Makanan untuk Kelinci

1
100428
Kelinci anggora jerman

Kelinci secara alami memakan reruputan, tetapi untuk kelinci peliharaan ada beberapa makanan yang baik bagi kelinci diantaranya makanan untuk kelinci adalah makanan yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Berikut saya bedakan kedalam beberapa kategori makanan untuk kelinci.

Kelinci-anggora-jerman

Makanan yang boleh diberikan untuk kelinci

Makanan kelinci secara alami adalah rerumputan, biji-bijian, buah-buahan yang terdapat dialam sehingga kelinci dapat dengan sendirinya menyesuaikan kebutuhan badannya. Tetapi untuk kelinci yang dipelihara dirumah seperti kelinci anggora, kelinci loop dll perlu pengawasan nutrisi agar kelinci dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan utuk kelinci.

Sayur yang boleh diberikan

Brokoli, Wortel dan daunnya, Daun lobak, Selada air, Daun kubis, Daun paprika, Selada bokor. Sayur secara alami baik untuk kelinci karena mengandung banyak serat dan banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan kelinci. Semua kelinci cocok untuk mengkoneumsi sayuran dari kelinci anggora sampai kelinci liar pun baik untuk mengkonsumsi sayuran. Selain sayur diatas masih banyak sayur lainnya yang bisa diberikan.

wortel-kelinci

Sayuran yang tidak boleh diberikan pada kelinci

kol-untuk-kelinci

kol, Kacang2an, Bayam, Kentang, Terong, Daun tomat, Rebung

Buah-buah yang boleh diberikan pada kelinci

Berikan hanya dalam jumlah yang terbatas dan sedikit.

apel ( tanpa biji), pir, pepaya, kesemek, raspberi, pisang, anggur ( tanpa biji)

Buah yang tidak boleh diberikan pada kelinci

coklat, kacang2an, roti, biji2an, crackers, pasta, jagung dan buah yang mengandung banyak gula

Baca : Makanan yang tidak Baik untuk Kelinci

Makanan Buatan/Pelet Kelinci

Selain makanan alami juga bisa diseling dengan makanan buatan atau pelet untuk kelinci yang mana kandungan nutrisi dan seratnya sudah diatur sedemikian rupa, kita tinggal memilihnya saja.

Makanan Kelinci Dewasa

kelinci-perancis

Makanan untuk kelinci dewasa tidaklah sulit melainkan beri rerumputan sebanyak-banyaknya (rerumputan kering), Konsumsi buah tidakk lebih dari 2 ons per 3 kg berat badan. Minimal 2 mangkuk sayuran yang dipotong per 3 kg berat badan, Batasi konsumsi pelet. Makanan terbaik bagi kelinci sebenarnya adalah rumput kering atau biasa di sebut hay. Hay ini adalah rumput yang sudah dikeringkan. Kesalahan dalam memberi makan kelinci di Indonesia adalah selalu memberikan kelinci dengan makanan basah (sayur basah) seharusnya kelinci diberikan makanan yang kering, rumput dan sayur yang dikeringkan (layu). Ini penyebab kenapa kelinci di Indonesia tidak bertahan lama, seharusnya kelinci bisa mencapai 10-20 tahun, dan kelinci sudah terbiasa memakan sayuran basah sehingga tidak menyukai makanan kering.

Makanan Kelinci Menyusui

anak-kelinci

Seperti manusia kelinci juga perlu nutrisi untuk ASI nya, Beri rerumputan yang hijau lebih banyak seperti daun katuk, daun adas daun pepaya. Minuman yang diberikan diber GMP (Genus  Microba  Positif) bisa dibeli ditoko hewan, satu tutup botol untuk tiga liter air. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat seperti jagung, ampas tahu. Jadwal pemberian makan pun harus disesuaikan, bisa dengan memberikan makan dipagi hari (antara jam 5-7), di sore hari(antara jam 4-6), Pada malam hari (jam 9-10) dibeikan pakan hijauan yang lebih banyak. Berikan prilaku yang special pada kelinci yang sedang menyusui agar anakan kelinci terpelihara dan tumbuh dengan baik.

Makanan Anak Kelinci

Anak kelincipun membutuhkan ASI ekslusif dari ibunya selama kurang lebih 3 minggu.Biarkan indukan menyusui karena ASI dapat membuat anak kelinci tubuh dengan sehat dan kuat, ASI prmulaan banyak mengandung antibodi yang akan membuat kelinci sehat. Berlanjut pada usia selanjutnya sekitar 7 minggu kelinci sudah mulai memakan rumput/pellet dan mengurangi asupan susu induknya, kelinci siap untuk disapih pada umur 8 minggu. Berikan makanan yang lembut pada bayi kelinci, makanan tidak ada perbedaan anatara kelinci dewasa dan anakan tetapi berikanlah makanan yang lembut karna pencernaan anakan kelinci belum sepenuhnya kuat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.