Cara Menghilangkan Getah Lendir Putih di Kayu Aquascape

0
1643
menghilangkan lendir kayu aquascape
menghilangkan lendir kayu aquascape - Foto : https://web.facebook.com/gvr.rezza

Menghilangkan Getah Kayu Aquascape – Hiasan Aquascape atau biasa disebut dengan hardscape pada aquascape merupakan salah satu komponen yang wajib atau yang vital dalam pembuatan aquascape. baca : peralatan aquascape.

Karena fungsi hardscape pada aquascape adalah sebagai komponen untuk mempercantik tampilan pada aquascape.

Hardscape pada aquascape yang biasa digunakan biasanya berasal dari alam seperti batu aquascape, kayu aquascape, pasir, dan lain sebagainya. Dari komponen-komponen tersebut diolah menjadi hiasan yang cantik dan indah, tentunya dengan bantuan kreativitas masing-masing.

Salah satu hardscape yang populer digunakan yaitu berasal dari kayu atau akar tanaman. Kayu atau akar tanaman nilai memiliki unsur seni dan terlihat lebih alami. Biasanya kayu atau akar tanaman digunakan sebagai miniatur pohon-pohon, hutan, rawa-rawa, gua, dan lain sebagainya.

Jenis kayu yang digunakan untuk menghiasi aquascape biasanya berasal dari akar rasamala atau senggani, karena memiliki lekukan yang indah sehingga akan terkesan alami. Selain kayu senggani dan rasamala juga menggunakan akar tanaman lain kamu bisa membaca : kayu hiasan aquascape.

Tetapi dengan menggunakan kayu atau akar sebagai hiasan aquascape biasanya akan terdapat lendir putih atau getah pada kayu saat setelah direndam air, terutama bagi akar atau kayu yang masih baru.

menghilangkan-lendir-putih-pada-kayu-aquascape
Menghilangkan lendir kayu aquascape – Foto : https://web.facebook.com/fahmieaea

Ini dikarenakan pada kayu atau akar tersebut masih terdapat kandungan tanin, getah, atau kambium. Sehingga saat direndam di dalam air kandungan tersebut akan muncul menyerupai kabut putih di sekitar kayu atau akar aquascape, sehingga akan sangat mengganggu tampilan aquascape.

Oleh karena itu getah atau lendir pada kayu atau akar aquascape perlu dihilangkan. Untuk menghilangkan lendir kayu aquascape bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut simak beberapa caranya di bawah ini.

Menghilangkan Getah Lendir di Kayu Aquascape

1. Menggunakan hewan pemakan lumut

Hewan pemakan lumut atau alga ada banyak jenisnya. Mulai dari ikan, keong, sampai udang. Selain bisa menghilangkan lendir pada kayu aquascape hewan pemakan lumut ini bisa juga menghilangkan alga pada aquascape dan juga mempercantik tampilan aquascape.

Untuk hewan pemakan alga atau lumut aquascape bisa di baca postingan ini selengkapnya : keong pemakan alga, ikan pemakan alga, udang pemakan alga.

Cara ini biasanya dilakukan saat kayu yang kita rangkai telah dicelupkan atai direndam air. Sehingga dengan menggunakan hewan pemakan lumut kita tidak usah merusak kembali hiasan kayu yang sudah kita susun.

2. Merebus kayu

Jika kayu aquascape teman-teman mengeluarkan lendir atau getah putih kita bisa menghilangkannya dengan cara merebus kayu tersebut. Cara ini dinilai cepat karena lendir bisa langsung hilang. Tetapi merebus aquascape merepotkan karena membutuhkan waktu dan tempat yang cukup besar.

Caranya cukup mudah, tinggal masukan kayu aquascape pada tempat rebusan yang sudah di isi air, lalu rebus sampai mendidih, tunggu hingga beberapa menit. Buang air jika sudah keruh, dan ganti dengan air yang bersih, lalu rebus lagi, seperti itu sampai air rebusan tidak keruh lagi.

Cara ini biasanya digunakan pada saat kita belum merangkai kayu menjadi hardscape pada aquascape, sehingga saat akan digunakan kayu sudah bersih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.