yang sedang-sedang saja, tidak terlalu mencolok dibanding jenis kucing persia lainnya. seperti bentuk hidung yang tidak terlalu panjang dan bulu yang tidak terlalu panjang. Kucing persia jenis medium ini banyak digemari pecinta kucing yang menyukai wajah oriental, jadi wajah kucing “normal” masih terlihat di jenis kucing persia medium ini. Termasuk saya hehe, saya lebih suka nih saa kucing persia model ini 😀

kucing-persia-medium

Kucing Persia Himalayan

gambar-kucing-persia-himalaya

Kucing Persia Himalayan adalah jenis kucing persia yang paling menonjol diantara yang lainnya, akan sangat mudah membedakan kucing Persia Himalayan dengan kucing persia lainnya, bahkan bagi orang awampun akan langsung tau itu jenis kucing persia himalayan. Kucing Persia Himalayan mempunyai kaki-kaki, telinga, dan wajah yang berwarna hitam, dan seluruh badannya berwarna putih dengan warna mata biru (biasanya).

kucing-persia-himalaya

Kucing Persia Flatnose

gambar-kucing-persia-flatnose

Sesuai dengan namanya flatnose yaitu pesek, maka jenis kucing persia flatnose memiliki hidung yang unik hehe yaitu pesek, Kucing Persia Flatnose memiliki hidung yang lebih pendek dibanding kucing persia lainnya. Kucing jenis ini memiliki bentuk tubuh yang cukup gemuk dan wajah yang bulat dan pipi yang tembem.

kucing-persia-flatnose

Kucing Persia Peaknose

gambar-kucing-persia-peaknose

Sekilas kucing persia flatnose dan kucing persia peaknose hampir mirip tetapi jika kita perhatikan lebih detail lagi maka Kucing Persia Peaknose merupakan kucing persia yang lebih pesek dan lebih gembul dibanding kucing persia flatnose. Kucing ini paling banyak digemari oleh pecinta kucing di indonesia. Bahkan sering diadakan kontes kucing persia peaknose antar sesama pecinta kucing di indonesia.

kucing-persia-peaknose

Pakan Kucing Persia

Harga kucing persia relatif lebih mahal dari kucing lainnya. Mungkin karena peminatnya yang banyak dan produksi dari peternak kurang kali yah. Tetapi walaupun harga kucing persia relatif mahal, kucing ini termasuk sangat populer di Indonesia sehingga untuk mencari dan menemukan makanannya tidak terlalu sulit, bahkan mudah, hampir disetiap toko hewan menyediakannya. Makanan yang bagus untuk kucing persia adalah makanan yang mengandung gizi dan vitamin untuk menjaga bulunya, karena kucing ras seperti kucing persia ini sangat rentan sekali akan kerontokan bulu. Kucing yang rontok bulunya perlu dijaga nutrisi makananya. Makanan kucing persia kebanyakan adalah makanan yang kering, karena makanan kering untuk kucing memudahkan bagi pemilik agar tidak cepat kotor. Tetapi ada juga toko hewan yang menyediakan makanan basah untuk kucing.

Kucing persia memerlukan makanan dengan kandungan protein minimal 25%, jadi sebelu membeli makanan untuk kucing persia perhatikan kandungan protein pada kemasan makanan yang akan dibeli. Cobalah untuk mengganti atau selang-seling makanan antara makanan basah dan kering, pemberian variasi ini untuk memenuhi kebutuhan kucing dan agar kucing tidak bosan dengan makanannya. Kucing persia dan kucing lainnya juga perlu sedikit serat untuk pencernaannya, pemberian tanaman untuk kucing perlu dilakukan, terutaa tanaman yang disukai kucing. Saya menyarankan untuk pemberian akar anting anting untuk kucing. Baca : Manfaat akar anting anting untuk kucing.

Nah saya rasa pembahasan makanan untuk kucing persia sudah cukup.

Cara memelihara Kucing Persia

Cara memelihara kucing persia tidaklah terlalu sulit dan tidak terlalu mudah hehe tergantung bagaimana kita menyikapinya, biasanya cat lovers yang sudah tergila-gila sama kucing yang satu ini tidak ada masalah dalam merawat kucingnya, karena yang ada hanya kesenangan saja. Kucing Persia dengan bulu yang indah rupa yang unik dan sifat yang menggemaskan memang ideal dijadikan hewan peliharaan dirumah. Nah tidak suka kan kalo kucing persia-nya menjadi rontok dan kurang terawat? Oke kucing yang satu ini memang butuh perawatan yang sedikit extra dibanding kucing lainnya, karena memang rentan terkena penyakit dan kerontokan. Namun jangan khawatir, perawatan extra tidak berarti sulit atau mahal.

Nah cat lovers berikut ada beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai panduan dasar untuk merawat kucing Persia kesayangan anda dirumah :

1. Sisir dan sikat bulu kucing persia setiap hari. Kucing persia tidak seperti kucing kampung atau kucing lainnya, kucing persia mempunyai kekurangan dalam memelihara dirinya sendiri. Ini bertujuan agar kucing kita terrawat dan agar bulu menjadi halus dan rapi. Sisir yang digunakan lebih baik dari logam agar bulu mudah disisir dan tidak menempel di sisir. Hati hati yah saat menyisir kucing ini, jangan sampai ada bulu yang dipaksa atau tertarik sampai melukai kulitnya.

2. Sebagai perawatan tambahan, bersihkan dan seka-seka bulu kucing Persia dengan tisu bayi setiap hari. Produk bayi sangat bagus digunakan selain akan membuat bulu kucing berbau harum, juga tidak akan menyebabkan alergi karena formula tisu bayi yang lembut.

3. Bersihkan saluran air mata. Banyak kucing Persia memiliki masalah dengan saluran air mata. Jika kucing memiliki masalah dengan saluran air mata maka kucing sering mengluarkan air mata dan menimbulkan kotoran yang berlebih. Jika terjadi seperti ini gunakan tisu pembersih mata dan bersihkan juga bagian hidung bisa dengan menggunakan cutton bud karena biasanya hidung akan ikut tersumbat jika banyak cairan yang keluar, apalagi persia jenis flatnose dan peaknose.

5. Beri makan kucing Persia dengan makanan yang dikhususkan atau cocok untuk jenis kucing ini yang banyak tersedia d toko hewan. Untuk makanan diatas sudah dibahas.

6. Pastikan kucing persia anda aktif bermain. Berikan mainan bagi kucing persia, setiap kucing memiliki mainan kesukaannya sendiri. Pastikan juga anda memiliki waktu untuk bermain dengan kucing anda atau hanya sekedar mebelainya.

7. Kucing Persia adalah jenis kucing apik atau suka pilih-pilih. Tempat pembuangan kotoran mereka harus dibersihkan setiap hari. Mereka menyukai tinggal di tempat yang bersih dan nyaman.

8. Jemur kucing persia anda agar bulu bebas dari jaur dan pastinya menambah kesehatan kucing. Matahari pagi sekitar ja 8-10 bagus untuk menjmur kucing. Berjemur bisa membantu menjaga kesehatan mereka.

9. Rawat dengan baik, berilah perhatian dan kasih sayang yang cukup. Jika anda memelihara binatang peliharaan berarti anda sudah berkomitmen untuk menjaga mereka, mencukupi kebutuhan mereka dan tentunya bisa menikmati keindahan mereka.

Yup diatas adalah sedikit tips dan trik untuk meelihara kucing persia. Nah jika ada masukan dari cat lovers komen dibawah yah.

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.