Ukuran Aquarium – Aquarium atau biasa juga disebut dengan tank dikalangan para penghobi ikan adalah salah satu hal yang wajib dimiliki dalam hobi ini. Tentu semuanya sudah tidak asing dengan yang namanya aquarium.

Aquarium adalah wadah atau tempat untuk memelihara ikan yang fungsinya untuk menampung air tempat ikan peliharaan kita hidup.

Aquarium biasanya terbuat dari kaca akrilik atau bahan lain yang bening, tujuannya agar kita bisa melihat dan menikmati keindahan ikan yang ada didalamnya.

Bentuk aquarium juga bermacam-macam, ada yang berbentuk bulat, kotak, persegi panjang dan lain sebagainya yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Selain itu juga ukuran aquarium harus disesuaikan dengan ikan apa yang akan kita pelihara nantinya. Jangan sampai ukuran aquariumnya kekecilan sehingga membuat ikan stres dan tidak berkembang optimal.

Oleh karena itu hewanpeliharaan.org akan membahas beberapa ukuran aquarium untuk memelihara beberapa ikan hias.

Walaupun memang tidak ada ukuran baku dalam memilih aquarium untuk ikan hias, tetapi ukuran aquarium ini biasa dipakai untuk ikan-ikan tertentu yang bisa memaksimalkan pertumbuhan dan lebih enak untuk dinikmati.

Ukuran Aquarium untuk Memelihara Ikan

Louhan

Louhan biasanya mempunyai aquarium yang memanjang keatas atau berbentuk kotak dengan lebar yang tidak terlalu panjang, ini dipercaya agar bisa memaksimalkan pertumbuhan jenong pada ikan louhan atau tumbuh agar keatas.

Ruang renang tidak dibuat panjang agar ikan tidak tumbuh memanjang melainkan tumbuh kotak kotak atau melebar keatas.

Lebar aquarium louhan juga dibuat tidak memanjang kedalam, ini agar ikan selalu berenang menyamping jadi lebih enak untuk dinikmati.

tetapi untuk louhan anakan atau burayak yang masih dalam tahap progres biasanya ukurannya kecil-kecil dan dipisah menggunakan sekat.

Ukuran aquarium ikan louhan dewasa (12-22cm) atau single tank biasanya berkisar antara :

Panjang x Lebar x Tinggi

(50x50x50), (50x50x60), (60x50x50), (80x50x60) atau (100x50x60).

Ukuran aquarium ikan louhan anak atau aquarium sekatan biasanya biasanya menggunakan tank panjang yang disekat-sekat. Intinya untuk louhan anakan adalah agar tank muat dan ikan terpantau satu per satu.

Biasanya menggunakan ukuran tank panjang mulai dari 120cm, 100cm, 80cm, 75cm dll. lebar mulai dari 35, 40, 50, dan tinggi mulai dari 35, 40, 50. Tank sekatan yang panjang biasanya akan dibuat sekat 5 ruang atau bahkan 10 ruang.

ukuran-aquarium-anak-louhan
Foto : https://web.facebook.com/profile.php?id=1518293926

Jadi kisaran ruang untuk anakan louhan berkisar antara panjang 10-20cm, tinggi 30-50cm, lebar 30-50 cm dll

Arwana

Ukuran aquarium untuk ikan arwana berfokus pada panjangnya. Berbeda dengan ikan louhan yang berbentuk kotak. Ukuran aquarium ikan arwana biasanya berbentuk persegi panjang dengan panjang yang cukup besar.

Karena ikan arwana tumbuh untuk memanjang jadi ruang renang ikan dibuat panjang dengan lebar sempit agar ikan terlihat menyamping, tetapi tidak terlalu sempit agar ikan bisa berbelok.

ukuran-aquarium-ikan-arwana
Foto : https://web.facebook.com/profile.php?id=100028430313115

Ukuran aquarium ikan arwana disesuaikan dengan panjang ikan arwana itu sendiri untuk ikan dewasa (single tank) biasanya berkisar antara.

Ukuran arwana 20 cm ukuran aquariumnya adalah sekitar 60cm x 30cm x 32cm atau 80cm x 40cm x 37cm.

Ukuran arwana melebihi 20cm ukuran aquariumnya 100cm x 50cm x 45cm.

Ukuran panjang arwana 45cm atau lebih ukuran aquarium sekitar 120cm x 60cm x 55cm.

Ukuran panjang arwana 80cm ukuran aquarium yang digunakan sekitar 200cm x 100cm x 75cm

Untuk ukuran aquarium ikan arwana anakan biasanya disatukan dalam satu tank besar.

Cupang

Ukuran tank ikan cupang juga bervariasi, tergantung kita yang ingin menikmatinya dan juga tergantung kebiasaan dari para penghobi ikan cupang ini.

Ikan cupang dipelihara sendiri-sendiri dalam suatu tank atau aquarium soliter. Ukuran yang biasa dipakai untuk memelihara ikan cupang adalah panjang x lebar x tinggi

ukuran-aquarium-ikan-cupang-hias
Foto : https://web.facebook.com/muhammad.betta.37

Tank kecil : 10cm x 10cm x 15cm

Tank sedang : 15cm x 15cm x 20cm (ukuran standar kontes)

Tank besar : 20cm x 20cm x 25cm, 20cm x 20cm x 30cm, 30cm x 30cm x 35cm

Tank form atau selfie : 15cm x 5cm x 15cm, 10cm x 5cm x 10cm, intinya lebar dibuat tipis agar ikan menyamping

Ukuran aquarium ikan cupang juga disesuaikan dengan jenis ikan cupang yang dipelihara. Untuk plakat ukuran kecil sampai sedang, untuk giant sedang sampai besar, untuk halfmoon ukuran sedang sampai besar.

Koki

Untuk ikan koki tidak ada ukuran baku atau kebiasaan penghobi, jadi untuk ikan koki bebas ukurannya. Bisa memakai ukuran aquarium umum atau aquarium yang memanjang keatas.

Predator

Untuk ikan predator seperti gabus, arapaima, piranha, ikan toman dll biasanya menggunakan ukuran aquarium yang besar lebih dari 100cm panjangnya. Karena ikan predator memerlukan ruang gerak yang cukup luas.

Discus

Aquarium ikan discus didesain mempunyai ketinggian yang dalam karena ikan ini lebih senang berada di dasar air sehinga akan lebih terlihat indah. Lebar didesign pendek agar ikan lebih sering menyamping supaya terlihat, mirip dengan design aquarium ikan louhan, ukurannya juga sama.

Nah itulah beberapa ukuran aquarium yang mungkin bisa menjadi referensi teman-teman saat akan memelihara ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.