Tangkringan Lovebird Terbaik Agar Tidak Turun

0
25814
jenis tangkrignan lovebird
Foto : https://web.facebook.com/PoetraJoyoGroup/

Tangkringan Lovebird – Dalam kelas kicau tentunya ada beberapa peraturan yang dipakai untuk mengatur jalannya lomba. Peraturan ini sebagai standar umum yang digunakan saat lomba.

Salah satunya yaitu tidak menghitung burung yang berkicau saat turun tangkringan.

Oleh karena itu para kicau mania semua perlu melakukan setingan terhadap tangkringan atau tenggeran agar nantinya burung bisa anteng berkicau di tenggeran.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tangkringan lovebird agar burng tidak turun kebawah kandang atau ngeruji terutama saat lomba.

Selain turun tangkringan masalah yang biasanya terjadi pada lovebird kicau yaitu lovebird ngeruji baca : mengatasi lovebird ngeruji

Tangkringan Khusus Lovebird

Dalam memilih tenggeran untuk lovebird ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Baca juga setingan lovebird balibu

tangkrignan-khusus-lovebird
Foto : https://web.facebook.com/PoetraJoyoGroup/

Bahan Tangkringan Lovebird

Ada beberapa bahan tangkringan LB yang sering dipakai, mulai dari tangkringan bawaan berbahan plastik ketika memebeli kandang, tangkringan dari kayu amplas, tangkringan cetak, tangkringan kayu asem dll.

Untuk bahan tangkringan sebaiknya kita melihat dari kebiasaan burung itu sendiri, atau dilihat burung kita suka tenggeran berbahan apa. Caranya ya dengan mencoba satu persatu dan lihat mana yang lebih anteng.

Diameter Tangkringan Lovebird

Diameter tangkringan sebaiknya tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar, pas saja. Ukuran tangkringan yang pas yaitu sedikit lebih besar dari genggaman kaki burung, jadi saat bertengger kaki burung LB tidak saling bertemu.

Posisi Tangkringan

Posisi tangkringan juga mempengaruhi anteng tidaknya burung ditangkringan terutama saat lomba nantinya. Posisi tangkringan yang standar biasanya nyilang antara tangkringan atas dan tangkringan bawah.

posisi-tangkringan-lovebird
Foto : https://web.facebook.com/ali.kenari

Tangkringan atas biasanya ditempatkan tangkringan yang paling disukai, sedangkan tangkringan bawah diberi tangkringan yang tidak disukai, tujuannya agar burung anteng di tangkringan atas.

Tapi jika burung anda rewel biasanya hanya tersedia tangkringan atas saja, bisa kedua tangkringan ditempatkan di atas menyilang seperti gambar di atas. Bisa juga hanya satu tangkringan. Sesuaikan dengan burung anda.

Nah dari hasil percobaan saya dan teman-teman, rata-rata tangkringan lovebird yang paling disukai oleh adalah tangkrignan dari kayu amplas (kayu + amplas) dan kayu asem.

Tapi bisa juga berbeda dengan burung yang lain, karena setiap burung punya karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu lakukanlah percobaan pada burung masing-masing dan lihat mana yang terbaik, selamat mencoba.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.