Cara Ternak Lovebird Koloni untuk Pemula Mudah dan Efektif

3
94683
ternak lovebird koloni
Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100008471476159

Ternak Lovebird Koloni – Burung lovebird adalah salah satu burung kicau sekaligus burung hias yang banyak dipelihara oleh para Kicau Mania di Indonesia. Akhir-akhir ini burung lovebird sedang naik daun, hampir di seluruh Indonesia burung ini banyak peminatnya sehingga banyak perlombaan yang diadakan untuk kelas lovebird ini.

Dengan banyaknya peminat para kicau mania semua berlomba-lomba untuk menghasilkan lovebird yang berkelas ya minimal bisa bersaing di kanca perlombaan atau suara kicaunya dan warnanya bisa dinikmati untuk sehari-hari di rumah.

Nah bagi para master semua mungkin tidak ada kendala yang berarti untuk memulai beternak lovebird, tetapi bagi para pemula atau yang baru terjun memelihara burung lovebird mungkin akan kesulitan karena belum mengetahui cara berternak lovebird yang baik atau bisa jadi sudah mengikuti cara yang ada tetapi belum berhasil dalam berternak lovebird.

Oke secara singkat untuk berternak lovebird atau mengawinkan lovebird dimulai dengan memilih indukan betina dan jantan baca : cara membedakan lovebird jantan dan betina. Indukan ini dipilih berdasarkan kualitasnya, untuk kualitas saya serahkan pada teman-teman semua mau menilai dengan lovebird yang seperti apa, bebas yah karena kalo dijelaskan nanti keluar dari bahasan hehehe.

Tahap kedua yaitu mulai menjodohkan lovebird jantan dan betina dengan cara di rendengkan atau saling melihat satu sama lain. Jika gerak-geriknya sudah akrab dan terlihat cocok baru bisa disatukan dalam satu kandang. Tetapi kesulitan dalam tahap ini yaitu burung lovebird terkadang sering pilih-pilih pasangan, jadi kalau dia merasa kurang cocok maka lovebird ini tidak akan berjodoh dan tidak akan kawin walau disatukan dalam waktu yang lama, tentu ini akan membuang waktu kita

Nah biasanya Kegagalan dalam beternak lovebird ada di tahap ini ada karena memang cukup sulit untuk menemukan jodoh lovebird yang tepat karena sifat alaminya yang pilih-pilih pasangan. Lovebird sudah dijodohkan dalam waktu yang lama tetapi tidak mau kawin bahkan seperti yang cuek atau cuman saling menggaruk kepala tetapi tidak kunjung kawin.

Oke dari seringnya masalah menjodohkan lovebird di atas cara mudah untuk beternak lovebird dan tidak bikin pusing yaitu dengan menggunakan sistem koloni. Ternak lovebird koloni menurut saya memang efektif karena anakan yang dihasilkan lebih banyak dan kita tidak pusing memilih jodoh untuk lovebird. Selain itu biasanya lovebird yang sedang membuat sarang akan diikuti oleh lovebird lainnya, ya semacam ngiri gitu hehehe. Oke kita bahas cara beternak lovebird koloni.

Cara Ternak Lovebird Koloni

Baca juga : cara ternak lovebird

Oke langkah pertama adalah kita persiapkan kandang lovebird yang cukup untuk beberapa pasang lovebird. Untuk kandang sendiri bebas menurut saya asalkan kira-kira cukup saja tetapi memang lebih bagus jika gerak-gerik Lovebird bisa bebas. Sediakan kandang yang agak besar. Sediakan juga glodok atau sarang lovebird sesuai jumlah pasangannya (atau lebih juga tidak masalah asal jangan kurang).

Kedua siapkan beberapa pasang lovebird yang sudah cukup umur, silahkan dipilih menurut kualitasnya masing-masing. Untuk hasil yang lebih bagus saya sarankan untuk menggunakan lima pasang lovebird dalam satu kandang, tetapi jika terlalu banyak bisa juga menggunakan tiga pasang lovebird. Masukkan lovebird yang sudah berpasangan ataupun yang belum berpasangan, cukup satukan saja nanti dengan sendirinya lovebird akan menemukan jodohnya masing-masing.

ternak-lovebird-koloni
Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100008471476159

Yang ketiga yaitu perawatannya, rutin bersihkan kandang dan beri makan, berikan juga kangkung dan jagung muda sebagai tambahan asupan makanan.

Keempat kita tinggal menunggu saja lovebird berjodoh sendiri menghasilkan anakan yang di kita tunggu-tunggu. Enak bukan tidak pusing hanya memang kita perlu sedikit bersabar. Ya semuanya memang perlu proses ya, saya percaya kicau mania sih orangnya sabar-sabar.

Ternak lovebird dengan sistem koloni memang agak mahal di awal memulainya, tetapi insya allah hasil yang diberikan juga tidak sedikit. Jangan lupa istigfar dan berdoa karena segala sesuatu yang mengatur adalah allah subhanahuwataala assiikk. Oke selamat mencoba.

3 COMMENTS

  1. Alhamdulilah saya juga sudah berhasil dikolonikan. awal 3 pasang dan pertama sudah produksi anakan 2 ekor,,,dan produksi lagi 6 anakan…itu juga diloloh oleh induknya

  2. Memang benar di kandangKoloni, LB mnemukan psangan sendiri yg tinggalPanen klo udah slesai musim netasnya cumaa…. program “MIMPI” anakkan dgn warnaAneh/warna yg kita mau jadi brantakkan (misl ada 2pasang : psangan 1. paskun x pasbir =mimpinya anakan tino/pasput/mangsi tapi karena dikandangKoloni psangannya yg trpilih mlah dgn psangan 2. dakocan x dakocan =mimpinya anakan biru kpalaHitam/dakori. #edisiberantakkan 😀 😀 beHaHAhAha

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.