Macam-macam Warna Pada burung Merpati

42
223642
merpati pupur

Merpati yang kita pelihara mempunyai banyak jenis dan macam warnanya, dibalik warna-warna tersebut ada penamaannya, dan nama di beberapa daerah mungkin berbeda, simak macam-macam warna burung merpati berikut.

Warna merpati terbentuk secara alami oleh pigmen-pigmen pada bulunya. Konon merpati yang sekarang ini adalah hasil dari persilangan yang panjang dari merpati karang yang hanya berwarna megan. Kemudian hasil persilangan sedarah mengakibatkan muncul warna-warna lainnya seperti tritis, kelabu da lainnya. Sumber tulisan ini saya lupa tetapi seingat saya seperti itu, jika teman punya referensinya bisa tolong infokan kepada kami.

Macam Warna Merpati

Warna Dasar Merpati

Warna dasar adalah warna yang sebagian besar terdapat pada merpati, warna peimer/utama ini bisa diikuti dengan warna sekunder di bawah. Berikut macam warna dasar burung merpati.

1. Megan

Megan adalah warna yang cukup umum pada merpati, megan adalah warna abu abu dengan strip hitam, biasanya strip hitamnya berjumlah dua strip, tetapi terkadang juga ada megan yang tiga strip hutamnya.

merpati-warna-megan-2-283x300

 

2. Tritis

Tritis adalah warna dasar abu-abu seperti megan, tetapi memiliki bintik dan strip hitam. bintiknya ini bermacam-macam, varian dari tritis adalah tritis batik, triris batu dll.

merpati-warna-tritis-300x225

3. Kelabu

Kelabu adalah warna yang cukup sering dijumpai, karena konon warna ini lebih mudah untuk dilatih, kelabu ada beberapa variannya, ada kelabu asap, kelabu monyet dll.

merpati-warna-kelabu-300x225

merpati-warna-kelabu-2-300x225

4. Blorok

Blorok adalah burung dengan warna yang tidak karuan, seperti cat di campur aduk dan letaknya tidak menentu / tidak rapi.

merpati-warna-blorok1-300x296

merpati-warna-blorok-240x300

5. Coklat/Gambir

Gambir atau ada juga yang menyebut coklat. Warna ini warna mrpati kesukaan saya hehe.

merpati-warna-Gambir-300x225

 

6. Blatong

Blantong blatong atau kaji biasanya ini sebutan dengan merpati yang memiliki warna bulu putih dikedua sayap dan memiiki kepala yang putih juga.

merpati-warna-blantong-225x300

Warna Sekunder Merpati

Jenis warna merpati yang ini adalah nama pelengkap atau tambahan untuk warna dasar pada merpati. Warna sekunder biasanya disebutkan di akhir warna primer. contoh megan slap, yaitu merpati berwarna megan yang mempunyai warna putih di kedua sayap.

1. Slap

Merpati yang memiliki warna putih di sayapnya.

merpati-warna-megan-slap-225x300

megan slap

 

merpati-warna-coklat-slap-225x300

coklat slap, sumber : kios rbf

 

2. Metris/Batik

Perhatikan warna bercak coklat pada sayap burung ini,  bercak coklat tersebut biasa disebut metris atau batik.

merpati-metris-300x225

3. Pupur

Pupur, dalam bahasa sunda atau jawa artinya bedak. merpati warna pupur yaitu merpati yang kepalanya memiliki warna yang lebih terang dari lehernya, seperti di bedak (pupur)

merpati-pupur-2-300x225

kelabu pupur. sumber : team bsz cirbon

 

merpati-pupur-300x225

megan pupur. sumber : team bsz cirbon

Warna ini biasanya disetiap daerah mempunyai nama yang berbeda-beda. Seharusnya memang ada pemberian standard warna secara nasional, agar tidak terjadi kekeliruan. Jika sobat mau menambahkan silahkan komen dibawah.

42 COMMENTS

  1. Masalahnya ga thu warna ibu bpk nya om .. sama kelabu selap bagus giringnya .. stud bwah nya ok .. tp dri ketinggian mental trs .. sama tritis sering bekur2 .. Apa prlu di ganti om ..

    • Kalo dilihat dari statistik iya mayoritas juara warna klabu, dan rata-rata warna diatas mudah dilatih. Klo menurut saya ngaruh, tapi tidak mutlak

    • tergantung bengkoknya om, kalo masih piyik biasanya nanti keras lagi, kalo bengkok kecelakaan atau bekas patah agak susah

  2. Gan ane punya merpati kupu kupu 6 pasang,tapi kok gk ada yg giring ya?padahal udah beranak sampe banyak.Apa emang burung tipe itu gk bisa giring?mohon jawabannya mas

  3. saya pernah lihat punya adek, warnanya putih tapi ada strip coklat (agak pudar) disayap, mirip megan gitu..
    itu warna apa namanya om?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.