cara ternak parkit

Cara Ternak Burung Parkit Agar Cepat Produksi

Ternak Burung Parkit – Berternak burung parkit tidak begitu sulit untuk dilakukan, tetapi sebelum beternak tentu kita harus mengetahui seluk beluk per-parkitan terlebih dahulu agar proses beternak parkit menjadi lancar dan parkit bisa cepat berproduksi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum beternak parkit, mulai dari setingan kandang, pemilihan indukan, dan penjodohan. Pemilihan dan pengaturan yang tepat bisa membuat parkit nyaman dan cepat bertelur. Cara ini secara umum berlaku untuk semua jenis parkit baik itu parkit australia, holland, albino, atau parkit lokal.

Tahap pertama kita mulai dari setingan kandang. Kandang yang baik untuk ternak parkit tentu saja kandang dengan ukuran yang besar seperti kandang aviary gitu modelannya. Tetapi tenang saja parkit bukan burung yang rewel, dia bisa kok diternak di kandang besi yang ukuran normal 60x40x40 yang banyak tersedia di pasar, tapi tentunya jumlah parkit dalam kandang akan berkurang. Didalam kandang sediakan glodok ukuran 15x15x25 (glodok ukuran normal kok). Sediakan glodok sesuai jumlah parkit betinanya, dilebihkan lebih baik biar pada milih sendiri. Kandang lebih baik terbuka atau semi terbuka, sirkulasi udara baik dan terkena cahaya (tidak gelap terus).

Untuk kandang besar parkit yang diternak bisa dengan sistem poligami atau sistem koloni. Ternak parkit dengan sistem poligami yaitu satu jantan dan beberapa betina, misal 1 jantan 3 betina dan seterusnya, tapi jangan banyak-banyak juga ya betinanya baiknya untuk 1 jantan beri maksimal 5 betina saja. Atau dengan sistem koloni yaitu dengan mencampur beberapa parkit jantan dan beberapa parkit betina agar mereka memilih pasangannya masing-masing. Jika ukuran kandang kecil maka cukup tempatkan sepasang parkit saja.

cara-berternak-parkit
Foto dari https://www.facebook.com/AjiBounce

Pemilihan indukan parkit perhatikan umurnya, parkit yang sudah bisa jodoh mulai umur 4 bulan. Tapi untuk mempercepat proses kita sebaiknya memilih parkit yang sudah mapan yaitu yang usianya sekitar 8 bulan, karena yang 4 bulan biasanya masih malu-malu untuk jodoh. Soal warna itu selera masing-masing ya barang kali keluar mutasi warna parkit yang bagus, mau disilang antara jenis parkit juga bisa selama parkitnya mau hehehe. Cara menjodohkan parkit juga tidak sulit, cukup menyatukan di kandang bersama, jika cocok biasanya parkit akan mendekat dan lama-kelamaan akan kawin dan produksi.

Cara Beternak Parkit

Jika kandang sudah siap, indukan sudah dipilih selanjutknya kita siap untuk beternak parkit. Beternak parkit sangat mudah sekali, cukup satukan parkit di kandang terbuka, beri glodok, cukupi segala kebutuhannya, dan sabar, dengan sendirinya parkit akan kawin dan bertelur, berikut ini langkah-langkah ternak parkit.

  1. Taruh parkit jantan dan betina dalam kandang. Bebas mau sistem koloni, poligami, atau sepasang saja yang penting sehat (baca bahasan diatas).
  2. Usia parkit harus mapan minimal 8 bulan keatas
  3. Kandang ukuran minimal 40X40X60, taruh di tempat aman, tenang, sirkulasi udara baik, dan tidak gelap.
  4. Beri sarang dari glodok, sesuaikan dengan jumlah parkit betinanya.
  5. Beri minum air bersih, air matang lebih baik.
  6. Beri makan parkit sesuai dengan kesukaannya seperti milet merah/putih, canary seed, dll.
  7. Beri sayuran seperti jagung, kangkung, atau toge.
  8. Jaga kebersihan kandang
  9. Basih mineral bisa dari tulang sotong atau bata merah buat digigitin/ngasah paruh, dan membantu pencernaan burung

Nah itu semua cara lengkap untuk ternak parkit. Butuh parkit jinak untuk diternak? Cek disini jual parkit jinak.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.