makanan akan ikan arwana

Makanan Anak Ikan Arwana yang Masih Kecil Cepat Besar

In Ikan Arwana 1037 views

Makanan Anak Ikan Arwana – Ikan arwana adalah salah satu ikan hias populer yang banyak dipelihara di Indonesia. Mengingat ikan ini juga memang berasal dari perairan Asia salah satunya di Indonesia Timur.

Selain di Indonesia ikan ini juga digemari di mancanegara, banyak yang tertarik karena keindahan ikan ini. Mulai dari warnanya yang indah, eksotis juga bentuk badannya yang unik.

Arwana adalah ikan karnivora yang tergolong ganas. Mungkin beberapa penghobi akan sedikit menikmati saat ikan arwana sedang diberi makan.

Ngomong-ngomong soal makan kita akan bahas beberapa makanan ikan arwana. Makanan ikan arwana di alam liar tentunya berupa ikan kecil, binadang kecil, sampai dengan serangga.

Makanan bagi ikan arwana peliharaan tentu tidak jauh berbeda dengan makanan ikan arwana di alam liar. Tetapi untuk arwana peliharaan ada beberapa tambahan tentunya.

Makanan ikan arwana berbeda-beda tergantung tingkatan umurnya. Kali ini kita akan membahas makanan ikan arwana yang masih kecil atau makanan anak ikan arwana.

Makanan anak ikan arwana tentunya sangat menentukan pertumbuhan ikan arwana kedepannya karena ikan arwana yang berkualitas mayoritas berasal dari perawatan anak arwana yang tepat.

makanan-anak-ikan-arwana

Foto : https://web.facebook.com/surya.prawira.50

Oleh karena itu pemberian makanan ikan arwana yang masih kecil sangat penting untuk diperhatikan. Berikut ini beberapa makanan ikan arwana yang masih kecil yang bisa diberikan

Makanan Ikan Arwana yang Masih Kecil

Ikan arwana yang masih kecil pun dibagi lagi, ada burayak arwana atau anakan ikan arwana yang baru lahir usia 0-10 hari ukurannya masih kecil kalo manusia mungkin balita. Pada usia ini anakan arwana belum bisa memakan makanan yang besar.

Baca Juga  Jenis dan Harga Ikan Hias Air Tawar

Ada juga anakan yang sudah agak besar atau memasuki usia anak-anak dan sudah bisa memakan makanan yang agak besar seperti udang kecil atau jangkrik kecil.

1. Artemia

Artemia adalah makanan untuk burayak arwana yang baru lahir. Karena ukurannya yang kecil dan sangat pas untuk mananan arwana yang baru lahir. Selain itu kandungan nutrisi pada artemia juga bagus.

Artemia-makanan-anak-ikan-arwana

Foto : wikipedia.org

Artemia salah satu makanan burayak terbaik karena selain mengandung gizi yang pas juga termasuk makanan yang steril dari penyakit.

2. Kutu air

Kutu air juga salah satu makanan ikan arwana yang masih burayak. Ukurannya yang sangat kecil memungkinkan burayak untuk memakannya.

Daphnia-magna-makanan-anak-ikan-arwana

Foto : wikipedia.org

Kutu air ada yang lokal berukuran sangat kecil ada juga yang raksasa (dapnia magna) ukurannya 10x lipat kutu air lokal. Untuk burayak arwana pemberian dapnia magna juga cukup bagus. Baca : budidaya dapnia magna

3. Cacing beku

Cacing beku atau cacing darah juga bagus diberikan pada akanan ikan arwana. Cacing beku atau bloodworm bagus untuk mendongkrak pertumbuhan ikan arwana agar pertumbuhan badannya semakin cepat. Selain itu cacing beku kemasan tentunya sudah steril.

4. Cacing sutra

Cacing sutra adalah cacing yang banyak terdapat di aliran air sungai atau air sawah. Cacing ini juga baik digunakan untuk mendongkrak pertumbuhan, karena mengandung protein yang tinggi.

Selain itu cacing sutra mudah didapat dengan harga yang relatif lebih murah. Tetapi cacing sutra masih harus dibersihkan terlebih dahulu karena biasanya masih membawa lumpur.

5. Udang kecil

Udang kecil atau ikan kecil bisa juga diberikan untuk arwana yang masih kecil. Berikan udang yang kiranya masuk ke mulut ikan, potong bagian kepala agar tidak melukai ikan.

Baca Juga  Cara Tanning Ikan Arwana yang Benar Agar Warnanya Keluar
Udang-makanan-anak-ikan-arwana

Foto : wikipedia.org

Udang selain tinggi protein juga terdapat kandungan karoten yang memberi warna merah pada ikan.

6. Pelet

Selain makanan alami diatas ikan arwana yang masih kecil juga bisa diberikan pelet atau makanan jadi. Selain praktis dan bersih kandungan pada pelet juga bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Ikan arwana memerlukan asupan makanan yang baik agar warnanya cerah, karena ikan karnivora umumnya tidak memproduksi pigmen warna sendiri, melainkan berasal dari makanan yang dimakannya.

Makanan ikan arwana dewasa akan kita bahas dipostingan berikutnya

Tags: #arwana #Ikan arwana #makanan arwana #makanan ikan arwana

Cara Tanning Ikan Arwana yang Benar Agar Warnanya Keluar
Cara Tanning Ikan Arwana yang Benar Agar Warnanya Keluar
Tanning Ikan – Apa itu tanning ikan?
Makanan Ikan Arwana untuk Anakan dan Dewasa
Makanan Ikan Arwana untuk Anakan dan Dewasa
Banyak ikan hias yang saat ini diincar
Jual Ikan Arwana Berkualitas
Jual Ikan Arwana Berkualitas
Jual arwana – Ikan arwana adalah ikan
Jenis dan Harga Ikan Arwana
Jenis dan Harga Ikan Arwana
Ikan arwana adalah salah satu ikan hias

Leave a reply "Makanan Anak Ikan Arwana yang Masih Kecil Cepat Besar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top