Mengobati Kucing Panas Demam Tanpa Dokter Hewan

2
90072
Foto dari https://www.facebook.com/yuut.nyuut

Mengobati Kucing Demam – Mengobati kucing sakit panas atau demam. Dalam memelihara kucing terkadang kita menemui beberapa masalah terkait kesehatan kucing. Salah satunya yaitu kucing mengalami panas atau demam. Gejala demam pada kucing disebut juga pyrexia. Suhu tubuh normal pada kucing biasanya 37-39 derajat. Kucing yang mengalami panas demam biasanya diakibatkan karena tubuh sedang melawan penyakit. Solusi terbaik untuk kucing yang sedang mengalami demam yaitu dibawa ke dokter hewan tetapi terkadang beberapa pemelihara terhadang beberapa kendala, termasuk saya pribadi jadi tidak bisa menemui dokter secara cepat, oleh karenanya kita sebagai pemelihara sebaiknya bersiap-siap untuk mengobati kucing yang sedang demam terlebih jika jauh dari dokter hewan.

Oke kita kembali lagi pada pembahasan pengobatan kucing demam. Sebagian besar ada dua penyebab peningkatan suhu tubuh pada kucing yang pertama telah disebutkan di atas yaitu pyrexia dan hipertermia. Pyrexia pada kucing disebabkan karena tubuh kucing secara alami sedang bekerja keras melawan penyakit, semakin keras kerja tubuh semakin panas badannya. Tetapi jika kucing mengalami panas yang terlalu lama ini akan merugikan bagi tubuhnya dan mengakibatkan beberapa kerusakan organ, termasuk kerusakan otak. Hipertermia lebih disebabkan karena paparan suhu panas yang terlalu berlebihan.

Penyakit kucing yang biasanya mengakibatkan panas tubuh meningkat yaitu infeksi (baik itu dari bakteri, virus, atau jamur) peradangan, kekebalan tubuh yang menurun, kanker, obat-obatan, vitamin dan lainnya. jadi sebelum mengobati kucing panas demam terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebab dari sakit kucing tersebut sekaligus menurunkan suhu tubuh kucing dan mengobati sakit.

kucing-sakit-panas-demam
Foto dari https://www.facebook.com/yuut.nyuut

Mengobati kucing panas demam

Berikut ini upaya yang dapat dilakukan untuk mendinginkan suhu tubuh kucing. Lebih tepatnya ini perawatan bukan mengobati kucing panas hehehe, yang penting sih sembuh ya.

1. Dinginkan secara alami. Cara ini seharusnya menjadi cara yang pertama dilakukan jika kucing yang panas demam tidak terlalu parah. Cara ini yaitu dengan membantu mendinginkan suhu tubuh kucing dengan melakukan beberapa tindakan sederhana yaitu meletakkan kucing di lantai atau di ruangan yang dingin atau kucing bisa di kipas dengan angin yang tidak terlalu kencang, ruang ber ac juga bisa, Lalu berikan air yang cukup. Jika daya tahan tubuhnya kuat maka kucing akan sembuh dengan sendirinya.

2. Berikan juga suplemen energi atau vitamin B pada kucing yang sedang mengalami demam agar kucing lebih nafsu makan. Biasanya kucing yang demam akan berkurang nafsu makannya. Tentu ini akan membuat kondisi kucing semakin parah. Jika kucing tidak mau makan kita bisa menyuapinya dengan alat atau lainnya. Karena pada saat kondisi melemah kucing memerlukan asupan nutrisi yang lebih banyak. Suplemen tambahan bisa dengan memberikan Nutri-Plus Gel, berikan selama 5 hari dengan dosis 5 ml. Selain itu bisa diberikan Vitamin B komplek (katanya Coforta bagus) pemberian dosisnya sekitar 0.5 ml / kilo berat badan kucing.

3. Berikan obat pada kucing demam. Untuk obat saya tidak berani memberi aturan silahkan hubungi dokter atau teman yang sudah memakai obat kucing.

mengobati-kucing-panas
Foto dari https://www.facebook.com/yuut.nyuut

Penting sekali dalam kondisi seperti ini kucing wajib makan. Usahakan ada makanan masuk pada tubuhnya, jangan lupa juga berikan air minum yang cukup. Istirahatkan kucing yang sedang demam, pijit-pijit kucing agar membantu peredaran darah dan mempercepat proses penyembuhan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.