merpati pupur

Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

Macam-macam Warna Pada burung Merpati

In Merpati 219424 views

Merpati yang kita pelihara mempunyai banyak jenis dan macam warnanya, dibalik warna-warna tersebut ada penamaannya, dan nama di beberapa daerah mungkin berbeda, simak macam-macam warna burung merpati berikut.

Warna merpati terbentuk secara alami oleh pigmen-pigmen pada bulunya. Konon merpati yang sekarang ini adalah hasil dari persilangan yang panjang dari merpati karang yang hanya berwarna megan. Kemudian hasil persilangan sedarah mengakibatkan muncul warna-warna lainnya seperti tritis, kelabu da lainnya. Sumber tulisan ini saya lupa tetapi seingat saya seperti itu, jika teman punya referensinya bisa tolong infokan kepada kami.

Macam Warna Merpati

Warna Dasar Merpati

Warna dasar adalah warna yang sebagian besar terdapat pada merpati, warna peimer/utama ini bisa diikuti dengan warna sekunder di bawah. Berikut macam warna dasar burung merpati.

1. Megan

Megan adalah warna yang cukup umum pada merpati, megan adalah warna abu abu dengan strip hitam, biasanya strip hitamnya berjumlah dua strip, tetapi terkadang juga ada megan yang tiga strip hutamnya.

merpati-warna-megan-2-283x300

 

2. Tritis

Tritis adalah warna dasar abu-abu seperti megan, tetapi memiliki bintik dan strip hitam. bintiknya ini bermacam-macam, varian dari tritis adalah tritis batik, triris batu dll.

merpati-warna-tritis-300x225

3. Kelabu

Kelabu adalah warna yang cukup sering dijumpai, karena konon warna ini lebih mudah untuk dilatih, kelabu ada beberapa variannya, ada kelabu asap, kelabu monyet dll.

merpati-warna-kelabu-300x225

merpati-warna-kelabu-2-300x225

4. Blorok

Blorok adalah burung dengan warna yang tidak karuan, seperti cat di campur aduk dan letaknya tidak menentu / tidak rapi.

merpati-warna-blorok1-300x296

merpati-warna-blorok-240x300

5. Coklat/Gambir

Gambir atau ada juga yang menyebut coklat. Warna ini warna mrpati kesukaan saya hehe.

merpati-warna-Gambir-300x225

 

6. Blatong

Blantong blatong atau kaji biasanya ini sebutan dengan merpati yang memiliki warna bulu putih dikedua sayap dan memiiki kepala yang putih juga.

Baca Juga  Siklus Giring dan Bertelur Pada Burung Merpati

merpati-warna-blantong-225x300

Warna Sekunder Merpati

Jenis warna merpati yang ini adalah nama pelengkap atau tambahan untuk warna dasar pada merpati. Warna sekunder biasanya disebutkan di akhir warna primer. contoh megan slap, yaitu merpati berwarna megan yang mempunyai warna putih di kedua sayap.

1. Slap

Merpati yang memiliki warna putih di sayapnya.

merpati-warna-megan-slap-225x300

megan slap

 

merpati-warna-coklat-slap-225x300

coklat slap, sumber : kios rbf

 

2. Metris/Batik

Perhatikan warna bercak coklat pada sayap burung ini,  bercak coklat tersebut biasa disebut metris atau batik.

merpati-metris-300x225

3. Pupur

Pupur, dalam bahasa sunda atau jawa artinya bedak. merpati warna pupur yaitu merpati yang kepalanya memiliki warna yang lebih terang dari lehernya, seperti di bedak (pupur)

merpati-pupur-2-300x225

kelabu pupur. sumber : team bsz cirbon

 

merpati-pupur-300x225

megan pupur. sumber : team bsz cirbon

Warna ini biasanya disetiap daerah mempunyai nama yang berbeda-beda. Seharusnya memang ada pemberian standard warna secara nasional, agar tidak terjadi kekeliruan. Jika sobat mau menambahkan silahkan komen dibawah.

Artikel lainnya : nama merpati menurut warna, merpati, gambar Burung Merpati, gambar merpati, gambar burung dara, warna pasangan merpati, foto burung dara, warna merpati, merpati megan, foto burung merpati

Tags: #bulu #macam #Merpati #warna

Maksud dari Giringan A Giringan B Merpati Balap Koling Tinggi
Maksud dari Giringan A Giringan B Merpati Balap Koling Tinggi
Giringan A Giringan B Merpati – Pernahkah
Vitamin dan Suplemen Wajib Merpati Balap dan Tinggian Lomba
Vitamin dan Suplemen Wajib Merpati Balap dan Tinggian Lomba
Vitamin dan Suplemen Merpati Balap dan Tinggi
Makanan Burung Dara Merpati Balap dan Tinggi Lengkap
Makanan Burung Dara Merpati Balap dan Tinggi Lengkap
Makanan Burung Merpati – Makanan adalah salah
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati – Burung
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
Memilih Merpati Balap Berkualitas – Cara memilih
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara Bagus – Memilih burung
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Berternak Merpati – Dalam beternak merpati Apakah itu
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik – Selain warna merpati
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Kinerja Merpati Menurun – Barusan ada pesan masuk
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati – Kesempatan kali
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Merpati – Setelah sebelumnya
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Bagi Merpati – Menjaga kesehatan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Memelihara Kesehatan Merpati – Musim pancaroba yaitu
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap – Permainan
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Mengganti Pasangan Merpati – Sebagai penghobi merpati
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Merpati balap leonard – Bagi para pemain
Pola Pemberian Jamu pada Merpati
Pola Pemberian Jamu pada Merpati
Pemberian jamu merpati – Dunia adokan merpati
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut bulu ekor merpati – Dalam memelihara
Memperbaiki Bulu Merpati yang Kusut, Rusak dan Kusam
Memperbaiki Bulu Merpati yang Kusut, Rusak dan Kusam
Bulu merpati yang kusut – Semua pemain
Cara Membuat Grit (Asinan) Merpati
Cara Membuat Grit (Asinan) Merpati
Membuat grit (asinan) merpati – Grit atau
  1. Ibnu Siradz3 years ago

    Ma’af om
    klw merpati yg wrnanya item polos itu apa namanya….?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Item om 😀

      Reply
    • beno2 years ago

      Di tempat saya kalo yang item polos namanya mangsen

      Reply
  2. syhrizal3 years ago

    tapi dibandung majalaya (tempat saya)
    sering didebut “tritis gelap”

    Reply
  3. otong12123 years ago

    gue pengen yang warnaya kelabu
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw

    Reply
  4. abdul3 years ago

    Om .. Klau merpati warna kelabu asap pekat itu jodohnya yg cocok apa ya .. mksh om

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      cari yang mirip sama warna ibu/bapaknya.

      Reply
  5. abdul3 years ago

    Masalahnya ga thu warna ibu bpk nya om .. sama kelabu selap bagus giringnya .. stud bwah nya ok .. tp dri ketinggian mental trs .. sama tritis sering bekur2 .. Apa prlu di ganti om ..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      yaudah tinggal dijodohkan saja 😀

      Reply
  6. Ryan aldino3 years ago

    Omm .. kalau kta tmen merpati warna Kelabu, Tritis, Dan Coklat gambir .. itu sring menang lomba ??ap ngruh

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Kalo dilihat dari statistik iya mayoritas juara warna klabu, dan rata-rata warna diatas mudah dilatih. Klo menurut saya ngaruh, tapi tidak mutlak

      Reply
  7. dika3 years ago

    klo saya sih suka warna slap ama blangton

    Reply
  8. fazri3 years ago

    om numpang tanya kalo laki nya hitam cewe nya coklat/gambir cocok gk soal nya saya beli satuan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kalo lakinya suka sih ga masalah kok

      Reply
  9. rian3 years ago

    om mau nanya,kalo burung tritis emang pasti ga sih induk loloh nya tritis juga.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      ga pasti om, kadang megan kadang beda juga.

      Reply
  10. ocoh3 years ago

    Gan mau nanya burung² di atas yg pling bgus warnanya apa ya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      semua warna bagus mas.

      Reply
  11. febri3 years ago

    om kalo laki nya blorok cewek nya tritis ntar hasil keturunan anak nya warna apa ???

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      macam-macam om, ga pasti

      Reply
  12. dedin badak3 years ago

    cari lawan nih gbj…punya gwa megan slap

    Reply
  13. rozaq2 years ago

    punya puth cto gk mas

    Reply
  14. sorya aji2 years ago

    kalo jantannya kelabu.indukan putih meles itu anaknya warna apa om

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      ga bisa dipastiinlah om, bisa macem-macem

      Reply
  15. adam2 years ago

    bro kalau warna merah tua cocoknya dikawinin sama warna apa ya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      bebas bro yang penting mah dia seneng

      Reply
  16. Imam2 years ago

    Mas kalo tritis jodoh nya belorok bisang mas soal nya saya beli satuan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kalo suka sih bisa-bisa aja om

      Reply
  17. Ilham Maulana2 years ago

    Omm Kalau Capit UdangNya Bengkok Gimana Cara Ngembalikin Ke SemulaNya Om ??
    Mohon Segera Di Jawab….!!
    Makasih 😀

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      tergantung bengkoknya om, kalo masih piyik biasanya nanti keras lagi, kalo bengkok kecelakaan atau bekas patah agak susah

      Reply
  18. allif2 years ago

    Gan ane punya merpati kupu kupu 6 pasang,tapi kok gk ada yg giring ya?padahal udah beranak sampe banyak.Apa emang burung tipe itu gk bisa giring?mohon jawabannya mas

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      burung hias emgn ga bisa giring mas 😀

      Reply
  19. moh.sarmada2 years ago

    Om biar cpat nelor apa jamu’a om..?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kalo jamu cepat nelor ga ada um, tapi bisa dikasih vitamin E biar reproduksinya bagus

      Reply
  20. agung1 year ago

    Tritis saya jodohin sama tritis selap giring ny keket g

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      tergantung mas

      Reply
  21. adi1 year ago

    om ku mau nanya klo emaknya plankton bapaknya tritis kira kira anaknya warna apaya ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      ga tau mas, bisa beda2 keluarnya tapi paling ga jauh dari blantong

      Reply
  22. Aabbccc12 months ago

    Untuk jodohan betina cari warna bapak/ibu..kecuali telor ditetas pake babuan…samain aja sama warna babuan nya…

    Reply

Leave a reply "Macam-macam Warna Pada burung Merpati"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top
error: Content is protected !!