Membedakan Cucak Rowo Jantan dan Betina Bagi Pemula

0
71599
membedakan kelamin cucak rowo
Foto dari https://web.facebook.com/profile.php?id=100007990785938

Cucak Rowo Jantan dan Betina – Membedakan cucak rowo jantan dan betina adalah salah satu pengetahuan yang perlu diketahui oleh para kicau mania terutama jika anda ingin memelihara burung cucak rowo. Burung cucak rowo jantan dan betina anakan lebih sulit dibedakan karena ciri fisik pada tubuhnya belum sempurna, lebih mudah dibedakan jika umurnya sudah dewasa karena secara fisik akan ada perbedaan-perbedaan yang bisa kita perhatikan sebagai ciri-ciri untuk membedakan jenis kelaminnya.

Membedakan jenis kelamin cucak rowo tentu sangat berguna Jika anda ingin membeli burung cucak rowo karena burung ini termasuk beruang mahal yang harganya diatas rata-rata burung kicau tentu anda tidak ingin tertipu ketika membeli burung ini, itung-itung sebagai jaga-jaga saja dari penjual nakal, sayang bukan mahal-mahal malah ditipu.

Jika ingin memelihara burung cucak rowo maka tentukan jenis kelamin burung yang akan kita beli. Jantan atau betina, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Cucak rowo jantan mempunyai variasi suara yang bagus tetapi kalau lomba dan bertemu dengan cucak rowo betina maka akan berbunyi masang, atau jika bertemu dengan cucak rowo jantan lainnya maka akan adu mental, jika kalah biasanya akan diam.

Cucak rowo betina kalau diketemukan dengan cucak rowo jantan akan tetap berbunyi dan cenderung masang tetapi bila diketemukan cucak rowo betina lainnya akan tetap mau ngotot berbunyi. maka dari itu cucak rowo betina biasanya dijadikan sebagai pendamping ketika akan gantang. Silahkan dibaca : memilih bakalan cucak rowo

kelamin-cucak-rowo
Foto dari : https://web.facebook.com/profile.php?id=100007990785938

Membedakan Cucak Rowo Jantan dan Betina

Berikut ini beberapa ciri-ciri cucak rowo jantan dan betina yang bisa kita perhatikan untuk membedakan jenis kelaminnya

Ciri-ciri cucak rowo jantan

  • Tubuh cucak rowo jantan umumnya lebih besar.
  • Cucak rowo jantan biasanya mempunyai kepala yang lebih besar, lebih bulat, dahinya jenong, dan tegak jika sudah dewasa terlihat belahan bulu di kepalanya ya seperti rambut orang dibelah dua gitu.
  • Bulu ekor jantan terlihat lebih panjang. Tetapi untuk mengetahui panjang pendeknya tentu saja sebelumnya kita harus mempunyai patokan seberapa panjang dan seberapa pendek ekor cucak rowo
  • Bulu punggung dan sayap berwarna coklat ke abu-abuan dengan corat-coret berwarna putih.
  • Umumnya mempunyai warna bulu yang lebih pekat/tegas.
  • Bulu leher bagian bawah dagu berwarna putih bersih.
  • Supit udang lebih rapat dan keras.

Ciri-ciri cucak rowo betina

  • Tubuh cucak rowo betina umumnya lebih kecil.
  • Cucak rowo betina biasanya mempunyai kapal yang lebih besar lebih bulat dahinya jenong dan tegak jika sudah dewasa terlihat belahan bulu di kepalanya ya seperti rambut orang dibelah dua gitu.
  • Bulu ekor betina terlihat lebih pendek. Tetapi untuk mengetahui panjang pendeknya tentu saja sebelumnya kita harus mempunyai patokan seberapa panjang dan seberapa pendek ekor cucak rowo dengan mengamati keduanya.
  • Bulu punggung dan sayap berwarna coklat ke abu-abuan tanpa adanya coretan putih.
  • Umumnya mempunyai warna bulu yang lebih pucat.
  • Supit udang lebih renggang dan lembek.

Nah itulah caranya membedakan jenis kelamin cucak rowo, baca juga suara trucukan untuk masteran cucak rowo agar cepat ropel.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.