Cara Cepat Membedakan Hamster Jantan dan Betina

2
40391
membedakan jenis kelamin hamster jantan dan betina
Foto : https://www.facebook.com/profile.php?id=100026694998813

Hamster jantan dan betina – Hamster merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari oleh masyarakat di semua kalangan, baik itu orang dewasa sampai anak-anak sekalipun. Hamster merupakan salah satu peliharaan yang aman dan mudah dalam hal perawatannya sehingga anak kecil pun bisa memelihara hamster ini.

Hamster memiliki beberapa daya tarik tersendiri seperti tingkah lakunya yang lucu, warnanya yang indah, dan bulu-bulunya yang lembut seperti kapas membuat beberapa orang jatuh cinta pada hewan ini.

Seperti halnya hewan pengerat lainnya hamster mudah sekali untuk dikembangbiakan terkadang jika kita memelihara hamster di dalam kandang kau tahu hamster sudah mempunyai anak dipojokan hehehe. Untuk lebih jelasnya bisa membaca cara mengawinkan hamster.

Syarat utama agar hamster kita bisa berkembang biak dalam kandang adalah kita harus mempunyai minimal sepasang hamster jantan dan betina. Mungkin bagi yang pertama kali atau baru memelihara hamster tentu akan kesulitan bagaimana cara membedakan hamster jantan dan betina?

Oke pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan perbedaan hamster jantan dan betina agar kita bisa membedakan dengan cepat dan tepat. Ini juga bermanfaat jika kita ingin membeli hamster agar tidak tertipu oknum penjual yang nakal.

Membedakan Hamster Jantan dan Betina

Ada beberapa ciri-ciri hamster jantan dan ciri-ciri hamster betina di sini saya akan menjelaskan hanya satu ciri saja yang dapat kita gunakan untuk membedakan apakah itu hamster jantan atau hamster betina tentu hasilnya pun Insyaallah akurat Oke perhatikan artikel berikut ini.

Ciri hamster jantan

Hamster jantan bisa dikenali dengan cara bagian dubur hamster tersebut. Kita bisa membalikan hamster untuk melihat bagian bawahnya. Jika terdapat 2 lubang yang berjauhan maka bisa dipastikan hamster tersebut merupakan hamster jantan.

ciri-ciri-hamster-jantan
Foto dari mariayesse.wordpress.com

Untuk beberapa jenis hamster kita bahkan tidak perlu memberikan badannya. Biasanya hamster jantan memiliki 2 buah jendolan di bagian pantatnya ya seperti kucing lah ya, jika demikian maka bisa dipastikan hamster tersebut adalah hamster jantan. (baca : jenis hamster)

Ciri hamster betina

Cara yang sama bisa digunakan untuk mengenali hamster betina yaitu dengan melihat bagian bawah hamster. Pada hamster betina jarak kedua lubang bagian bawahnya saling berdekatan atau cenderung menempel/menyatu jadi terlihat hanya satu yang agak besar.

ciri-ciri-hamster-jantan
Foto dari mariayesse.wordpress.com

Nah itu tadi salah satu cara untuk membedakan hamster jantan dan betina berhati-hatilah ketika memegang hamster jangan sampai posisinya salah dan hati-hati jika hamster kita merupakan hamster yang masih galak.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.