2 Cara Memilih Lovebird Balibu/Paud Berkualitas untuk Kontes

0
21827
memilih lovebird balibu
Foto : https://web.facebook.com/tedy.alexander.733

Memilih Lovebird Balibu – Pada awalnya kontes atau lomba kicau burung Lovebird hanya tersedia untuk lovebird dewasa. Yaitu lovebird yang umurnya sudah mencapai 6 sampai 8 bulanan. Tetapi karena minat para penghobi semakin besar dan juga kualitas burung lovebird yang memungkinkan sehingga dibuatlah nomor lomba baru untuk lovebird muda usia 3 sampai 4 bulan atau biasa disebut dengan lovebird balibu atau lovebird PAUD, terkadang juga ada pembagiannya lagi balibu pemula dan balibu lanjutan.

Pada lovebird balibu biasanya para pemain kicau mengandalkan kerajinan ngekeknya bukan dari panjang ngekeknya. Karena biasanya jika ngekeknya terlalu panjang lovebird balibu akan dianggap sudah dewasa dan didiskualifikasi.

Bermain lovebird balibu memang sangat mengasyikkan samping waktu yang tidak terlalu lama untuk menghasilkan jagoan baru atau melatih jagoan untuk dilombakan, bermain lovebird balibu juga bisa mengukur kualitas burung sejak dini sehingga jika lovebird yang mempunyai potensi akan terlihat dan bisa kita persiapkan saat dewasa nanti.

Tetapi tidak semudah itu untuk menghasilkan lovebird balibu/paud yang juara. Perlu dilakukan perawatan yang tepat (setingan lovebird balibu) dan pemilihan lovebird balibu yang tepat. Karena proses pelatihan lovebird balibu tergolong singkat hanya 1-3 bulan rata-rata kita mengandalkan karakter bawaan lovebird. Apakah lovebird tersebut berkarakter rajin ngekek, Fighter, rewel, atau tidak. Jadi pemilihan lovebird balibu untuk dijadikan kicau sangatlah penting.

memilih-lovebird-balibu
Foto : https://web.facebook.com/majalahkicau/

Untuk memilih lovebird balibu yang berkualitas saya menanyakan tipsnya pada teman yang sudah langganan juara disetiap event lomba. Dia memberikan 1 sampai 2 tips memilih lovebird yang bagus berkualitas. Berikut ini tips memilih lovebird balibu

Memilih Lovebird Balibu Berkualitas

  1. Kita harus tahu terlebih dahulu indukan lovebird balibu yang akan kita pilih pastikan indukan lovebird tersebut merupakan indukan yang berkualitas yang mempunyai karakter Fighter galak atau rewel. Karena faktor keturunan ini biasanya sangat mempengaruhi. Lebih bagus lagi jika indukan memang burung juara.
  2. Lihat karakternya, jika kita kurang jelas mengetahui indukan lovebird balibu yang akan kita pilih maka perhatikan karakter dari lovebird balibu tersebut, apakah berani, galak, atau penakut. Caranya dengan mendekatkan tangan kita di jeruji kandang, biasanya lovebird yang rewel atau galak akan menghampiri dan bahkan menggigit tangan kita. Tapi cara ini memang tidak sepenuhnya efektif karena ada beberapa lovebird yang memang belum jinak padahal mempunyai karakter Fighter yang bagus.

Satu hal lagi lovebird balibu yang biasa menjadi juara di arena lomba biasanya memiliki karakter Fighter dan mempunyai bunyi yang rapat. Selain memilih lovebird balibu baca juga cara seting lovebird balibu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.