Solusi Lengkap Mengatasi Pleci Over Birahi dengan Cepat

0
29600
mengatasi pleci over birahi
Foto dari https://www.facebook.com/awand.chua

Pleci Over Birahi – Mengatasi pleci yang sedang over birahi tentu butuh kesabaran. Memang masalah over birahi ini adalah salah satu mimpi buruk bagi pleci mania, apalagi yang mengalami over birahi adalah gacoan kita yang akan ikut lomba ahehe, bisa stress kepala. Pleci over birahi adalah salah satu kondisi yang paling merugikan, tetapi over birahi sendiri sangatlah lazim terjadi pada burung pleci yang dipelihara di dalam kandang (sangkar).

Kenapa demikian? Karena pleci yang didalam sangkar tidak dapat bergerak bebas (olah raga/membakar kalori), tidak kawin, dan banyak makan protein. Nah dengan kondisi demikian pleci yang kelebihan energi dalam tubuhnya, EF tidak seimbang, atau tidak kawin maka bisa mengakibatkan pleci menjadi over birahi. Kondisi pleci over birahi sangat tidak menguntungkan baik bagi pleci rumahan apalagi bagi pleci yang akan ikut lomba. Pasalnya pleci yang mengalami OB tidak akan rajin berkicau seperti biasanya.

Dari pengamatan dilapangan ada beberapa ciri-ciri pleci yang sedang mengalami over birahi, yaitu pleci berubah sikapnya, biasanya pleci menjadi lebih galak, agresif, dan sering ngeruji seperti akan mengejar musuhnya. Pleci yang sedang OB juga biasanya sering menggetarkan sayapnya sambil ngeriwik. Jika bertemu dengan pleci lainnya maka kepala pleci akan geleng-geleng sambil bergerak kekanan dan kekiri.

mengatasi-pleci-over-birahi
Foto dari https://www.facebook.com/ahmad.jamroni.5

Akibat pleci over birahi biasanya burung akan turun performanya. Yang biasanya suara pleci gacor ngerol maka akan berubah menjadi pendiam, diganti dengan ngeriwik dan bonus loncat-loncat tangkringan hehehe. Untuk menangani pleci yang sedang over birahi bisa di coba beberapa tips dibawah ini.

Mengatasi Pleci Over Birahi

  1. Stop Extra food (EF). Sementara hentikan pemberian makanan tinggi protein seperti kroto dan ulat hongkong. Pemberian makanan yang tinggi protein bisa membuat pleci semakin tinggi birahinya.
  2. Rajin dimandikan, pleci yang sedang over birahi sering-seringlah dimandikan, karena air yang dingin bisa meredam birahi dalam tubuhnya. Waktu memandikan pleci bisa pagi, siang, sore, atau malam. yang utama adalah mandi pagi dan malam. Baca : Manfaat mandi malam burung kicau
  3. Berikan buah-buahan atau sayuran yang mengandung banyak air seperti pepaya, semangka, oyong, timun.
  4. Olahragakan pleci, umbar pleci di kandang umbaran untuk menguras energi dalam tubuhnya sehingga birahinya bisa turun dan birahi kembali stabil.
  5. Dekatkan pleci dengan koloninya, karena pada dasarnya pleci ini adalah hewan koloni, jadi dengan didekatkan akan membuat pleci senang dan bisa menurunkan birahinya. Jika sudah terlihat ada perubahan maka bisa di pisah kembali.
  6. Kawinkan pleci, jika masih terlihat OB kita bisa mengawinkan burung pleci dengan pleci betina yang sudah siap kawin. Selain itu juga bisa sekaligus di ternak hehe.

terapi untuk pleci over birahi diatas bisa dimodifikasi sesuai dengan karakter plecinya sendiri. Silahkan dicoba cara mana yang paling efektif untuk menurunkan pleci yang sedang over birahi, semoga bisa membantu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.