Manfaat Pur 594, 591, 511, 521, Pur Babi Untuk Merpati

Manfaat Pur Untuk Merpati – Burung merpati selain diberikan jagung sebagai makanan pokok ternyata bisa juga diberikan makanan alternatif untuk pengganti makanan pokok atau sebagai makanan tambahan. Baik berupa biji-bijian ataupun makanan jadi seperti voer ayam. (baca : makanan merpati selain jagung)

Pemberian pur ayam untuk merpati sifatnya opsional atau terserah pemilik burung memakai atau tidak tergantung settingan dari masing-masing penghobi. yang terpenting tahu manfaat dan resiko memberikan pur pada burungnya.

Mengingat banyak sekali tipe atau kode pur ayam yang tersedia di pasaran. setiap kode pur mempunyai karakteristik masing-masing dan efek yang berbeda saat kita berikan pada merpati kita.

Seperti 591, 592, 593, 594, 511, 512, AD1, AD2, pur babi (551, 552, T-51, T-52), konsentrat dan sebagainya. Setiap pabrik mempunyai kode yang berbeda untuk setiap produknya. tetapi biasanya menggunakan akhiran angka 1 sampai 4.

Angka 1 biasanya mewakili kode pakan untuk starter atau anakan, semakin besar kodenya maka dimaksudkan untuk hewan yang lebih dewasa. tetapi jika pur nya diberikan untuk burung merpati kita harus menyesuaikan kandungannya bukan kodenya.

Fungsi Pur Untuk Merpati

Pur 591, 592, 593, 594

Pur dengan merek hi-pro-vite produksi dari Charoen Pokphand adalah pur untuk ayam dengan kode produksi 591, 592, 593, 594 tetapi yang umum di pasaran dan mudah ditemukan adalah pur 591 dan 594.

manfaat-pur-594-untuk-merpati-630x380
manfaat pur 594 untuk merpati

Pur ini di khususkan untuk pakan ayam aduan adu ayam bangkok yang mana kandungan protein,lemak, dan kalsiumnya disetting sedemikian rupa untuk pertumbuhan otot dan tulang. Manfaat Pur ini untuk merpati yaitu untuk asupan tambahan protein, lemak, dan kalsium sehingga bermanfaat untuk membentuk tulang dan otot agar lebih tebal.

Untuk 591 dan 592 lebih bagus lagi diberikan pada indukan merpati yang sedang meloloh piyik. Karena pada pur ini terdapat kandungan asam amino yang bisa memicu piyik agar tumbuh lebih cepat.

Untuk 593 594 bisa diberikan pada burung dewasa agar tulangan dan daging jadi padat. Walaupun 593 dan 594 bisa diberikan pada burung yang sedang meloloh tapi dari pengalaman pribadi ini 591 dan 592 lebih bagus.

Pur 511, 512

Pur kode 511 dan 512 merk bravo hi-pro-vite juga merupakan produksi Charoen Pokphand yang mana dikhususkan untuk pakan ayam pedaging. Sehingga kandungan protein dan lemaknya lebih tinggi dibandingkan dengan 591-594.

manfaat-pur-511-untuk-merpati-630x380
manfaat pur 511 untuk merpati

Jika diberikan pada merpati pur ini bermanfaat untuk menambah bobot berat badan agar merpati lebih cepat gemuk. Terutama untuk piyikan yang sedang diloloh dan merpati yang sedang menaikan bobot karena kurus pasca sakit.

Tetapi pur dengan kode 511 dan 512 kurang cocok untuk burung dewasa apalagi merpati player, karena akan membuat malas terbang.

Pur AD1, AD2

Pur ini adalah produksi dari Comfeed yang mana dikhususkan untuk pakan ayam bangkok. Fungsi pur AD1 mirip dengan 591, 592 dan AD2 itu mirip dengan 593, 594 hanya berda produksi pabriknya.

manfaat-pur-AD-II-untuk-merpati-630x380
manfaat pur AD II untuk merpati

Pur Babi 551, 552

Pur ini produksi dari Charoen Pokphand yang dikhususkan untuk pakan babi. Pur ini sangat cepat untuk menaikan bobot badan pada babi atau ayam juga pada merpati. Tetapi untuk merpati sendiri ada komposisi yang kurang cocok dari pur babi ini, yaitu tepung tulang/tepung ikan.

Yaitu berupa protein hewani yang akan sulit dan berat untuk dicerna merpati yang merupakan herbivora/pemakan biji. Memang kurang cocok untuk burung yang dimainkan karena gemuknya merupakan gemuk yang berat atau gemuk air yang kandungan lemak di ototnya terlalu banyak sehingga burung akan malas untuk terbang.

Tetapi jika digunakan untuk meloloh piyikan pada usia 1 sampai 7 hari mungkin sah-sah aja.

Resiko Memberikan Pur Pada Merpati

Pemberian Pur pada merpati memang sangat bermanfaat terutama untuk mempercepat pertumbuhan otot maupun tulang tetapi jika pemberian Pur pada merpati diberikan secara terus menerus dan dijadikan sebagai makanan pokok maka akan menimbulkan kerugian atau resiko pada merpati tersebut.

Beberapa resiko yang bisa timbul diantaranya :

Badan Besar Tapi Kurang Cerdas

Jika diberikan terus-menerus atau dijadikan makanan pokok pada burung merpati maka akan menimbulkan burung yang kurang cerdas.

Hal ini sudah dites oleh salah satu senior merpati pos yang melakukan tester terhadap 10 merpati makan yang diberi makan full pur dan 10 bijian campur. Dari indukan yang sama, dilatih dengan cara yang sama, tetapi saat jarak terbangan di atas 100 km burung yang diberi makan voer secara full semua hilang alias kecerdasannya menurun.

Mungkin untuk burung kolongan dan burung balap tidak akan terlalu terlihat drastis penurunan kecerdasannya karena jarak yang masih pendek, tetapi untuk mencetak player yang handal tentu saja harus memperhatikan resiko ini.

Badan Besar Malas Terbang

Selain kecerdasan yang menurun biasanya burung yang diberi makan full dengan menggunakan pur akan mengakibatkan burung obesitas atau kegemukan sehingga burung akan malas untuk terbang.

Jika digunakan untuk burung potong mungkin sah saja, tetapi jika digunakan untuk burung player maka tidak direkomendasikan.

Rekomendasi Pemberian Pur Pada Merpati

Pemberian Pur pada merpati memang sangat bermanfaat tapi pemberian yang berlebihan akan merugikan merpati itu sendiri. Berikut ini rekomendasi dari hewan peliharaan untuk menggunakan pur sebagai pakan merpati.

1. berikan pada burung merpati yang sedang meloloh anakan sebanyak 10-30% saja sampai merpati Mandiri.

2. berikan pada burung merpati kurus pasca sakit agar mempercepat naiknya bobot sampai merpati mencapai bobot ideal.

3. berikan pur dengan dicampur bijian seperti gabah, jagung, atau beras merah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.