merawat jalak nias mabung

Perawatan Jalak Nias yang Sedang Mabung

In Jalak Nias 17000 views

Jalak Nias Mabung – Jalak nias adalah salah satu jenis burung jalak yang banyak dipelihara oleh para kicau mania. Burung jalak ini biasa dijadikan sebagai burung masteran karena suaranya yang unik dan bervariasi. Selain sebagai masteran burung jalak ini juga bisa dijadikan burung penunggu rumah karena suaranya yang berisik. Jenis jalak juga bisa dijadikan sebagai burung teman kita, karena jika dipelihara dari kecil burung ini bisa menjadi penurut kepada kita, terlebih jenis jalak kebo. Baca : membuat jalak jinak

Bagi pecinta burung jalak nias tentu merawat jalak adalah suatu keharusan dan kesenangan. Salah satu rawatan bagi burung jalak nias adalah perawatan ketika mabung. Merawat jalak nias yang sedang mabung bagi saya sangat penting sekali, karena pada saat mabung ini burung jalak nias berada dalam kondisi lemah dan sangat membutuhkan asupan nutrisi yang lebih.

Perawatan yang salah pada jalak nias juga bisa membuat burung ini drop setelah selesai mabung. Biasanya burung yang selesai mabung akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya tetapi jika salah perawatan maka bisa membuat burung drop, macet bunyi, bahkan mabung tidak tuntas yang membuat stress.

merawat-jalak-nias-mabung

Foto dari https://web.facebook.com/profile.php?id=100008355018802

Perawatan Jalak Nias Mabung

Ciri-ciri jalak nias mabung yaitu terdapat bulu-bulu kecil berjatuhan di dasar kandang dan bulu-bulu besar (bulu ekor atau sayap) sudah mulai nyerit (pecah-pecah) dan kusam. Pada umumnya jalak akan sedikit lebih banyak diam dan jarang berkicau. Nah jika sudah demikian maka kita harus menerapkan perawatan jalak nias mabung.

  • Pisahkan burung ditempat sepi dan tenang. Usahakan agar tidak melihat burung sejenis dan tidak mendengar suara kicaunya. Ini akan membantu agar jalak tidak menghabiskan energinya dan agar tidak terlalu banyak berkicau.
  • Sering-seringlah full kerondong jalak nias, semprot sedikit untuk melembabkan kandang. Ini berguna saat jalak merontokkan bulunya (proses ngurak) agar bulu-bulunya rontok semua.
  • Lebih baik stop terlebih dahulu mandinya sampai bulu jarum terlihat. Ada juga yang dimandikan seminggu sekali, bebas pilih yang mana.
  • Lebih baik stop terlebih dahulu jemurnya sampai bulu jarum terlihat. Ada juga yang menjemur 10 sampai 30 menit perhari, silahkan bebas pilih.
  • Ganti voer dan atau beri racikan pakan untuk mabung : racikan pakan jalak mabung.
  • Campur voer dengan susu bubuk putih agar cepat ambrol. Bebas pilih merk apa saja, tapi setelah bulu ambrol maka hentikan pemberian.
  • Berikan EF lebih banyak jangkrik 5-8 ekor pagi dan 5 ekor sore, kroto 1 sendok makan setiap pagi.
  • Lakukan pemasteran saat bulu mulai tumbuh. Saat-saat mabung adalah saat-saat terbaik bagi burung kicau untuk dimaster. Download masteran jalak nias┬ádisini : suara jalak nias

Perawatan ini memang mirip dengan jalak kebo mabung karena memang masih sesama jenis burung jalak. Baca juga cara membedakan jalak nias jantan dan betina.

Tags: #jalak #jalak nias #jalak nias mabung #perawatan jalak nias

Suara Jalak Nias Betina Memanggil Jantan MP3
Suara Jalak Nias Betina Memanggil Jantan MP3
Suara Jalak Nias – Jalak nias adalah
Cara Membedakan Jalak Nias Jantan dan Betina dengan Foto
Cara Membedakan Jalak Nias Jantan dan Betina dengan Foto
Jalak Nias Jantan dan Betina – Jalak
Download Suara Masteran Jalak Nias Mp3
Download Suara Masteran Jalak Nias Mp3
Suara jalak nias – Suara burung jalak

Leave a reply "Perawatan Jalak Nias yang Sedang Mabung"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top