Hewan Pemakan Alga Alami untuk Aquascape, Keong, Udang, dan Ikan

0
1418
hewan pemakan alga pada aquascape

Hewan Pemakan Alga – Keseimbangan dalam suatu ekosistem baik itu dalam lingkungan air ataupun lingkungan darat merupakan salah satu pertanda bahwa lingkungan tersebut berjalan dengan baik.

Begitupun dengan aquascape, para penghobi aquascape sangat senang jika melihat Aquascape nya terlihat cerah, jernih, bersih, dan bening. Karena aquascape yang bening akan lebih nikmat untuk dipandang.

Oleh karena itu para aquascaper harus terus menjaga agar lingkungan di dalam Aquascape tetap seimbang. Karena Jika lingkungan Aquascape tidak seimbang misal saja kelebihan nutrisi atau kelebihan cahaya maka bisa menimbulkan munculnya Alga pada aquascape.

Seperti yang kita ketahui alga pada aquascape sangatlah mengganggu keberadaannya, karena alga ini biasanya mengotori kaca dan merusak beberapa tanaman sehingga tampilan aquascape yang kita miliki tidak cantik maksimal.

Pertumbuhan Alga dalam Aquascape tergolong sangat cepat sedikit saja tanda-tanda pertumbuhan Alga pada aquascape maka biasanya akan cepat menyebar jika kita tidak melakukan tindakan.

Oleh karena itu jika kita melihat tanda atau melihat tumbuhnya alga di dalam aquascape sesegera mungkin harus kita disingkirkan. Ada beberapa cara untuk menyingkirkan Alga dalam aquascape mulai dari cara kimia, dengan treatment, atau menggunakan cara alami.

Menghilangkan alga secara kimia bisa dengan menggunakan obat-obatan atau cairan pembasmi alga, tetapi efeknya bisa saja merugikan jika salah dosis. Cairan pembasmi Alga ini tergolong keras untuk tanaman sehingga jika terjadi kesalahan maka tanaman aquascape bisa menghitam dan layu.

Para penghobi aquascape lebih senang menggunakan cara alami untuk membasmi alga. Cara alami membersihkan alga aquascape tersebut biasanya dengan memberikan inject CO2 dalam dosis tinggi dan dengan menggunakan hewan pemakan alga.

Hewan pemakan alga aquascape menurut saya paling efektif karena hasilnya bisa langsung kita lihat dalam hitungan hari. Selain memakan alga dan membersihkan aquascape hewan pemakan alga aquascape ini juga memberikan nuansa alami dan hiasan tambahan bagi aquascape.

Berikut ini beberapa hewan pemakan Alga pada aquascape

Hewan Pemakan Alga Aquascape

Ikan

Ikan pemakan alga aquascape ada banyak jenisnya mulai dari Alga Eater, ikan sapu-sapu atau pleco, black molly, dan lain sebagainya.

ikan-alga-eater-pemakan-alga
Foto : https://web.facebook.com/NaturalAquaticWorld/

Ikan pemakan alga aquascape selengkapnya bisa dilihat di postingan sebelumnya baca : ikan pemakan alga

Keong

Selain ikan ada juga keong pemakan alga aquascape, keong ini cukup efektif untuk membersihkan alga aquascape terutama yang menempel pada kaca.

keong-tanduk-pemakan-alga-aquascape
foto : tokopedia.com

Ada dua jenis keong pemakan alga yang biasa digunakan yaitu keong tanduk dan keong turbo selengkapnya bisa membaca keong pemakan Alga aquascape.

Udang

Selain ikan dan keong ada juga udang pemakan alga aquascape. Undang-undang tersebut juga cocok sekali sebagai penghuni aquascape karena ukurannya yang sangat kecil, berwarna cerah dan mencolok, dan yang paling penting adalah mereka pemakan alga.

Jenis-Udang-Hias-Red-Cherry-Shrimp
Image from thesocialpet.net

Jenis udang Aquascape yang bisa digunakan untuk membasmi alga adalah udang kecil sejenis red Cherry udang untuk aquascape selengkapnya bisa dibaca di postingan ini udang kecil aquascape.

Nah itulah beberapa hewan pemakan alga alami untuk aquascape, selain hewan-hewan tersebut untuk membersihkan ada pada aquascape juga bisa lebih mempercantik aquascape warna dan bentuknya yang cantik dan cerah.

Hewan pemakan Alga pada aquascape bisa juga dengan cara menghilangkan alga basket dengan menggunakan cara Blackout Apa itu cara Blackout bisa membaca postingan ini baca Blackout hilangkan Alga aquascape.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.