Jenis Keong Pemakan Alga Alami Efektif untuk Aquascape

0
1304
keong pemakan alga aquascape
Foto : https://web.facebook.com/OceansOasisPets/

Keong Pemakan Alga – Melihat kondisi aquascape yang jernih dan bersih tentu saja membuat mata kita betah memandang, sensasi segar dan asri bisa dirasakan dan bagi para penghobi tentu bisa menjadi kepuasan tersendiri jika melihat kondisi Aquascape nya dalam keadaan yang prima.

Walaupun aquascape sudah sering dirawat dan dibersihkan terkadang masalah sering sekali muncul terutama masalah alga. Alga pada Aquascape merupakan salah satu masalah yang paling sering dijumpai di kalangan Aquascaper.

Pasalnya selain Alga ini mengganggu pemandangan juga merusak tanaman yang ada di sekitarnya, karena nutrisi yang diperuntukan bagi tanaman akan diserap oleh alga. Kehadiran Alga dalam aquascape juga menandakan bahwa sedang terjadinya ketidakseimbangan lingkungan di dalam aquascape.

Bisa jadi karena terlalu berlebihan memberikan pupuk, terlalu berlebihan pencahayaannya, ada bibit alga terbawa, atau hal lainnya. Pertumbuhan Alga dalam Aquascape bisa saja sangat cepat dan sangat mengganggu.

Untuk menghilangkan Alga dalam aquascape salah satu caranya bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan keong pemakan Alga aquascape. Keong pemakan Alga Aquascape selain membantu untuk membersihkan alga juga bisa sebagai hewan penghias di dalam aquascape.

Keong pemakan Alga aquascape ini salah satu hewan pemakan alga yang efektif untuk membersihkan alga juga tidak berbahaya bagi penghuni Aquascape lainnya, seperti ikan, udang, atau tumbuhan.

Oleh karena itu membersihkan Alga aquascape menggunakan keong merupakan salah satu solusi terbaik dalam pembasmi alga aquascape. Ada beberapa jenis keong pemakan Alga aquascape yaitu diantaranya.

Keong Pemakan Alga Aquasacpe

Keong tanduk

Keong tanduk biasa juga disingkat dengan sebutan “ketan” oleh para penghobi aquascape. Keong tanduk dinamakan demikian karena terdapat tanduk yang tumbuh diatas cangkangnya.

Keong tanduk efektif untuk membersihkan alga secara alami karena keong ini merupakan pemakan Alga atau lumu. Warna keong tanduk juga beragam ada yang berwarna coklat, kuning, bahkan bercorak.

keong-tanduk-pemakan-alga-aquascape
foto : tokopedia.com

Keong tanduk sangat efektif untuk membersihkan Alga Brown (yang biasa nempel di kaca), Alga rambut dan alga hijau (yang suka menempel di dedaunan tanaman aquascape). Ketiga Alga tersebut merupakan jenis alga kesukaan keong tanduk.

Keong turbo

Keong turbo atau biasa disingkat dengan nama “kebo” merupakan keong yang cukup rakus terhadap alga, sehingga keong ini cukup efektif untuk membersihkan Alga dalam aquascape.

keong-turbo-pemakan-alga-aquascape
foto : tokopedia.com

Keong Turbo mempunyai warna bermotif kuning hitam cangkangnya. Ukuran keong turbo juga lebih besar dibandingkan dengan ukuran keong tanduk, sehingga kurang cocok jika ditaruh dalam tank ukuran nano atau mini. Sama seperti keong tanduk, keong turbo juga senang memakan alga brown, alga rambut, dan alga hijau.

Nah itulah tadi beberapa jenis keong pemakan alga aquascape. Jika menggunakan keong Turbo atau keong tanduk untuk membersihkan alga perhatikan jangan sampai anda hewan pemakan keong dalamnya seperti ikan ikan puffer (buntal), keong Assasin dan lainnya.

Cara alami untuk menghilangkan alga aquascape selain dengan menggunakan keong bisa juga dengan metode blackout. Treatment untuk menghilangkan alga pada aquascape bisa dengan cara Blackout. Menghilangkan Alga dengan cara Blackout sudah dibahas lebih lengkap di halaman berikut : Blackout yang kan Alga aquascape.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.