Cara Menetaskan Lovebird dengan Mesin Penetas Telur

0
12081
menetaskan lovebird dengan mesin penetas
Foto : https://web.facebook.com/profile.php?id=100010958945937

Menetaskan Lovebird dengan Mesin Penetas – Menetaskan telur ayam dengan mesin penetas atau inkubator mungkin sudah biasa, mengingat ayam ini sudah bisa mandiri makan, berjalan dll setelah menetas. Nah gimana jadinya kalau kita menggunakan mesin penetas untuk lovebird?

Menetaskan lovebird dengan mesin penetas sangat bisa dilakukan. Menetaskan lovebird dengan inkubator mempunyai tingkat keberhasilan yang lumayan besar. Ini dikarenakan suhu yang stabil terjaga, telur tidak tergoncang, dan terhindar dari faktor-faktor lainnya jika dibandingkan dengan pengeraman indukan.

Tetapi untuk menetaskan lovebird dengan mesin penetas kita harus bersiap-siap dengan resiko yang kita terima. Mulai dari menjaga suhu mesin penetas tetap stabil, menjaga kelembaban dalam mesin, berkomitmen untuk meloloh secara tepat baca : meloloh lovebird 0 hari, mempunyai waktu luang dan lainnya.

Jika belum siap berkomitmen saya rasa lebih baik jangan dilakukan, lebih baik biarkan indukan melolohnya. Karena jika belum siap berkomitmen maka akan meningkatkan resiko kematian cindil lovebird tentunya.

cara-menetaskan-lovebird-dengan-mesin-penetas
Foto : https://web.facebook.com/profile.php?id=100010958945937

Nah jika sudah siap dengan komitmennya berikut ini cara menetaskan telur lovebird dengan mesin penetas.

Menetaskan Telur Lovebird Dengan Mesin Penetas

  1. Ambil telur dari lovebird. Mengambil telur dari lovebird ini ada beberapa tekniknya tergantung indukannya. Pertama bisa langsung diambil saat lovebird menetas dan ganti telur dengan telur palsu (dummy egg) agar lovebird tidak mencari. Kedua bisa menunggu terlebih dahulu sampai lovebird selesai bertelur dan ambil sekitar 3-5 hari setelah selesai bertelur, dihitung dari telur terakhir.
  2. Taruh telur pada mesin penetas (usahakan menggunakan mesin tetas otomatis). Jika tidak otomatis maka putar telur secara manual selama 3 jam sekali agar panas merata.
  3. Atur suhu penetasan dikisaran 37°-38° Celcius. Baiknya menggunakan yang otomatis agar tidak repot dan tepat.
  4. Jika telur sudah terlihat retak (hampir menetas) bisa dipindahkan ke inkubator.
  5. Jangan beri makan selama 5-6jam sampai anak lovebird berak hijau. Itu tandanya metabolisme lovebird sudah bekerja dan sudah siap menerima asupan makanan.
  6. Loloh dengan intensitas 4jam-5jam sekali. Baca : meloloh lovebird umur 0 hari

Nah tadi itu adalah cara menetaskan lovebird dengan mesin penetas telur layaknya menetaskan telur ayam. Tertarik mencobanya?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.