5 Penyebab Bulu Lovebird Kusut, Kusam dan Cara Mengatasinya

0
8710
mengatasi bulu lovebird kusut
Foto : https://web.facebook.com/habibi.lbf

Lovebird Bulu Kusut – Selain digunakan sebagai burung kicau lovebird juga populer sebagai burung warna. Justru mungkin hanya di Indonesia lovebird ini dijadikan lovebird kicau hehe. Pada dasarnya lovebird adalah burung hias yang fokus diwarna.

Karena lovebird adalah burung yang dinikmati keindahan bulu dan warnanya tentu saja semua orang ingin lovebird dengan tampilan yang mulus, rapi, dan warna yang cerah. Oleh karena itu beerapa penghobi biasa menggunakan beberapa ramuan atau shampo untuk mandi burungnya.

Tetapi dalam beberapa kasus terkadang kita mendapati beberapa burung dengan bulu yang kurang menarik. Biasanya warna bulu kusam, bentuk bulu kusut, dan terkadang terlihat kurang rapi karena terdapat jarak yang renggang antara bulu pada burung.

Oke mari kita bahas satu persatu penyebab bulu lovebird kusut dan cara mengatasinya.

Penyebab Bulu Lovebird Kusut dan Cara Mengatasinya

1. Lingkungan kurang bersih

Kebersihan lovebird tergantung pada lingkungan atau kandang yang ditempatinya. Terkadang jika kandangnya kotor atau lembab lovebird bisa dengan mudah terkena kotoran dan akhirnya membuat bulu lovebird kusut. Biasanya yang terkena dampaknya adalah pada bagian ekor dan ujung sayap. Perhatikan saja di ombyokan rata-rata pada kusam.

Tetapi tenang, jika kusam karena kotoran biasanya bisa dengan mudah dihilangkan. Caranya dengan rajin-rajin memandikan lovebird dan sesekali diberikan shampo burung atau pembersih khusus burung. Bisa juga dengan menggunakan shampo lidah buaya untuk lovebird, baca : Lidah buaya unuk burung

2. Burung akan mabung

Proses mabung adalah proses normal yang dialami oleh burung. Mabung ini biasanya berlangsung selama 1-2 kali dalam setahun. Tandanya bulu burung terlihat berjatuhan dan banyak bulu yang terlihat sudah kusam yang akan berganti.

Mabung sendiri tidak perlu ditakuti, hanya saja burung harus dirawat dengan baik dan diberikan asupan nutrisi lebih dari biasanya karena akan membantu pertumbuhan bulu burung. Tidak ada obat untuk menyelesaikan mabung dengan cepat, hanya mengoptimalkannya saja. Bisa dibaca disini untuk perawatan lovebird mabung

3. Makanan kurang bergizi

Kurangnya asupan nutrisi pada lovebird juga bisa mengakibatkan pertumbuhan bulu lovebird kurang maksimal. Salah satunya bisa menjadi kusam, kusut, pecah-pecah. Terutama asupan vitamin E dan B komplek.

Solusinya bisa diberikan asupan makanan yang bergisi, vitamin yang mencukupi. Tetapi hasilnya tidak langsung instan. Bisa beberapa bulan bahkan sampai menunggu burung mabung.

4. Masalah kutu

Masalah kutu pada lovebird sering kali terjadi. Biasanya ditandai dengan lovebird yang sering menggaruk atau menggigit bulu dan kulitnya. Solusinya dengan memberikan anti kutu atau shampo pada saat memandikan burung.

5. Dark Factor/Faktor Gelap

Wah apa tuh? Dark factor atau faktor gelap pada lovebird yang biasanya mengakibatkan warna bulu sedikit gelap, atau bahkan gelap. Dark faktor ini jika dalam porsi yang seimbang maka akan membuat burung yang cantik dan indah tetapi jika kebanyakan (double dark faktor) maka bisa membuat jarak dalam bulu semakin renggang atau seperti bercabang. Makanya terkadang ada burung betmen, mouve, pastel, darkgreen, olive atau warna lainnya yang sepertinya bulunya tidak rapi.

bulu-lovebird-bercabang
Foto : https://web.facebook.com/rhojaya

Tidak ada solusi karena ini masalah genetik yang sudah dari sananya begitu hehe. Jadi tinggal dinikmati saja. Jika untuk pajangan memang sedikit kurang menarik, tetapi jika untuk ternak tidak masalah asalkan pasangannya bukan dari dark factor lagi.

Nah demikianlah sedikit cara untuk mengatasi bulu lovebird kusut atau kusam. Jika punya metode lain silahkan tambahkan di komentar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.