Agar Pleci Cepat Jinak – Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika kita mulai memelihara pleci yaitu burung pleci susah jinak. Apalagi pleci yang kita dapatkan berasal dari ombyokan yang biasanya berasal dari alam liar.

Pleci yang giras cenderung susah dilatih dan jarang berkicau. Boro-boro berkicau, sekali ngeliat orang biasanya panik ketakutan. Tentu ini menjadi kendala bagi para pleman (pleci mania).

Agar pleci cepat jinak kita perlu melakukan beberapa pendekatan pada pleci, sehingga lama kelamaan pleci bisa menyesuaikan dengan lingkungannya dan cepat jinak.

Menjinakkan pleci giras memang harus sabar, karena hasilnya bisa dilihat setelah beberapa minggu bahkan bulan, tidak boleh secara tiba-tiba (buru-buru) karena akan membuat pleci kaget. Ini juga tergantung tingkat kegirasan pleci, semakin giras akan semakin lama prosesnya.

Nah berikut ini cara menjinakkan pleci giras dengan cepat dan tepat.

Cara Menjinakkan Pleci

agar-pleci-cepat-jinak
Foto dari https://web.facebook.com/profile.php?id=100005381986720

Gantang ditempat ramai

Pleci yang giras kita coba gantang ditempat yang ramai orang lewat, tujuanya agar pleci merasa biasa dengan kehadiran manusia, bahwa manusia bukan ancaman baginya sehingga lama-kelamaan pleci menjadi jinak.

Berikan EF dengan lidi

Cara ini dilakukan saat pleci benar-benar lapar, ambil semua pakan pleci (kecuali air), taruh kandang pleci dibawah, berikan EF yang disukai (misal UH putih) dengan lidi panjang, jika mau dimakan maka potong lidi menjadi semakin pendek, sampai mau makan dengan tangan kita.

Jika pleci masih ketakutan maka taruh di cepuk dan kita mundur jaga jarak tapi biarkan kita duduk dekat kandang sampai EF dimakan. Ulangi hal tersebut sampai beberapa kali. Tujuannya agar pleci tau kita ini bukan musuh, melainkan ‘sumber makanan’ sehingga tidak usah takut. Ini metode paling banyak dipakai dan tingkat keberhasilannya juga besar.

Rajin mandikan pleci

Rajinlah memandikan pleci sehari 2-3 kali, mandi bisa membuat pleci tenang, tidak bergerak kesana kemari. Mandikan sampai basah kuyub, setelah basah kita duduk dekat kandang agar pleci terbiasa dengan manusia dan pleci cepat jinak.

Terapi lidi

Gunakan lidi panjang sebagai alat terapi pada pleci. Elus-elus pleci dengan lidi, jika pleci tenang dan mau potong lidi pelan-pelan sampai pleci mau di elus dengan tangan.

Setiap pleci mempunyai karakter masing-masing, lamanya pleci jinak berbeda-beda, ada yang seminggu 2 minggu sebulan 2 bulan dan seterusnya. Metode menjinakkan pleci ini bisa digabungkan dengan metode lainnya. Misal memandikan pleci gantang ditempat ramai sambil diberi makan, bisa diatur sendiri lah itu sih selamat mencoba.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.