Mengawinkan Burung Merpati Sedarah Apakah Bagus?

0
1030
mengawinkan merpati sedarah
Gambar Merpati Balap Sedarah

Mengawinkan Merpati Sedarah – Ada beberapa teman yang bertanya pada saya, apakah mengawinkan burung merpati sedarah itu bagus? Ada juga yang bilang ga bagus dan giringnya kurang nantinya.

Oke untuk menjelaskan bagus tidak bagus sebenarnya kita harus melihat dulu dari berbagai sisi , jangan hanya dari satu sisi saja.

Pertama kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan “sedarah”. Yang dimaksud dengan merpati sedarah adalah merpati tersebut punya hubungan darah yang dekat.

Misal indukan-anak, saudara kakak-adik, paman-ponakan, kakek-cucu dst. Nah itu yang dinamakan sedarah (hubungan darah dekat).

Lalu apakah bagus mengawinkan merpati sedarah? Secara manusia dilarang kawin dengan sedarah.

apakah-bagus-mengawinkan-merpati-sedarah-630x380
Gambar Merpati Balap Sedarah

Kalo manusia memang dilarang, karena nanti ga jelas nasabnya. Nah kalo ini hewan jadi sah-sah saja hehehe, oke kita bahas dibawah.

Mengawinkan Merpati Sedarah?

Mengawinkan merpati sedarah jika tujuannya untuk mencetak player (merpati yang dimainkan) tentu hasilnya buruk dan kurang baik.

Tetapi mengawinkan merpati sedarah jika tujuannya untuk mencetak calon indukan itu bagus, dengan catatan benar dalam seleksinya.

Nah jadi bagus atau tidaknya itu tergantung tujuannya. Kenapa demikian? Baik saya jelaskan sedikit gambaran.

Mengawinkan merpati sedarah mempunyai tujuan untuk memperkuat sifat unggul pada merpati tersebut, misal tembak keras, badan lentur, otot tebal dll secara genetik.

Artinya secara genetik merpati yang dihasilkan dari perkawinan sedarah (inbreed) mempunyai genetik yang kental.

Sehingga jika dikawinkan dengan merpati lain (diluar darahnya) maka akan memunculkan sifat unggulnya tersebut. Sehingga baik untuk dijadikan indukan.

Tetapi dalam perkawainan inbreed mempunyai efek samping atau biasanya disebut Inbreeding depression.

Efek samping yang bisa timbul yaitu cacat fisik, cacat mental, fisik kecil, karakter terbang jelek, fisik kurang kuat, dll (setiap burung berbeda-beda).

Oleh karenanya anakan merpati hasil inbreed kurang baik jika dijadikan sebagai burung merpati player yang akan dilombakan.

Nah kira-kira seperti itu penjelasan mengenai perkawinan sedarah pada merpati. Baca juga : metode ternak merpati

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.